• shopee-bigramadhansale-1920x745
Macam-macam Sendi dan Contohnya

Macam-macam Sendi pada Manusia dan Contohnya

Macam-macam Sendi dan Contohnya – Sendi pada manusia merupakan bagian penting yang cukup jarang dibahas. Tanpa adanya sendi, maka sangat mustahil kita dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Perlu kamu ketahui bahwa di dalam tubuh manusia memiliki beragam struktur yang sangat rumit. Sendi juga merupakan salah satu unsur jaringan yang menarik untuk dibahas.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai macam-macam sendi, sebaiknya kamu pahami dulu pengertian tentang sendi sebagai berikut ini.

Apa Itu Sendi?

Sendi adalah sebuah tempat atau ruang bertemunya antar tulang. Tidak hanya menghubungkan dua tulang saja, sendi juga dapat menyatukan tulang yang lebih banyak lagi. Fungsi sendi juga memiliki peran untuk membuat struktur tulang serta membantu otot untuk dapat menggerakkan tulang tersebut.

Macam-macam Sendi Berdasarkan Sifatnya

Jenis-jenis sendi manusia dapat dibedakan berdasarkan sifat gerakannya. Beberapa macam sendi tersebut bisa kamu simak di bawah ini.

Official Store Pyfa Health

1. Sinartosis

Sinartosis atau sering juga disebut sebagai sendi mati merupakan jaringan sendi yang menghubungkan dua tulang maupun lebih namun tidak dapat digerakan. Oleh sebab itu, sinartosis disebut sebagai sendi mati seperti pada awal kalimat. Contoh sendi mati ada di dalam tulang tengkorak. Nama sendi tersebut adalah sutura dan juga sendi penghubung gigi dengan tengkorak yang dinamakan gomfosis.

2. Amfiartosis

Sendi berikutnya adalah amfiartosis atau sering disebut juga sebagai sendi kaku. Berbeda dengan poin sebelumnya, pada amfiartosis, tulang bisa digerakan namun dengan gerakan terbatas. Contoh amfiartosis ada di dalam ruas-ruas tulang belakang. Pada bagian pinggul juga memiliki sendi kaku yang bernama simifis pubis.

3. Diartosis

Bagian terakhir adalah diartosis atau juga sering disebut sendi gerak. Dari namanya, kita bisa menebak jika jenis sendiri ini bisa menggerakkan tulang lebih bebas dibandingkan dua poin sebelumnya. Sendi gerak ini juga kerap disebut sendi sinovial karena memiliki cairan bernama sinovial. Cairan tersebut menjadi pelumas sendi agar dapat bergerak bebas. Untuk contoh sendi gerak ini sangat banyak contohnya. Mulai dari leher hingga jempol kaki terdapat sendi gerak.

Tertarik membeli suplemen atau vitamin untuk kesehatan sendi? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Macam-macam Sendi Berdasarkan Gerakan

Pada poin sebelumnya, kita sudah membahas jenis sendi berdasarkan sifatnya. Kali ini kita akan lihat seperti apa jenis sendi berdasarkan arah gerakannya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pemaparannya di bawah ini.

1. Pivot atau sendi putar

Jenis sendi pertama yang akan kita bahas adalah pivot atau sendi putar. Sesuai dengan namanya, jenis sendi yang satu ini dapat digerakan dengan cara memutar. Akan tetapi, perputaran sendi pada badan manusia tidak bisa dilakukan sebesar 360 derajat. Jika dipaksakan, maka sendi bisa robek dan tidak dapat berfungsi lagi. Contoh sendi yang jenisnya putar adalah sendi tulang tengkorak dan sendi atlas. Dengan adanya sendi putar ini, kita dapat menengok kanan dan kiri lebih mudah.

2. Plane atau sendi geser

Pada jenis sendi geser, pergerakkan tulang adalah mendatar. Jika dianalogikan, sama dengan kamu membuka sebuah lemari geser. Jenis sendi geser menghubungkan tulang yang memiliki permukaan datar atau bergelombang. Maka dari itu, pergerakannya adalah geser. Contoh bagian tubuh yang menggunakan sendi geser adalah pergelangan tangan dan juga kaki.

3. Saddle atau sendi pelana

Apa kamu pernah melihat pelana? Sendi pelana ini memiliki kemiripan dengan benda tersebut. Gerakan yang bisa dilakukan oleh sendi ini adalah dua arah, yakni ke depan dan belakang saja. Contoh anggota tubuh yang menggunakan sendi pelana adalah tulang pangkal ibu jari dna penghubung pergelangan tangan.

Baca Juga: Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia?

4. Hinge atau sendi engsel

Jenis sendi yang satu ini dapat menggerakkan tulang layaknya sebuah pintu. Artinya, sendi ini hanya bisa dilakukan satu arah saja. Contoh sendi engsel adalah tulang paha, tulang kering, dan juga tulang lutut.

5. Condyloid atau sendi gulung

Jenis sendi ini dapat menggerakkan tulang untuk dapat berotasi pada porosnya. Namun, gerakan yang digunakan masih dalam batasan. Contohnya seperti tulang pada telapak tangan dan juga tulang jari-jari.

6. Ball and socket atau sendi peluru

Jenis sendi yang terakhir adalah sendi peluru atau sendi yang dapat bergerak ke segala arah. Contoh anggota tubuh yang menggunakan sendi peluru adalah gelang bahu, panggul, dan lengan atas.

Nah, itulah macam-macam sendi dan contohnya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Jaga terus kesehatan sendi kamu dengan rajin berolahraga dan rajin mengonsumsi suplemen atau vitamin sendi. Cek rekomendasi produknya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kesehatan Sendi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *