• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Kalium

5 Makanan yang Mengandung Kalium Cukup Tinggi

Makanan yang Mengandung Kalium – Kalium merupakan salah satu senyawa penting yang berguna bagi manusia dan bisa kita dapatkan melalui asupan dari makanan yang mengandung kalium.

Apa sajakah makanan yang mengandung kalium dan apa saja fungsi kalium bagi tubuh kita? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Daftar Makanan yang Mengandung Kalium

Kalium bersama dengan natrium dan klorida merupakan komponen elektrolit utama di dalam tubuh yang membentuk gradien ion untuk melintasi membran, mempertahankan keseimbangan air, cairan, dan elektrolit di dalam tubuh, serta menetralkan muatan positif dan negatif pada protein dan molekul lain (Dawn, M., dkk 2000).

Tak hanya itu, kalium di dalam tubuh manusia juga berfungsi sebagai ion positif utama di dalam sel dan berperan untuk memengaruhi kontraksi otot, serta keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Kekurangan kalium bisa mengakibatkan kelelahan, lemah, tidak nafsu makan, kram otot, sampai sulit bernapas.

Official Store Pyfa Health

Kebutuhan kalium harian untuk manusia sendiri dibedakan berdasarkan umurnya, seperti berikut ini:

  • Anak usia 1-3 tahun, membutuhkan asupan kalium yang berkisar 3.000 mg per hari.
  • Anak usia 4-6 tahun, kebutuhan kaliumnya adalah sebesar sekitar 3.800 mg per hari.
  • Remaja dan orang dewasa membutuhkan asupan kalium sebanyak 4.500-4.700 mg per hari.
  • Ibu menyusui membutuhkan kalium sebesar 4.700-5.000 mg per hari.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kalium adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium berikut ini.

1. Kentang

Umbi yang kaya akan karbohidrat ini merupakan sumber kalium yang sangat baik bagi tubuh, karena satu buah kentang panggang yang berukuran sedang mengandung kalium sebanyak 941 mg.

Kamu bisa memasak kentang sekaligus dengan kulitnya, karena kulit kentang kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Tentunya, sebelum dimasak sekaligus dengan kulitnya, cuci terlebih dahulu kentang sampai bersih di bawah air mengalir, ya!

2. Edamame

Edamame atau yang disebut dengan kedelai Jepang ini bisa dijadikan alternatif snack sehat yang bisa mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Diketahui bahwa 155 gram edamame mengandung kalium sebanyak 676 mg. Tak hanya itu, kacang yang hanya perlu direbus sebelum dikonsumsi ini juga mengandung vitamin K, magnesium, dan juga mangan yang tak kalah bermanfaat bagi kesehatan jika dibandingkan dengan kalium.

3. Buah bit

Buah berwarna merah dengan cita rasa khas ini selain kaya akan kandungan zat besi ternyata juga kaya akan kandungan kalium. Pada 170 gram buah bit, terdapat kandungan kalium sebanyak 518 mg.

Tak hanya itu, buah bit juga baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi karena mengandung nitrat, yang bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Untuk menghilangkan rasa besi pada buah bit saat dijus, tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon agar rasanya menjadi lebih segar dan lezat.

4. Alpukat dan pisang

Alpukat dan pisang adalah dua buah yang paling direkomendasikan sebagai sumber kalium. Kedua buah yang terkenal karena kandungan gizinya yang luar biasa ini memang menjadi menu buah andalan bagi banyak pola makan atau diet sehat, karena kandungan gizi yang ada di dalamnya. Pada satu buah alpukat, terdapat kandungan kalium sebanyak 974 mg. Luar biasa, bukan?

5. Air kelapa

Pada satu cangkir air kelapa segar tanpa tambahan gula, terdapat kandungan kalium sebanyak 600 miligram. Air kelapa juga merupakan sumber mineral lain yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh, seperti magnesium, kalsium, natrium, dan mangan.

Itulah sumber makanan yang mengandung kalium yang baik untuk dikonsumsi, semoga bermanfaat!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang Mengandung Kalium

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *