• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

7 Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi dan Patut Diwaspadai

Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi – Makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang akan dibahas dalam artikel kali ini perlu diwaspadai dan dibatasi konsumsi hariannya, karena bisa memberikan dampak kesehatan yang cukup serius. Apa sajakah yang termasuk ke dalam makanan yang mengandung kolesterol tinggi? Simak ulasannya di sini!

Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan salah satu komponen dalam membentuk lemak dan secara berfungsi untuk membangun dinding di dalam sel (membran sel) dalam tubuh, memproduksi hormon seks, vitamin D, serta berperan penting dalam menjalankan fungsi saraf dan otak. Kolesterol diklasifikasikan menjadi dua jenis, yakni:

  • Low Density Lipoprotein (LDL), atau yang dikenal dengan kolesterol jahat, yang menyebabkan terjadinya pembentukan zat yang keras, tebal (plakat kolesterol), dan dapat menempel di dalam dinding arteri dan menyebabkan penyempitan arteri (Yovina, 2012).
  • High Density Lipoprotein (HDL), yang merupakan kolesterol yang bermanfaat bagi tubuh manusia, dan bertugas mengangkut LDL didalam jaringan perifer ke hepar, yang akan membersihkan lemak-lemak yang menempel di pembuluh darah. Lemak-lemak yang telah dibersihkan ini akan dikeluarkan melalui saluran empedu dalam bentuk lemak empedu. Meningkatnya kadar LDL di dalam tubuh bisa diakibatkan oleh konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dan juga akibat kurangnya aktivitas tubuh.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai dan perlu dibatasi jumlahnya dalam konsumsi harian kita.

1. Gorengan

Makanan yang digoreng seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, dan juga bebek goreng mengandung lemak trans dan juga kolesterol tinggi, apalagi jika digoreng deep fry. Mengonsumsi gorengan yang berlebihan yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan juga diabetes.

Official Store Pyfa Health

2. Fast food

Makanan cepat saji atau fast food merupakan opsi hidangan yang banyak diminati karena bisa dengan cepat dinikmati dan dirasa praktis dibandingkan makanan lainnya.

Namun, jangan terlalu sering mengonsumsi fast food ya, karena makanan jenis ini tidak hanya mengandung kolesterol tinggi, tapi juga mengandung lemak dan bisa mengganggu pengaturan kadar gula dalam darah.

3. Makanan olahan

Makanan olahan seperti nugget, sosis, kornet, dan ham adalah jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan patut diwaspadai jika dikonsumsi terlalu sering.

4. Seafood

Seafood atau makanan hasil olahan laut seperti udang, cumi, lobster, kepiting, dan juga tiram memang makanan lezat yang juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, bukan berarti kita bebas untuk mengonsumsinya, karena makanan hasil laut seperti yang telah disebutkan diatas mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Jenis makanan laut yang direkomendasikan karena mengandung lemak baik dan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat adalah ikan salmon, tuna, dan sardines. Pastikan pilih ikan segar ya, bukan yang kalengan, karena jika sudah berbentuk kalengan, ikan sudah mengandung garam yang cukup tinggi, yang bisa mengakibatkan naiknya kolesterol dalam tubuh.

5. Minuman kemasan dan es krim

Tingginya kandungan gula pada minuman kemasan dan juga es krim bisa menyebabkan rendahnya kandungan HDL dalam tubuh. Tetap batasi penggunaan gula harian Anda agar kesehatan tidak terganggu, ya!

6. Susu

Susu kaya akan kandungan kalsium namun juga mengandung lemak yang cukup tinggi. Kita bisa beralih pada susu bebas lemak atau susu skim untuk menghindari tingginya kadar kolesterol dalam tubuh kita.

7. Jeroan

Jeroan sapi, seperti babat, iso, paru, dan limpa yang biasa kita temukan di restoran masakan Padang merupakan jenis makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi, dan juga mengandung purin yang bisa menyebabkan asam urat.

Pola makan dengan gizi yang berimbang adalah pilihan yang paling baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit yang serius. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan air putih untuk mengimbangi konsumsi makanan yang tinggi kolesterol seperti yang telah kita bahas di atas, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kolesterol

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *