• shopee-bigramadhansale-1920x745
Kelenjar Paratiroid

Apa Itu Kelenjar Paratiroid? Ini Fungsi dan Gangguannya

Kelenjar Paratiroid – Kelenjar paratiroid adalah salah satu jenis yang terdapat dalam setiap tubuh manusia. Kelenjar paratiroid sendiri dapat ditemukan di bagian leher, di dekat kelenjar tiroid.

Kelenjar paratiroid merupakan kelenjar penghasil hormon paratiroid yang memainkan peran penting dalam mengatur kadar kalsium dalam darah. Jika kelenjar ini memiliki gangguan, maka akan berisiko terjadinya berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah gangguan pada kesehatan tulang. Lantas, apa saja fungsi kelenjar paratiroid? Simak berikut ini.

Fungsi Kelenjar Paratiroid

Apa saja fungsi kelenjar paratiroid? Simak berikut ini.

  • Merangsang pembentukan vitamin D di ginjal.
  • Meningkatkan kadar magnesium dalam darah.
  • Mengatur pelepasan kalsium dari tulang ke aliran darah.
  • Mengontrol penyerapan kalsium dari makanan atau minuman di saluran pencernaan.
  • Meningkatkan penyerapan kalsium di ginjal.
  • Mencegah ginjal untuk menghilangkan kalsium melalui urin.
  • Membuat ginjal mengeluarkan fosfat melalui urin.

Kadar kalsium dalam tubuh secara ketat diatur oleh kelenjar paratiroid dan tiroid. Kelenjar paratiroid menghasilkan hormon paratiroid ketika jumlah kalsium di dalam darah berkurang atau terlalu rendah. Jika kadar kalsium naik dan kembali normal, maka produksi hormon paratiroid akan berhenti.

Official Store Pyfa Health

Sebaliknya, ketika kadar kalsium di dalam darah terlalu tinggi, maka kinerja kelenjar paratiroid akan terhambat sementara oleh hormon kalsitonin. Hormon kalsitonin berfungsi untuk mengurangi kadar kalsium yang berlebihan, sehingga kadar kalsium di dalam darah bisa kembali normal. Hormon kalsitonin sendiri dihasilkan oleh kelenjar tiroid.

Ingin membeli suplemen dan vitamin yang mengandung kalsium dan vitamin D? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

Gangguan pada Kelenjar Paratiroid

Selain memiliki fungsi untuk mengatur kadar kalsium dalam darah, kelenjar paratiroid juga bisa saja mengalami gangguan. Bila kelenjar paratiroid tidak berfungsi, maka tubuh akan berpotensi terjadi hal-hal berikut ini.

1. Hiperparatiroidisme

Hiperparatiroidisme adalah salah satu penyakit yang terjadi bila kelenjar paratiroid tidak berfungsi. Hiperparatiroidisme sendiri terjadi ketika tingkat hormon paratiroid dalam darah terlalu tinggi. Akibatnya, tulang bisa menjadi rapuh (osteoporosis) dan pembentukan batu ginjal.

2. Hipoparatiroid

Hipoparatiroid adalah suatu kondisi ketika kelenjar paratiroid kurang aktif dan menghasilkan hormon paratiroid terlalu rendah. Hipoparatiroid sendiri dapat mengakibatkan kadar kalsium dalam darah dan tulang menjadi berkurang.

3. Pseudohipoparatiroidisme

Pseudohipoparatiroidisme adalah sebuah penyakit yang terjadi ketika tubuh tidak dapat merespon atau merasakan kehadiran hormon paratiroid di dalam tubuh. Penderita gangguan ini akan mengalami gejala seperti hipoparatiroid, meskipun kadar hormon paratiroid di dalam tubuh mereka normal.

Itulah beberapa fungsi dan gangguan kelenjar paratiroid. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala kepada dokter untuk mengevaluasi fungsi kelenjar paratiroid. Jika ada gangguan pada kelenjar paratiroid, maka dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan jenis penyakit pada kelenjar tiroid yang kamu alami. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *