• shopee-bigramadhansale-1920x745
Macam-macam Bentuk Mata

Macam-macam Bentuk Mata yang Normal dan Tidak Normal

Macam-macam Bentuk Mata – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Dengan adanya mata, kita bisa melihat jendela dunia dan mengenal berbagai macam bentuk. Meskipun mata merupakan organ yang penting, namun kita tetap harus merawatnya. Jika tidak, maka bisa jadi ada masalah pada kesehatan mata meskipun terlihat normal.

Pada dasarnya, mata sering dihubungkan dengan dunia kecantikan. Hal tersebut dikarenakan mata sangat memengaruhi cara wanita untuk mengaplikasikan riasan matanya. Namun, mata juga bisa mencerminkan kondisi kesehatan sang pengguna.

Macam-macam Bentuk Mata yang Normal

Ternyata, setiap manusia memiliki bentuk mata yang berbeda-beda. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai hal seperti ras, usia, hingga kondisi yang dialami seperti pernah mengalami operasi. Beberapa jenis mata yang normal adalah sebagai berikut.

1. Mata monolid

Jenis mata yang satu ini bisa terlihat secara langsung. Hal itu bisa dilihat pada kelopak mata yang tidak memiliki lipatan. Dengan begitu, mata terlihat lebih datar.

Official Store Pyfa Health

2. Mata dalam

Untuk jenis mata yang satu ini membuat tulang alis menjadi tampak lebih menonjol. Hal tersebut dikarenakan bola mata terlihat lebih dalam dan juga besar pada bagian tengkorak.

3. Mata menonjol

Dari namanya, kita bisa melihat bahwa mata menonjol hampir mirip dengan mata melotot. Bentuk mata yang satu ini membuat bagian kelopak mata nampak maju keluar area rongga mata. Meskipun begitu, jenis mata yang satu ini masih terbilang normal.

4. Mata almond

Sesuai dengan namanya, jenis mata yang satu ini sangat mirip dengan kacang almond. Bentuk mata satu ini sedikit mengangkat di bagian sudut luar mata.

5. Mata bulat

Nah, jenis mata yang satu ini cukup sering dikatakan banyak orang. Jenis mata bulat memiliki bentuk yang lebih bulat dibandingkan mata almond. Lalu, pada bagian bola mata juga jauh lebih terlihat. Untuk bagian putihnya terlihat lebih jelas.

6. Hooded Eyes

Jenis berikutnya adalah hooded eyes. Sekilas, jenis mata yang satu ini terlihat mirip dengan mata monolid. Akan tetapi, pada kelopak mata hampir tak terlihat dikarenakan tertutupi lapisan kulit.

7. Mata lebar

Sesuai dengan namanya, bentuk mata satu ini memiliki jarak antara kedua mata lebih lebar. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh gen.

8. Mata dekat

Nah, untuk mata yang satu ini sebaliknya dengan mata lebar, yakni jarak antara kedua mata lebih dekat.

Macam-macam Bentuk Mata yang Tidak Normal

Hal yang dimaksud dengan mata tidak normal di sini adalah jenis mata yang mengindikasikan adanya penyakit tertentu. Beberapa bentuk mata yang tidak normal adalah sebagai berikut.

1. Ptosis

Bentuk mata yang satu ini ditandai dengan kulit kelopak mata yang bergelambir. Di dalam dunia medis, bentuk mata yang seperti itu bernama ptosis atau juga disebut dengan blefaroptosis. Jika keadaannya tambah parah, maka kulit kelopak mata tersebut akan terkulai hingga menutupi sebagian bahkan seluruh pupil.

Untuk bisa mengatasi masalah mata ini adalah dengan cara operasi. Nantinya, kelopak mata yang bergelambir akan diambil dengan cara pembedahan. Dengan begitu, bagian pupil tidak akan tertutupi lagi dan mata bisa berangsur normal.

2. Astigmatisme

Jenis mata yang tidak normal selanjutnya adalah astigmatisme. Keadaan mata yang seperti ini adalah cahaya tidak jatuh atau masuk ke bagian retina. Akibatnya, mata mengalami rabun jauh maupun rabun dekat. Untuk bisa mengatasi hal ini perlu dilakukan tes optik. Nantinya, akan ada pilihan seperti menggunakan kacamata, lensa kontak atau jalan operasi.

Demikian berbagai macam bentuk mata yang normal dan tidak normal. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Jaga terus kesehatan mata kamu dengan mengonsumsi berbagai suplemen dan vitamin untuk kesehatan mata berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kesehatan Mata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *