• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah

Ketahui Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Saat HB Rendah Berikut Ini

Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah – Tahukah kamu bahwa ada daftar makanan yang perlu dihindari saat HB rendah karena akan semakin menurunkan tekanan darah dan bisa berakibat fatal.

HB atau Hemoglobin merupakan protein utama tubuh manusia yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan perifer dan mengangkut CO2 dari jaringan perifer ke paru-paru. Rendahnya kadar hemoglobin dalam darah salah satunya adalah asupan zat gizi yang tidak mencukupi. Saat kondisi HB rendah, berikut ini adalah daftar makanan yang perlu dihindari saat HB rendah.

Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Saat HB Rendah

Batas normal kadar hemoglobin dalam tubuh dipengaruhi oleh usia dan juga jenis kelamin. Untuk anak 0-3 tahun, kadar HB normalnya adalah 11 g/dL, untuk anak usia sekolah adalah sebesar 12 g/dL, untuk wanita dewasa sebesar 12 g/dL, dan pada pria dewasa adalah sebesar 13 g/dL.

Rendahnya kadar HB di dalam darah manusia bisa menyebabkan kondisi kekurangan darah atau yang disebut juga dengan anemia. Anemia bisa terjadi karena kekurangan zat besi yang diakibatkan karena kurangnya asupan zat besi pada makanan. Berikut ini adalah daftar makanan yang harus dihindari saat HB rendah karena bisa memperburuk kondisi kesehatan.

Official Store Pyfa Health

1. Makanan yang mengandung kalsium

Makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju, dan yoghurt bisa menghambat penyerapan zat besi didalam tubuh, sehingga bisa memperburuk kondisi HB rendah dan juga anemia.

2. Makanan yang kaya akan zat tanin

Makanan atau minuman yang mengandung tanin tidak direkomendasikan bagi penderita HB rendah karena bisa mengganggu penyerapan zat besi dari makanan yang telah dikonsumsi. Jenis makanan yang mengandung tanin yang harus dihindari oleh penderita HB rendang adalah teh (baik teh hijau maupun teh hitam), kopi, anggur, dan juga jagung.

3. Makanan dengan gluten

Makanan yang mengandung gluten seperti selai, pasta, roti, dan biji-bijian tidak hanya mengganggu penyerapan zat besi dan asam folat yang berperan penting dalam proses pembentukan HB di dalam tubuh, tapi juga bisa menyebabkan masalah pencernaan bagi orang yang alergi terhadap zat yang satu ini.

4. Makanan yang mengandung polifenol

Makanan yang kaya akan polifenol antara lain adalah kakao, kopi, dan juga kacang kenari. Polifenol bisa menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. Oleh karenanya, makanan dengan polifenol termasuk dalam makanan yang harus dihindari saat HB rendah.

5. Makanan sumber resetravol

Buah beri merupakan jenis makanan sumber resetravol yang sebenarnya sangat baik bagi kesehatan, hanya saja jika HB kamu rendah, sebaiknya hindari makanan jenis ini karena mencegah penyerapan zat besi, baik dalam bentuk gizi dari makanan maupun suplemen.

6. Makanan yang mengandung fitat

Fitat merupakan senyawa yang bisa mengikat zat besi dalam pencernaan sehingga penyerapannya pun tidak maksimal. Jenis makanan yang mengandung fitat yang harus dihindari oleh penderita HB rendah antara lain kacang-kacangan, beras merah, dan juga gandum.

Untuk mengatasi kondisi HB rendah, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan juga asam folat seperti daging sapi, hati ayam, telur, bayam, kale, brokoli, sawi, alpukat, edamame, produk olahan kedelai seperti tahu, tempe, dan juga ikan.

Jika dirasa belum cukup, kita juga bisa menambah asupan zat besi melalui suplemen yang bisa dibeli di apotek, namun alangkah baiknya sebelum membeli sendiri suplemen kita, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan saran yang terbaik. Semoga bermanfaat, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kadar HB

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *