• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Makanan untuk Meningkatkan HB

Rekomendasi 7 Makanan untuk Meningkatkan HB

Makanan untuk Meningkatkan HB – Tubuh manusia dapat bergerak bebas karena fungsi-fungsi jaringan dan organ di dalam tubuh berjalan dengan baik. Ada jantung yang bekerja memompa darah ke seluruh tubuh. Ada pula paru-paru yang menyebarkan oksigen di dalam tubuh dan menukarnya dengan karbon dioksida.

Dalam menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh, ada hemoglobin atau HB yang mengambil peran. Hemoglobin akan mengangkut oksigen bagian-bagian tubuh. Tapi, karena termasuk bagian dari darah, kekurangannya bisa menyebabkan anemia atau gangguan kesehatan lain.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu juga perlu memerhatikan kadar hemoglobin ini. Jika kamu sesak napas, pusing, tubuh pun lelah, mungkin kamu sedang kekurangan HB. Segera konsumsi makanan untuk meningkatkan HB. Beberapa pilihan makanan tersebut ada di bawah ini.

Rekomendasi Makanan untuk Meningkatkan HB

Ada berbagai jenis makanan untuk meningkatkan HB atau hemoglobin dalam tubuh. Inilah rekomendasi 7 makanan untuk meningkatkan HB.

1. Kurma

Kurma mungkin lebih populer di kalangan agama islam. Tapi, apapun keyakinanmu, kamu boleh mencoba mengonsumsi kurma sebagai makanan untuk meningkatkan HB. Buah kering asal Arab ini mengandung zat besi tinggi.

Zat besi adalah nutrisi yang mampu meningkatkan HB dalam darah. Tak jarang dokter juga merekomendasikannya, di samping obat-obatan medis. Kelebihan lain dalam kurma adalah kandungan gula baiknya yang cukup tinggi.

2. Buah bit

Buah bit adalah buah yang bisa jadi cukup jarang kamu konsumsi. Tapi, buah ini seringkali dikonsumsi orang yang sedang membutuhkan asupan darah. Seperti seorang ibu yang baru melahirkan dan kehilangan banyak darah.

Buah ini termasuk pilihan makanan untuk meningkatkan HB. Ketika kamu memiliki HB rendah, cobalah memakan buah bit dengan rutin. Buah ini mengandung banyak nutrisi seperti kalium, serat, hingga asam folat.

3. Buah semangka

Kalau kamu menginginkan buah yang lebih mudah ditemukan di supermarket dan pasar, kamu bisa mengonsumsi semangka. Buah semangka juga termasuk jenis makanan untuk meningkatkan HB.

Buah semangka memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi. Dengan mengonsumsi buah semangka secara rutin, tubuh juga akan meningkatkan kemampuannya dalam menyerap zat besi.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk meningkatkan HB? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate adalah camilan yang enak dan rasanya mewah. Makanan ini sering dijadikan bahan campuran dari kue-kue yang menarik. Ternyata kamu juga bisa mengonsumsi cokelat hitam ketika sedang mencari makanan untuk meningkatkan HB.

Seperti makanan yang sudah disebutkan sebelumnya, cokelat hitam juga memiliki kandungan zat besi. Nutrisi ini memang sangat penting keberadaannya dalam memproses penambahan kadar HB dalam tubuh. Kamu bisa memperoleh 3,4 miligram zat besi dalam 28 gram cokelat ini.

Baca Juga: 6 Cara Mengobati Darah Rendah yang Bisa Kamu Coba.

5. Buah delima

Jenis buah lain yang tidak kalah menarik untuk menjadi camilanmu adalah buah delima. Buah delima juga dikenal baik manfaatnya untuk meningkatkan kadar HB dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah delima dalam bentuk jus.

Buah ini mengandung serat, karbohidrat, kalsium, hingga zat besi dalam setiap bulirnya. Kombinasi nutrisi di dalam buah delima ini menjadikan buah delima sebagai makanan untuk meningkatkan HB. Konsumsi dengan ruting hingga kamu memastikan tubuhmu memiliki jumlah HB yang cukup di dalamnya.

6. Tahu

Tahu adalah makanan yang dihasilkan dari olahan kedelai. Makanan olahan kedelai seperti tahu dikenal dapat memberikan protein nabati yang diperlukan tubuh. Oleh karena itu, tahu termasuk jenis makanan yang sehat.

Kenyataannya, tahu juga memiliki kandungan nutrisi lain yang mendukung kesehatan tubuh. Termasuk memberikan perannya dalam meningkatkan kadar HB. Di dalam 100 gram tahu, terdapat 2,66 mg zat besi yang baik untuk darah. Selain itu, tahu juga dilengkapi dengan gizi lain seperti magnesium, kalsium, hingga selenium.

7. Makanan laut

Kalau kamu lebih suka makanan berat dibandingkan camilan, kamu bisa mengonsumsi makanan laut. Makanan laut di sini bisa berupa kerang, udang, ataupun ikan tuna.

Makanan laut bisa menjadi makanan untuk meningkatkan HB. Kerang mengandung 3 mg zat besi. Dalam 85 gram ikan tuna, kamu bisa memperoleh 1,4 mg zat besi. Sekali lagi, zat besi yang mendorong peningkatan hemoglobin dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil.

Kalau kamu membutuhkan nutrisi zat besi yang lebih cepat dan praktis, kamu bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti Ferospat Tablet Effervescent. Suplemen dari Pyfa Health ini mengandung zat besi yang akan memenuhi kebutuhanmu. Tapi, tetap imbangi dengan konsumsi makanan yang sehat, ya.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Meningkatkan HB

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *