• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Baik untuk Ginjal

8 Jenis Makanan Ini Baik untuk Ginjal Kamu

Makanan yang Baik untuk Ginjal – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh vital dan memegang fungsi penting. Ginjal berfungsi sebagai penyaring sisa metabolisme dan mengeluarkannya melalui urin. Mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal dapat membantu dan mengoptimalkan kerja ginjal.

Apabila fungsi kerja ginjal terganggu, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit ginjal. Ginjal bekerja dengan menyaring kotoran dan kelebihan cairan dari darah. Bila ginjal tidak berfungsi, kotoran akan menumpuk dan mengakibatkan gagal ginjal.

Oleh karena itu, kita harus benar-benar menjaga kesehatan ginjal. Salah satunya yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal. Lalu, makanan apa yang baik untuk ginjal? Silahkan simak berikut ini.

Makanan yang Baik untuk Ginjal

Ada banyak jenis makanan, buah-buahan, sayuran yang baik untuk ginjal. Berikut ini adalah delapan jenis makanan yang baik untuk ginjal kamu.

Official Store Pyfa Health

1. Ikan

Ikan adalah makanan yang tinggi akan omega-3, seperti salmon dan tuna. Tubuh kita tidak dapat mengelola asam lemak omega-3 sendiri, sehingga harus memperolehnya dari makanan.

Omega-3 dapat mengurangi lemak dalam darah yang berhubungan dengan penurunan tekanan darah. Karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit ginjal, maka ikan merupakan pilihan tepat sebagai makanan yang baik untuk ginjal.

2. Apel

Apel termasuk buah yang rendah dengan kandungan kalium. Selain itu, apel juga mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan glukosa dalam darah.

Apel banyak mengandung vitamin C, vitamin B9, vitamin K, dan vitamin E. Beberapa manfaat dari buah apel, yaitu membantu mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung, serta menurunkan risiko kanker.

3. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan bernama antosianin yang bermanfaat melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Selain itu, blueberry juga merupakan buah yang rendah kalori dan kaya vitamin C yang baik untuk ginjal.

Tertarik membeli suplemen atau multivitamin yang baik untuk ginjal? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Bawang

Bawang baik untuk kesehatan ginjal adalah karena bebas natrium. Kamu bisa menumis bawang putih atau bawang bombay yang rendah kandungan fosfornya. Selain itu, bawang juga menambah cita rasa pada hidangan, bawang akan membantu menjaga kesehatan ginjal kamu.

5. Putih telur

Putih telur merupakan sumber protein yang rendah kandungan fosfor, sehingga baik untuk kesehatan ginjal. Namun, pada kuning telur, harus dikurangi karena mengandung banyak fosfor.

Disarankan, jika kamu menderita penyakit ginjal, sebaiknya mengonsumsi dua putih telur berukuran besar (66 gram) yang mengandung sodium 110 mg, kalium 108 mg, dan fosfor 10 mg.

6. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung juga termasuk ke dalam jenis makanan yang baik untuk kesehatan ginjal. Sayuran kaya antioksidan dan baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral manusia. Namun, sayuran hijau terkadang juga tinggi akan kalium, jadi kurang cocok untuk dikonsumsi seseorang yang sudah mengalami gangguan ginjal tahap lanjut.

7. Buah ceri

Buah ceri memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B6, dan yang lainnya. Semakin asam buah ceri, maka menandakan kadar sitrat pada buah tersebut juga tinggi. Sitrat membantu mengurangi asam urat dalam aliran darah, sehingga mempermudah fungsi ginjal untuk mengendalikan keasaman tubuh.

8. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran yang tinggi nutrisi, contohnya adalah vitamin C, vitamin K, dan vitamin B. Setiap 124 gram kembang kol yang dimasak terkandung sodium 19 mg, kalium 176 mg, dan fosfor 40 mg.

Nah, itulah delapan jenis makanan yang baik untuk ginjal. Masih banyak makanan lainnya yang tidak disebutkan. Penting untuk menjaga kesehatan ginjal dimulai dari sekarang. Untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ginjal, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang baik untuk ginjal. Yuk, cek produknya di bawah ini!

Rekomendasi Suplemen & Multivitamin untuk Ginjal

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *