• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Makanan yang Dilarang untuk Program Hamil

Daftar Makanan dan Minuman yang Dilarang untuk Program Hamil

Makanan yang Dilarang untuk Program Hamil – Setiap pasangan tentunya menginginkan kehadiran buah hati dalam rumah tangganya. Akan tetapi, agar bisa memiliki keturunan ternyata tidak semua pasangan bisa lancar melakukannya. Di sinilah terbentuk program hamil agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya.

Salah satu program hamil yang sering dicanangkan oleh dokter adalah pola makanan dan minuman. Baik pria maupun wanita sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu terhambatnya program hamil. Apa saja daftar makanan dan minuman yang dilarang konsumsi tersebut? Yuk, kita ikuti penjelasannya di bawah ini.

Daftar Makanan yang Dilarang untuk Program Hamil

Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang dilarang untuk program hamil sehingga bisa cepat mendapatkan keturunan.

1. Ikan yang mengandung banyak merkuri

Pada dasarnya ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh. Apalagi, di dalam ikan juga terkandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan janin. Namun, tidak semua ikan bisa dikonsumsi khususnya ikan yang mengandung merkuri tinggi.

Hal tersebut dikarenakan kandungan merkuri bisa merusak sistem saraf pada janin. Oleh sebab itu, ikan yang mengandung merkuri tinggi juga sebenarnya harus dikurangi pada ibu hamil, menyusui dan juga anak-anak. Meskipun begitu, wanita yang belum hamil juga sebaiknya tidak mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri. Saat zat merkuri tersebut menumpuk di dalam tubuh, hal tersebut juga berpengaruh pada perkembangan bayi nantinya.

Contoh ikan yang mengandung merkuri tinggi ada di dalam ikan peda dan tuna. Artinya, selain ikan tersebut, kamu bisa konsumsi ikan lainnya.

2. Makanan yang mengandung lemak trans

Makanan yang memiliki lemak trans juga sebaiknya dihindari untuk program hamil. Beberapa contoh makanan tersebut adalah keripik, popcorn, makanan yang dipanggang, serta makanan yang digoreng. Makanan yang mengandung lemak trans tersebut bisa menyebabkan peradangan dan juga adanya resistensi insulin.

Hal itu pun dapat menyebabkan program hamil bisa terhambat atau bahkan gagal. Selain itu, makanan yang memiliki lemak trans juga dapat merusak pembuluh darah sehingga menghambat aliran nutrisi pada sistem reproduksi. Tidak hanya untuk wanita saja, pada pria pun lemak trans bisa merusak kualitas sperma.

3. Seafood bakar

Seafood yang dimasak dengan cara dibakar juga harus kamu hindari. Mengonsumsi makanan laut yang dibakar bisa menimbulkan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Hal tersebut tentunya membuat tubuh kita mengalami penyakit kronis khususnya pada bayi. Bagian yang paling parah adalah bayi bisa mengalami keguguran atau cacat saat lahir.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk program hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Makanan yang memiliki kandungan gula tinggi

Makanan manis tentunya sangat menggiurkan. Akan tetapi, untuk kelancaran program hamil, sebaiknya makanan manis sementara ini dihindari dulu. Di dalam makanan manis bisa menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan wanita hamil. Ditambah lagi, kenaikan kadar gula dalam darah bisa meningkatkan insulin. Hal tersebut dapat memperburuk ovarium atau indung telur.

Setelah kita pelajari makanan yang dilarang untuk program hamil, selanjutnya kita simak minuman apa saja yang sebaiknya juga dihindari. Untuk penjelasannya bisa disimak di bawah ini.

5. Susu rendah lemak

Mungkin ada yang kaget mengapa susu rendah lemak bisa dilarang untuk program hamil. Hal ini sederhana saja dikarenakan di dalam susu rendah lemak memicu tubuh untuk terus produksi androgen. Hal tersebut bisa mengganggu siklus menstruasi dan juga kesuburan. Jenis susu rendah lemak contohnya adalah yoghurt.

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda juga sebaiknya kamu hindari untuk program hamil. Hal tersebut sangat wajar sebab di dalam minuman bersoda terdapat banyak sekali zat yang cukup berlebihan. Contohnya adalah kandungan gula dan perasa buatan. Kombinasi tersebut bisa meningkatan gula darah dan berpengaruh untuk bakteri usus. Ditambah lagi, adanya kandungan BPA dan bahan kimia pada minuman bersoda bisa mempengaruhi perkembangan janin.

Demikian daftar makanan yang dilarang untuk program hamil. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk semua dan jagalah kesehatan. Jangan lupa konsumsi juga makanan-makanan yang mengandung zat besi agar tehindar dari anemia.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Program Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *