• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Antioksidan

6 Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Makanan yang Mengandung Antioksidan – Antioksidan adalah satu satu molekul yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Sedangkan radikal bebas adalah zat yang terbentuk di dalam tubuh saat terjadi proses metabolisme. Radikal bebas berisiko merusak sel dalam tubuh dan menimbulkan penyakit serius.

Radikal bebas dapat mengakibatkan kanker, meningkatnya risiko kerusakan ginjal, penyempitan pembuluh darah, mata katarak, dan sebagainya. Beberapa penyebab radikal bebas, yaitu polusi udara, alkohol, merokok, dan radiasi UV.

Untuk mencegah radikal bebas, kamu harus banyak mengonsumsi antioksidan. Tubuh kita dapat menghasilkan antioksidan, namun untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Zat yang memiliki antioksidan adalah:

Lalu, makanan apa yang mengandung antioksidan tinggi? Silahkan simak berikut ini.

Official Store Pyfa Health

Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Ada banyak makanan yang mengandung antioksidan, baik buah-buahan ataupun sayuran. Berikut ini adalah enam makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

1. Blueberry

Blueberry termasuk buah yang mengandung antioksidan tinggi. Blueberry menduduki peringkat pertama di antara semua buah yang mengandung antioksidan. Blueberry mengandung antioksidan berupa flavonoid. Blueberry sendiri memiliki manfaat untuk kesehatan seperti melawan penuaan diri, mempercepat penyembuhan luka, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko diabetes.

Selain itu, blueberry mengandung 14% karbohidrat sehat dan 84% air. Tiap 148 gram blueberry mengandung 16% vitamin C dan 24% vitamin K dari asupan harian.

2. Bayam

Diketahui, bayam memiliki kandungan lutein yang tinggi. Lutein sendiri berfungsi untuk melindungi dan memelihara kesehatan mata, sehingga akan dijauhkan dari gangguan mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Selain itu, bayam juga memiliki kandungan beta karoten yang mampu melindungi tubuh dari risiko kanker. Beberapa manfaat dari mengonsumsi bayam antara lain:

  • Menjaga kesehatan tulang.
  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut.
  • Mencegah kanker.
  • Mencegah asma.
  • Meningkatkan kesehatan jantung serta tekanan darah.
  • Dan lain sebagainya.

3. Strawberry

Kandungan utama dalam strawberry adalah 91% air dan 7,7% karbohidrat. Tiap 100 gram strawberry juga mengandung 12 IU vitamin A dan 58,8 mg vitamin C. Sangat kaya akan antioksidan, bukan?

Warna merah dari buah strawberry menandakan buah ini kaya akan antioksidan. Hal ini dikarenakan, strawberry memiliki kandungan anthocyanidin. Anthocynidin dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, strawberry juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melawan kanker, mengurangi risiko penyakit jantung, mengatasi rambut rontok, dan meningkatkan daya ingat.

Tertarik membeli suplemen antioksidan untuk memenuhi kebutuhan harianmu? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Brokoli

Makanan yang mengandung antioksidan selanjutnya adalah brokoli. Brokoli dapat memelihara kesehatan jantung, mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melancarkan pencernaan. Brokoli juga dapat meningkatkan kesehatan mata, memperkuat tulang dan menyehatkan kulit. Brokoli mengandung sekitar 90% air dan 7% karbohidrat. Selain itu, brokoli juga mengandung 72% vitamin C dari kebutuhan harian.

5. Plum

Plum mengandung fenol. Fenol adalah salah satu antioksidan yang berguna untuk menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Fenol juga dapat mencegah kerusakan oksigen dalam lemak tubuh.

Selain antioksidan, plum juga mengandung berbagai vitamin antaranya: vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin K, dan yang lainnya. Plum banyak mengandung vitamin C yang memelihara dan meningkatkan kekebalan tubuh. Plum pun memiliki manfaat untuk kesehatan kamu, antara lain:

  • Membunuh sel kanker.
  • Mengatasi sakit kepala.
  • Mengurangi stress dan depresi.
  • Memperkuat imun tubuh.
  • Mengobati gatal-gatal.
  • Dan masih banyak manfaat lainnya.

6. Ubi ungu

Terakhir, makanan yang mengandung antioksidan selanjutnya adalah ubi ungu. Diketahui bahwa ubi ungu kaya akan antioksidan berupa antosianin. Ubi ungu juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan zat besi.

Selain itu, ubi ungu dapat membantu kamu menjaga imunitas tubuh, mencegah pembekuan darah, mencegah kanker, mengobati penyakit diabetes, mencegah penuaan diri, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah enam makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Masih banyak makanan lainnya yang tidak disebutkan. Oleh karena itu, penting untuk banyak mengonsumsi makanan dengan antioksidan tinggi agar terhindar dari radikal bebas. Penuhi kebutuhan antioksidan kamu dengan selalu mengonsumsi suplemen yang mengandung nutrisi tersebut. Yuk, cek produknya di bawah ini!

Rekomendasi Suplemen Antioksidan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *