• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Asam Folat

Daftar Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Makanan yang Mengandung Asam Folat – Makanan yang mengandung asam folat memang cukup digandrungi dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut memang sangat wajar mengingat untuk ibu hamil perlu makan makanan bernutrisi. Salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan adalah asam folat.

Pada dasarnya, asam folat mampu membentuk DNA serta pembentukan darah pada tubuh pada saat kehamilan berlangsung. Dengan begitu, asam folat mencegah calon bayi mengalami kekurangan darah. Namun, apakah hanya itu saja? Untuk lebih jelasnya tentang asam folat, berikut ulasannya.

Apa Itu Asam Folat?

Asam folat adalah vitamin B complex yang mudah larut dalam air. Zat tersebut dapat membantu dalam pembuatan sel-sel baru pada tubuh kita. Untuk janin pun, asam folat sangat penting sebagai vitamin tubuh sehingga tidak akan terlahir cacat.

Selain itu, asam folat juga sering dipakai untuk pembuatan darah ekstra pada tubuh saat hamil. Berdasarkan sumber dari Women’s Health, ibu-ibu hamil membutuhkan 400 hingga 800 mikrogram asam folat per harinya. Jika kurang dari angka tersebut, dikhawatirkan janin akan mengalami masalah. Saat bayi lahir dan memasuki fase menyusui, jumlah asam folat yang dibutuhkan mencapai 500 mikrogram per harinya.

Official Store Pyfa Health

Manfaat Asam Folat

Sebenarnya, pada poin diatas sudah sedikit dibahas mengenai manfaat asam folat ini sendiri. Namun, masih ada yang belum tahu apa saja manfaat asam folat. Maka dari itu, beberapa hal di bawah ini adalah beberapa contoh manfaat dari asam folat yang perlu kamu ketahui.

  • Melindungi beberapa fungsi sel di dalam tubuh.
  • Membantu terbentuknya sel darah merah dan juga DNA.
  • Dapat mencegah terjadinya anemia serta kemungkinan penyakit jantung.
  • Mampu mencegah munculnya penyakit kanker.
  • Mengurangi kemungkinan penyakit demensia.
  • Menjaga kesehatan mental.
  • Melindungi kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Untuk ibu yang sedang mengandung, adanya asam folat ini tentunya sangat penting. Pasalnya, asam folat dapat mencegah kemungkinan bayi lahir cacat seperti pada poin sebelumnya. Selain itu, adanya asam folat juga dapat mencegah bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan sangat rendah.

Tertarik membeli suplemen dan vitamin asam folat untuk memenuhi kebutuhan harianmu? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Setelah mengetahui apa itu asam folat dan manfaatnya, kini masuk ke berbagai sumbernya. Perlu diperhatikan bahwa sebenarnya jumlah makanan yang memiliki asam folat sangat banyak. Akan tetapi, mari kita akan fokus pada beberapa makanan yang memiliki kandungan asam folat sangat tinggi. Untuk mengetahuinya lebih jauh, berikut contoh makanannya sebagai berikut.

1. Telur

Poin pertama ada di bagian telur. Mungkin kamu juga sudah tahu jika telur adalah salah satu makanan yang banyak mengandung gizi. Salah satu gizi tersebut adalah asam folat. Contohnya saja dalam satu telur yang berukuran besar memiliki kandungan asam folat sebesar 23,5 mikrogram.

Selain asam folat, di dalam telur juga terdapat banyak vitamin seperti protein, selenium, riboflavin, dan juga vitamin B12. Ditambah lagi, dalam telur pun terdapat zat antioksidan, lutein, dan zeaxanthin. Hal itu bisa membantu kita terkena gangguan mata.

2. Brokoli

Untuk kategori sayuran, ada brokoli yang memiliki kandungan asam folat tinggi. Brokoli sendiri memiliki kandungan asam folat sebesar 52 mikrogram. Selain itu, dalam brokoli terdapat vitamin lainnya seperti serat, kalium, dan vitamin C.

Untuk bisa memaksimalkan kandungan asam folat di dalam brokoli, sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan rebus atau kukus. Jika kamu menggunakan brokoli dalam makanan berkuah, vitaminnya pun akan larut dalam air. Dengan begitu, kandungan asam folatnya akan lebih sedikit.

3. Jeruk

Jeruk terkenal dengan buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Akan tetapi, jeruk juga memiliki kandungan vitamin lainnya seperti asam folat. Bahkan jumlah kandungan asam folat pada jeruk bisa mencapai 55 mikrogram. Dengan begitu, tidak mengherankan jika jeruk dapat diandalkan dalam meningkatkan stamina tubuh.

Itulah beberapa daftar makanan yang mengandung asam folat tinggi. semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Penuhi kebutuhan asam folat kamu dengan selalu mengonsumsi suplemen yang mengandung nutrisi tersebut. Yuk, cek produknya di bawah ini!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang Mengandung Asam Folat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *