• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Kalori

5 Jenis Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi

Makanan yang Mengandung Kalori – Berbagai macam makanan yang menjadi asupan kita sehari-hari di antaranya merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi, dan jika dikonsumsi secara berlebihan, tentulah akan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Beberapa dampak yang kurang baik karena makanan yang mengandung kalori tinggi adalah kegemukan, diabetes, dan juga kolesterol tinggi. Tentu kita tidak ingin mengalami semua masalah kesehatan tersebut, bukan? Untuk itu, sangat perlu bagi kita untuk mengatur pola makan yang seimbang dan olahraga yang cukup demi kesehatan tubuh.

Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi

Kalori merupakan istilah umum dari satuan energi sistem metrik. Tubuh manusia membutuhkan kalori dari asupan sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tanpa kalori yang cukup, tubuh akan lemas seperti mobil tanpa bensin.

Kebutuhan kalori setiap orang ini berbeda tergantung pada usia, tinggi badan, dan berat badan. Kebutuhan kalori juga dipengaruhi oleh kegiatan atau aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Umumnya, tubuh manusia dewasa membutuhkan kalori sebesar 2000-2500 kalori setiap harinya untuk bisa beraktivitas harian.

Official Store Pyfa Health

Baik kelebihan kalori maupun kekurangan kalori di dalam tubuh bisa menimbulkan masalah kesehatan. Kelebihan kalori dapat menyebabkan penyakit obesitas, yang bisa mengakibatkan kesehatan kronis termasuk penyakit jantung, hipertensi, hiperlipidemia, diabetes, hiperinsulinemia, dan juga kanker.

Sedangkan jika tubuh kekurangan kalori, maka bisa menjadi lemah dan kekurangan berat badan. Karenanya, sangat penting memperhitungkan kebutuhan kalori harian dengan mengatur pola makan dengan gizi seimbang.

Setelah mengetahui mengenai kalori dan dampaknya terhadap kesehatan, berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung kalori tinggi, yang harus dikonsumsi dengan porsi yang sesuai dan tidak berlebihan.

1. Daging

Daging sapi mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam 13 gram daging sapi beserta lemaknya terkandung 117 kalori. Sandung lamur yang biasa dimasak menjadi hidangan rawon khas Malang juga sangat tinggi kalori, yakni sampai 303 kalori per 5 gram-nya.

2. Kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan juga merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi. Jenis kacang yang mengandung kalori paling tinggi adalah kacang macadamia yang mengandung 201 kalori per 28 gram-nya. Urutan kacang-kacangan dan biji-bijian dari yang mengandung kalori paling tinggi adalah hazelnut, kacang tanah, biji bunga matahari, almond, dan kacang mede.

3. Cokelat

Cokelat yang mengandung 70-85% kakao mengandung 167 kalori per 28 gram sajian. Kandungan kalori cokelat juga akan menurun seiring dengan kadar kakao di dalamnya. Cokelat dengan kandungan kakao 60-69% hanya mengandung 162 kalori, sedangkan jika kandungan kakao sebesar 45-59% maka hanya mengandung 153 kalori.

4. Buah

Alpukat merupakan jenis buah yang kaya akan kalori. Dalam satu buah alpukat terkandung kalori sebesar 332 kalori. Selain alpukat, buah yang sudah dikemas secara kalengan juga mengandung lebih banyak gula, sehingga mengandung kalori yang lebih tinggi. Buah kalengan yang mengandung kalori paling tinggi adalah ceri kalengan yang mengandung kalori hingga 266 kalori per 66 gram-nya.

5. Ikan

Ikan yang mengandung banyak minyak seperti ikan haring, trout, tuna, sardines, makarel dan juga salmon memiliki kalori yang cukup tinggi, yakni antara 191-223 kalori per 5 gram-nya.

Pola hidup sehat memang harus mulai diterapkan sedini mungkin agar kesehatan tubuh terus dapat terpelihara hingga kita tua nanti. Makanan yang mengandung kalori tinggi memang berdampak kurang baik pada kesehatan, namun buka berarti harus dihindari secara total, karena kalori tetaplah dibutuhkan untuk tubuh sebagai sumber energi.

Batasi asupan kalori harian kamu dan kombinasikan dengan olahraga yang teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *