• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Mineral

8 Makanan yang Mengandung Mineral dan Penting untuk Dikonsumsi

Makanan yang Mengandung Mineral – Sudahkah kamu memasukkan makanan yang mengandung mineral ke dalam menu harianmu? Makanan yang mengandung mineral merupakan jenis makanan yang harus kita konsumsi setiap hari agar kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya bisa terpenuhi.

Lantas, apa saja jenis makanan yang mengandung mineral yang perlu kita konsumsi? Temukan di sini jawabannya, ya!

Daftar Makanan yang Mengandung Mineral

Mineral dalam tubuh manusia mempunyai peranan penting guna pemeliharaan fungsi tubuh secara keseluruhan, baik tingkat sel, jaringan, maupun organ (Almatsier, 2004). Mineral sendiri dibagi menjadi dua jenis, antara lain:

  • Makromineral, yang diperlukan dalam jumlah yang lebih besar dari 100 mg/hari. Natrium, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, klor, dan belerang adalah mineral yang termasuk dalam makromineral.
  • Mikromineral, yang diperlukan dalam jumlah yang lebih kecil dari 100 mg/hari. Contoh mikromineral misalnya saja seperti besi, yodium, fluor, tembaga, mangan, kromium, kobalt, molibdenum, dan selenium.

Untuk memenuhi kebutuhan mineral yang berguna bagi tubuh, kita bisa mengonsumsi makanan yang mengandung mineral seperti berikut ini.

Official Store Pyfa Health

1. Gandum utuh

Gandum utuh merupakan makanan yang mengandung mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, mangan, selenium, serat, zinc, dan juga vitamin B. Makanan yang mengandung gandum utuh yang kaya akan mineral dan direkomendasikan adalah oat, roti gandum, dan sereal gandum.

2. Daging

Daging sapi adalah salah satu sumber protein yang juga kaya akan zat besi yang sangat baik bagi tubuh kita. Zat besi sangat diperlukan bagi tubuh untuk membantu pembentukan hemoglobin yang bertugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Selain daging sapi, makanan yang mengandung mineral lainnya dalam kategori daging adalah daging ayam yang kaya akan potasium, yang berguna dalam merawat otot tubuh dan juga sistem pencernaan manusia.

3. Sayur

Sayuran berdaun gelap seperti bayam, brokoli, kale, dan sawi adalah jenis makanan yang mengandung mineral seperti kalsium, tembaga, zat besi, potasium, dan zinc.

Kale adalah salah satu jenis makanan superfood yang bisa memenuhi 5% kebutuhan mineral harian manusia, sedangkan kandungan kromium pada brokoli sangat bagus untuk memaksimalkan kinerja insulin untuk mengendalikan gula darah.

4. Kacang-kacangan

Kacang tanah dan kacang mete adalah jenis kacang-kacangan yang kaya akan mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral harian manusia. Kandungan mineral pada kacang tanah dan kacang almond antara lain adalah zat besi, zinc, magnesium, selenium, fosfor, kalsium dan juga tembaga.

5. Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan zinc dan kebutuhan mineral zinc harian kita bisa tercukupi sebanyak 5% dari satu butir telur. Tidak hanya Zinc, telur juga mengandung selenium dan vitamin B yang tidak kalah pentingnya dalam metabolisme tubuh manusia.

6. Hasil olahan laut

Hasil olahan laut terutama tiram, kaya akan zinc dan juga mineral lain yang berguna bagi tubuh. Selain tiram, ikan seperti salmon, mackerel, dan sardines juga kaya akan mineral seperti kalsium, potasium, fosfor, magnesium, dan selenium.

7. Buah

Alpukat dan pisang adalah dua jenis buah yang kaya akan mineral seperti zinc, kalium, dan juga potasium yang baik bagi metabolisme tubuh. Pisang juga mengandung kromium yang tidak hanya baik untuk pencernaan namun juga melancarkan metabolisme tubuh.

8. Susu

Susu adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan mineral seperti kalsium yang bisa membantu merawat kesehatan tulang. Susu yang lazim dikonsumsi adalah susu sapi, meski tidak jarang juga yang mengonsumsi susu kambing, yang tak kalah bergizi dari susu sapi. Selain susu, ada juga olahan susu lainnya seperti keju dan juga yoghurt yang kaya akan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, itulah beberapa makanan yang mengandung mineral dan penting untuk dikonsumsi sehari-hari. Semoga bermanfaat. ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang Mengandung Mineral

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *