• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Gas

Daftar Makanan yang Mengandung Gas Cukup Tinggi

Makanan yang Mengandung Gas – Saat kita mengonsumsi makanan yang mengandung gas tinggi, maka perut bisa terkena kembung. Bahkan, tidak jarang juga kita pun akan lebih sering bersendawa hingga buang gas atau kentut. Pada dasarnya memang tidak berbahaya, akan tetapi, hal tersebut cukup mengganggu aktivitas kita.

Jenis Makanan yang Mengandung Gas

Makanan yang memiliki karbohidrat dan juga laktosa yang tinggi bisa menghasilkan banyak gas pada saluran pencernaan. Sedangkan jenis makanan yang mengandung banyak lemak dan juga protein sangat sedikit menghasilkan gas. Untuk mengetahui mana saja jenis makanan yang mengandung gas tinggi, berikut ulasannya.

1. Kacang

Makanan seperti kacang dapat menghasilkan banyak gas dalam jumlah banyak. Hal itu dikarenakan pada kacang mengandung gula rafinasi yang sangat sulit dicerna pada tubuh. Di dalam usus kita, rafinosa akan diolah bakteri sehingga menjadi berbagai macam gas. Contohnya seperti hidrogen, karbon dioksida, dan juga metana. Saat gas di dalam usus meningkat, maka kamu merasa kembung dan lebih banyak buang gas.

2. Sayuran

Beberapa jenis sayuran juga ada yang mengandung gas cukup tinggi. Contohnya seperti asparagus, brokoli, kubis, kol, bawang, dan juga jamur. Di dalam sayuran tersebut terdapat banyak gula alami yang bernama fruktosa. Hal ini tidak jauh berbeda dengan rafinosa milik kacang, jenis gula fruktosa di dalam sayuran bisa menghasilkan gas pada usus.

Official Store Pyfa Health

3. Biji-bijian

Jenis biji-bijian ada juga yang terkandung gas cukup tinggi. Sebut saja gandum yang mungkin pernah kita makan. Di dalam gandum terdapat serat, rafinosa, dan juga pati. Perlu kamu ketahui bahwa ketiga zat tersebut yang menghasilkan gas saat dicerna pada usus besar. Meskipun begitu, beras tidak menghasilkan gas meskipun termasuk biji-bijian.

4. Produk susu

Ternyata, berbagai produk susu bisa menghasilkan gas. Contohnya seperti keju dan juga es krim memiliki gula alami yang disebut dengan laktosa. Agar bisa mencerna gula tersebut, maka tubuh menghasilkan zat bernama enzim laktase. Akan tetapi, bagi sebagian orang yang mengalami intoleransi laktosa, justru tidak bisa menghasilkan enzim tersebut.

Dengan begitu, laktosa tadi akan menumpuk dan diolah oleh bakteri pada usus menjadi gas. Hal tersebut membuat susu dan juga produk olahannya memiliki gas yang cukup tinggi.

5. Buah-buahan

Jenis buah-buahan juga ada yang memiliki gas cukup banyak. Contohnya seperti apel, pir, persik dan juga plum. Hal itu dikarenakan pada buah tersebut memiliki gula sorbitol dan juga serat. Pada bakteri di dalam usus kita, akan mengubah kandungan gula dan juga serat buah menjadi gas.

Tips Agar Bisa Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Gas

Meskipun makanan-makanan tadi mengandung gas, bukan berarti kita tidak bisa mengonsumsinya. Sebab, beberapa makanan yang sudah disebutkan tadi memiliki banyak nutrisi pada tubuh kita. Maka dari itu, sebaiknya kamu pilih mana makanan yang bisa membuatmu nyaman.

Apabila pencernaan terasa tidak nyaman atau merasa begah, maka batasilah konsumsinya. Ditambah lagi, sebaiknya kamu konsumsi makanan secara perlahan dan juga dalam porsi yang kecil. Hal itu bisa mengurangi banyak udara yang masuk ke dalam perut dan tidak akan menjadi kembung.

Kalau memang diperlukan, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan atau juga suplemen agar dapat mengurangi produksi gas di dalam pencernaan.

Salah satu jenis obat yang sering diberikan dokter adalah obat maag untuk menghindari asam lambung dan menjaga kesehatan lambung. Sebaiknya, kamu juga konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan saran yang lebih baik.

Demikian daftar makanan yang mengandung gas tinggi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *