• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Makanan Penyebab Radang Sendi

Simak 5 Makanan Penyebab Radang Sendi Berikut Ini

Makanan Penyebab Radang Sendi – Nyeri sendi adalah suatu kondisi rasa sakit, peradangan, atau tidak nyaman pada sendi. Nyeri sendi dapat terjadi di seluruh tubuh, seperti leher, bahu, siku, jari, pinggul, dan lutut.

Nyeri sendi bisa ringan ataupun berat. Apabila masih ringan, kamu mungkin hanya merasa nyeri saat melakukan aktivitas tertentu. Namun, apabila sudah berat, kamu akan sulit untuk bergerak akibat sakit atau nyeri yang dirasakan. Biasanya, nyeri sendi dapat terjadi dalam jangka dekat maupun jangka lama.

Berikut beberapa penyebab nyeri sendi adalah:

  • Traumatic synovitis
  • Chondromalacia Patellae
  • Penyakit Osgood-Schlatter
  • Penyakit asam urat
  • Haemarthrosis
  • Psoriasis arthritis
  • Rheumatoid arthritis
  • Sarcoidosis
  • Lupus
  • Skleroderma
  • Dan lain-lain

Selain penyebab di atas, masih ada faktor penyebab nyeri sendi lainnya, yaitu dari makanan. Makanan apa yang dapat menyebabkan nyeri sendi? Silahkan kamu simak sebagai berikut.

Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Ada banyak jenis makanan yang dapat menyebabkan nyeri sendi. Berikut ini adalah lima makanan penyebab radang sendi yang patut kamu waspadai.

1. Tomat

Tomat adalah buah yang memiliki zat antioksidan sebagai anti peradangan dalam tubuh. Tomat dapat menyebabkan kambuhnya nyeri sendi bagi orang yang memiliki gout (asam urat tinggi). Jadi, tomat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita nyeri sendi akibat asam urat yang tinggi. Pada sebuah penelitian dengan jumlah 12.720 responden yang tidak memiliki gout, menemukan bahwa tomat dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah mereka.

2. Produk susu

Untuk kamu yang memiliki riwayat radang sendi, sebaiknya lebih berhati-hati saat memilih produk olahan susu. Memang, produk susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Namun, ada beberapa jenis protein di dalam olahan produk susu yang dapat menjadi penyebab nyeri sendi. Bagi beberapa orang, protein susu dapat mengiritasi bagian sekitar sendi. Kamu dapat mencoba untuk mengganti sumber protein lainnya seperti kacang-kacangan dan produk nabati lain-lainnya. Jangan mengonsumsi produk susu dengan protein hewani.

Tertarik membeli suplemen atau vitamin untuk kesehatan sendi? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Makanan cepat saji dan digoreng

Makanan cepat saji dan makanan yang digoreng dapat menyebabkan nyeri sendi kambuh. Contohnya yaitu seperti ayam goreng, kentang gorengan, dan gorengan yang dijual di pinggir jalan.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam waktu yang lama, minyak yang dipakai untuk menggoreng akan berubah menjadi lemak trans begitu terpapar oleh suhu tinggi. Lemak trans adalah salah satu lemak tidak jenuh dan berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi lemak trans secara berlebihan dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh.

Selain itu, beberapa jenis makanan cepat saji dan digoreng juga dibuat dengan menambahkan banyak garam dan juga pengawet. Apabila mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan peradangan, yaitu nyeri pada persendian.

Baca Juga: Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia?

4. Minuman bersoda

Minuman bersoda bisa meningkatkan risiko nyeri sendi, salah satunya adalah osteoartritis. Osteoartritis adalah radang sendi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan bengkak. Penyakit osteoartritis lebih sering menyerang pria dibandingkan wanita. Oleh karena itu, bagi penderita osteoarthritis tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman bersoda.

Pasalnya, minuman bersoda dibuat dengan tambahan gula dan pengawet yang sangat banyak. Selain akan meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung, mengonsumsi gula secara berlebihan juga dapat menyebabkan pelepasan zat pemicu peradangan, disebut sitokin.

5. Makanan olahan atau kemasan

Makanan penyebab nyeri sendi yang kelima adalah makanan olahan atau kemasan. Makanan yang diolah dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi, misalnya dipanggang, dibakar, atau digoreng dapat menghasilkan sebuah lemak Advanced Glycation End Products (AGEs).

Lemak AGEs dapat merusak protein di dalam tubuh kamu sehingga menyebabkan peradangan atau nyeri sendi. Penelitian juga menunjukkan, untuk mengurangi porsi makanan yang dimasak pada suhu tinggi karena dapat menyebabkan nyeri sendi.

Itulah lima makanan penyebab nyeri sendi. Masih banyak makanan lain yang harus dihindari penderita nyeri sendi yang tidak disebutkan. Jadi, apabila kamu menderita nyeri sendi, kurangi mengonsumsi makanan di atas, ya. Jaga terus kesehatan sendi kamu dengan rajin berolahraga dan rajin mengonsumsi suplemen atau vitamin sendi. Cek rekomendasi produknya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kesehatan Sendi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *