• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Dilarang Saat Hamil

Ibu Hamil, Hindari 5 Makanan yang Dilarang Saat Hamil Ini, ya!

Makanan yang Dilarang Saat Hamil – Kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu bagi setiap orang tua yang sudah siap untuk memiliki keturunan. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga kandungan tetap sehat, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan juga menghindari untuk mengonsumsi makanan yang dilarang saat hamil. Apa sajakah makanan yang dilarang saat hamil dan makanan yang direkomendasikan? Temukan di sini jawabannya, ya!

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Hamil

Untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, konsumsi makanan padat gizi seperti biskuit, sereal, oat, buah segar, serta sayuran. Ibu hamil juga membutuhkan asupan protein dari daging, olahan kedelai seperti susu kedelai, tahu, dan juga tempe, serta daging yang harus dimasak dengan matang benar.

Nah, di antara makanan yang biasanya diasup oleh wanita yang belum hamil dengan wanita hamil tentu ada perbedaannya. Terdapat beberapa jenis makanan yang dilarang saat hamil, karena berpotensi membahayakan kesehatan janin yang dikandung. Makanan yang dilarang saat hamil tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Makanan mentah

Makanan mentah seperti sashimi dan juga sushi sangat tidak dianjurkan bagi wanita hamil karena mengandung bakteri salmonella dan listeria yang bisa menyebabkan infeksi janin dalam kandungan, serta bisa mengakibatkan keguguran. Jika ingin mengonsumsi sushi, pilih sajian sushi yang sudah dimasak dengan benar, untuk menghindari kontaminasi bakteri yang berbahaya di dalamnya.

Official Store Pyfa Health

Tiram mentah, telur setengah matang, dan juga kecambah mentah juga merupakan jenis makanan yang dilarang saat hamil karena juga mengandung bakteri Listeria dan Salmonella yang berbahaya.

2. Buah nanas dan pepaya

Buah-buahan memang dianjurkan sebagai makanan yang baik untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan, namun ada jenis buah tertentu yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil karena mengandung senyawa yang bisa membuat rahim berkontraksi dan mengakibatkan adanya persalinan dini.

Jenis buah yang dilarang dikonsumsi saat hamil adalah nanas dan pepaya. Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa melunakan serviks dan juga merangsang kontraksi rahim sehingga bisa mengakibatkan keguguran dan kontraksi dini.

Pepaya meskipun dikenal sebagai buah yang kaya serat dan juga vitamin C juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil karena bisa menyebabkan kenaikan suhu ibu hamil, dan lateks yang terkandung di dalam pepaya bisa membuat ibu hamil mengalami pendarahan. Konsumsi buah yang disarankan bagi ibu hamil antara lain alpukat, pisang, dan semangka.

3. Kafein dan alkohol

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan cokelat sebaiknya dihindari selama kehamilan karena kafein dengan cepat akan diserap oleh janin. Jika terjadi penumpukan kafein, maka perkembangan janin akan terhambat dan tidak optimal. Alkohol juga merupakan jenis minuman yang harus sangat dihindari oleh ibu hamil karena bisa mengakibatkan perkembangan janin tidak sempurna.

4. Makanan yang tidak higienis dan makanan beku

Makanan yang tidak higienis dan makanan beku rentan terpapar bakteri yang bisa menginfeksi janin dalam kandungan. Akibatnya, janin bisa mengalami gagal tumbuh, dan bahkan berhenti berkembang. Pilihlah makanan segar yang dicuci dan dimasak dengan baik untuk menghindari kontaminasi dari bakteri yang berbahaya, ya!

5. Makanan instan dan cepat saji

Makanan instan seperti mie instan dan nugget juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung pengawet yang tentu tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin. Makanan cepat saji juga kurang disarankan karena mengandung garam tinggi yang bisa memicu kolesterol bagi ibu hamil, yang bisa meningkatkan risiko preeklamsia.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang dilarang saat hamil. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *