• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Protein Hewani

7 Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani

Makanan yang Mengandung Protein Hewani – Tubuh manusia membutuhkan banyak nutrisi. Salah satu nutrisi yang mungkin sering kamu dengar adalah protein hewani. Protein hewani sangat dibutuhkan oleh manusia selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Contohnya seperti membangun dan juga memperbaiki berbagai jaringan di dalam tubuh.

Mungkin kamu juga sudah tahu bahwa protein hewani adalah sebuah protein yang berasal dari hewan. Keunggulan yang dimiliki protein hewani adalah mempunyai asam amino esensial yang jauh lebih lengkap dibandingkan protein nabati. Di dalam protein hewani juga terdapat banyak nutrisi seperti vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan juga asam lemak omega 3.

Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani

Selama ini, beberapa orang menyangka jika makanan yang mengandung protein hewani adalah daging-dagingan. Namun, sebenarnya masih ada beberapa sumber protein hewani lainnya. Beberapa makanan yang mengandung protein hewani adalah sebagai berikut.

1. Ikan salmon

Ikan salmon memiliki jumlah kadar protein hewani yang lebih banyak dibandingkan jenis ikan lainnya. Untuk 100 gram ikan salmon, memiliki kandungan protein sebanyak 20,4 gram. Tidak hanya protein, pada ikan ini juga memiliki kandungan lainnya seperti vitamin D dan asam lemak omega 3.

Official Store Pyfa Health

2. Daging ayam

Daging ayam memiliki kandungan protein hewani yang sangat tinggi. Hal ini sangat penting untuk tumbuh kembang bayi dan anak-anak. Untuk 100 gram daging ayam terdapat 31 gram protein hewani. Di dalam daging ayam juga terkandung antioksidan dan berbagai nutrisi lainnya seperti zat besi, selenium, magnesium, vitamin B6, fosfor, dan berbagai macam vitamin lainnya.

3. Telur

Di dalam telur terdapat banyak protein hewani. Bahkan, dibandingkan berbagai sumber hewan protein hewani lainnya, telur ini termasuk lebih lengkap. Kadar protein hewani paling tinggi ada di dalam bagian putih telurnya. Selain protein, di dalam telur juga memiliki nutrisi lainnya seperti asam lemak omega 3, vitamin, mineral, dan juga antioksidan.

4. Daging merah

Daging merah atau jenis daging sapi tanpa lemak termasuk salah satu sumber protein hewani yang cukup banyak. Untuk daging sapi sebanyak 85 gram, kadar proteinnya bisa mencapai 25 gram. Di dalam daging merah tanpa lemak ini juga terkandung beberapa nutrisi lainnya seperti B3, B6, B12, zinc, dan juga zat besi.

5. Yoghurt

Pada dasarnya, olahan susu fermentasi ini juga mengandung protein hewani. Untuk mendapatkan kandungan protein hewani yang banyak, pilihlah jenis yoghurt yang telah melalui proses penyaringan sehingga dapat memberikan tekstur kental. Di dalam 100 gram yoghurt terdapat 10 gram protein. Selain itu, masih ada kandungan lainnya seperti vitamin B, kalsium, asam laktat, zinc, dan juga probiotik.

6. Keju

Olahan susu lainnya yang mengandung protein hewani adalah keju. Di dalam keju juga terdapat banyak nutrisi lainnya seperti vitamin A, B2, B12, magnesium, kalsium, fosfor, dan zinc. Untuk jumlah proteinnya sendiri, ada di kisaran 25 gram pada setiap 100 gram keju.

7. Susu sapi

Nah, setelah sebelumnya membahas produk olahan susu, kini kita masuk ke sumber utamanya, yakni susu itu sendiri. Di dalam susu sapi sudah banyak nutrisi yang terbilang lengkap. Contohnya asam amino esensial, minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3, bahkan hingga mineral. Maka dari itu, susu sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Demikianlah beberapa daftar makanan yang mengandung protein hewani tinggi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *