• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan untuk Penderita Osteoarthritis

Daftar Makanan untuk Penderita Osteoarthritis

Makanan untuk Penderita Osteoarthritis – Osteoarthritis merupakan sebuah penyakit tentang pengapuran tulang dan juga sendi yang cukup umum terjadi. Penyakit yang juga disebut sebagai radang sendi ini bisa memberikan gangguan pada aktivitas sehari-hari perlu pengobatan yang cukup intensif.

Meskipun begitu, pengobatan saja tidaklah cukup jika tidak dibarengi dengan asupan bergizi. Disinilah para penderita osteoarthritis menerapkan pola makan tertentu.

Daftar Makanan untuk Penderita Osteoarthritis

Perlu diketahui bahwa tidak semua makanan cocok untuk penderita osteoarthritis. Bahkan, beberapa makanan ini bisa memberikan kesembuhan. Contoh makanan tersebut bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Ikan salmon

Pada ikan salmon, terdapat asam lemak omega 3. Nutrisi tersebut dapat membantu mengurangi peradangan, nyeri atau radang sendi, dan juga memperpendek durasi sendi yang kaku di pagi hari. Kamu bisa mengonsumsi ikan salmon sebanyak dua kali seminggu untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Selain salmon, jenis ikan lainnya yang mengandung omega 3 antara lain tuna, mackerel, dan juga herring.

Official Store Pyfa Health

2. Blueberry

Perlu kamu ketahui bahwa kelompok buah beri merupakan makanan yang pas untuk penderita osteoarthritis. Blueberry juga termasuk keluarga buah beri. Hal ini telah dipertegas pada jurnal Nutrients di tahun 2019. Menurut jurnal tersebut, mengonsumsi blueberry setiap hari bisa membantu mengurangi sakit dan kekakuan pada sendi. Ditambah lagi, buah ini memiliki senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari peradangan dan juga radikal bebas.

3. Jeruk

Jenis jeruk manapun termasuk ke dalam makanan untuk penderita osteoarthritis. Di dalam jeruk, terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa mengurangi peradangan dan juga dapat menjaga kesehatan sendi. Kamu bisa mengonsumsi buah jeruk secara langsung maupun dijadikan jus.

Ingin membeli produk untuk mencegah osteoarthritis? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

4. Sayuran hijau

Berbagai jenis sayuran hijau seperti brokoli, selada, kubis, kale, dan sejenisnya memiliki kandungan vitamin K. Vitamin tersebut sangat berperan dalam pembuatan tulang dan tulang rawan. Ditambah lagi, di dalam senyawa sulforaphane dapat mencegah penyakit osteoarthritis.

Maka dari itu, sayuran hijau ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk para penderita osteoarthritis. Kamu bisa bergantian mengonsumsi sayuran hijau secara bergantian agar tidak bosan.

5. Teh hijau

Teh hijau bisa menjadi minuman alternatif berikutnya. Di dalam teh hijau terdapat polifenol yang merupakan senyawa antioksidan. Dengan begitu, adanya peluang terjadi peradangan dan kerusakan sendi tidak akan terjadi. Kamu bisa mengonsumsi teh hijau secara biasa maupun dengan kreasi lainnya.

6. Berbagai produk susu

Ya, berbagai produk susu seperti susu segar, yoghurt, dan juga keju merupakan sebuah sumber kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Kedua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang. Bahkan, produk susu juga dianjurkan bagi penderita osteoarthritis.

Selain itu, produk susu juga memiliki protein tinggi sehingga sangat berguna untuk pembentukan otot. Dengan adanya otot yang kuat, maka dapat mengurangi beban pada tulang dan juga sendi.

Lantas, Makanan Apa Saja yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Osteoarthritis?

Selain makanan yang baik, ada juga makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita osteoarthritis. Hal ini dilakukan agar tidak memperparah peradangan pada bagian sendi. Berbagai makanan yang sebaiknya dihindari adalah sebagai berikut.

  • Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.
  • Makanan yang memiliki kadar garam tinggi.
  • Makanan yang memiliki lemak jenuh tinggi.
  • Makanan yang mengandung asam lemak omega 6.
  • Alkohol.
  • Makanan yang mengandung lemak trans seperti gorengan.

Demikian beberapa daftar makanan untuk penderita osteoarthritis. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selalu jaga kesehatan.

Rekomendasi Produk untuk Mencegah Osteoarthritis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *