• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Makanan yang Baik untuk Jantung

Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Makanan yang Baik untuk Jantung – Jantung merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat vital. Kesehatan jantung sangat penting untuk dijaga sejak dini. Meskipun kamu masih berusia muda sekalipun, bukan berarti bisa terhindar dari penyakit jantung ini. Bahkan, tidak jarang anak muda yang terkena serangan jantung secara mendadak.

Pengertian Penyakit Jantung Secara Umum

Untuk kamu yang belum paham, penyakit jantung adalah suatu kondisi saat jantung mengalami masalah atau tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk jenis gangguannya pun bisa bermacam-macam, sehingga penggunaannya tidak bisa sembarangan. Maka dari itu, orang yang terkena sakit jantung bisa juga memiliki gejala berbeda-beda.

Secara umum, sakit jantung lebih banyak ditandai dengan sakit dada dan juga sesak nafas. Gejala tersebut bisa terjadi pada saat melakukan aktivitas atau bahkan ketika kita istirahat. Meskipun begitu, ada juga yang tidak mengalami gejala apapun dan bisa terkena serangan jantung.

Ciri-ciri Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

1. Serangan jantung

Sakit jantung pertama yang cukup sering terjadi adalah serangan jantung. Kondisi ini bisa terjadi karena aliran darah ke otot jantung mengalami hambatan. Biasanya, hal tersebut bisa terjadi karena adanya plak maupun penyumbatan di sekitar pembuluh darah jantung. Beberapa gejala serangan jantung secara umum adalah sebagai berikut.

  • Sakit dada secara mendadak.
  • Pusing dan mual.
  • Sakit di bagian perut atas maupun ulu hati.
  • Badan lemas.
  • Banyak keringat.
  • Sesak nafas.
  • Perut terasa kembung.
  • Detak jantung terus berdebar.

Kondisi seseorang yang terkena serangan jantung bisa berlangsung setengah jam atau bahkan lebih. Maka dari itu, kamu harus segera berobat jika mengalami hal tersebut.

2. Jantung koroner

Bisa dikatakan, jantung koroner adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Seseorang yang terkena jantung koroner bisa terjadi pada saat pembuluh darah yang seharusnya masuk ke jantung menjadi terhambat. Hal tersebut juga dikarenakan adanya penumpukan plak atau sering disebut aterosklerosis. Beberapa gejala yang terjadi saat terkena jantung koroner adalah sebagai berikut.

  • Sering lemas dan pusing-pusing.
  • Jantung terasa berdebar.
  • Sering keringat dingin.
  • Mual-mual.
  • Sesak nafas atau nafas terasa pendek.
  • Makanan untuk kesehatan jantung.

Tertarik membeli suplemen dan multivitamin untuk kesehatan tubuh serta jantungmu? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Makanan yang Baik untuk Jantung

Salah satu mencegah kamu terkena penyakit jantung seperti di atas adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Untuk memberikan kesehatan lebih pada jantung, kamu harus konsumsi makanan yang tidak banyak mengandung lemak maupun garam. Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan jantung adalah sebagai berikut.

1. Ikan

Ikan sudah lama dikategorikan sebagai salah satu sumber protein hewani yang tinggi. Khusus untuk ikan salmon dan juga tuna, sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pada jenis-jenis ikan tersebut terdapat banyak kandungan Omega 3 yang merupakan salah satu jenis asam lemak tak jenuh. Kandungan tersebut bisa meredam adanya peradangan di sekitar jantung. Maka dari itu, kandungan Omega 3 pada ikan tuna maupun salmon dapat memberikan kesehatan pada jantung.

2. Kacang-kacangan

Makanan yang baik untuk jantung berikutnya ada dalam kacang-kacangan. Kandungan protein nabati di dalam kacang tanah, olahan kedelai, tahu, tempe, atau biji kacang kedelai sangat baik untuk kesehatan jantung. Ditambah lagi, dalam kacang-kacangan juga mengandung antioksidan isoflavon. Kandungan tersebut bisa menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular pada wanita.

3. Oatmeal

Makanan oatmeal atau gandum murni juga termasuk ke dalam makanan yang dapat menyehatkan jantung. Oatmeal sendiri terbuat dari tanaman yang mengandung serat sangat tinggi. Kandungan tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol yang merupakan penyebab terbentuknya plak pada pembuluh arteri. Hal itulah yang membuat oatmeal sangat baik untuk kesehatan jantung kita.

4. Yoghurt

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi yoghurt minimal dua porsi dalam seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan juga hipertensi. Kandungan mineral, kalsium, dan juga kalium pada yoghurt yang telah dikonsumsi bisa menjaga hipertensi. Pastikan yoghurt yang dimakan adalah jenis rendah lemak.

5. Ubi jalar

Ubi jalar juga merupakan makanan yang dapat menyehatkan jantung. Kandungan vitamin A dapat memberikan kesehatan pada tubuh dan itu termasuk jantung. Selain itu, kandungan serat dan berbagai nutrisi lainnya dapat menjaga kadar kolesterol pada darah. Sebaiknya, kamu konsumsi ubi jalar yang berwarna orange atau ungu. Sebab, kandungannya sangat tinggi dibandingkan warna lainnya.

Itulah beberapa daftar makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi suplemen dan multivitamin agar tubuh dan jantung selalu sehat. Yuk, cek rekomendasi produk multivitamin yang cocok untuk kamu di bawah ini!

Rekomendasi Multivitamin untuk Kesehatan Tubuh dan Jantung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *