• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Kelebihan Vitamin C

Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kelebihan Vitamin C

Kelebihan Vitamin C – Vitamin C memang menjadi salah satu jenis vitamin yang populer untuk dikonsumsi. Bukan tanpa sebab, vitamin C memang memiliki banyak fungsi dan manfaatnya yang memang menakjubkan. Namun, meskipun memberikan banyak manfaat, mengonsumsi vitamin C yang berlebihan sebenarnya bisa menimbulkan bahaya tertentu bagi kesehatan, lho. Tubuh yang kelebihan vitamin C bisa menyebabkan timbulnya risiko kesehatan seperti berikut ini:

Akibat Kelebihan Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C boleh saja, tapi jangan berlebihan. Ketahui selengkapnya jika tubuh kelebihan vitamin C dan risiko yang mungkin terjadi.

1. Diare dan mual

Tubuh yang kelebihan vitamin C akan memberikan efek samping seperti gangguan pencernaan, seperti kondisi diare dan mual. Hal tersebut merupakan kondisi paling umum yang mungkin terjadi bila kamu mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. Selain itu, hal tersebut juga berisiko mengalami gangguan ini, jika mengonsumsi vitamin C di luar batas aturan pakai.

Baca Juga: 8 Jus untuk Badan Lemas, Ini Pilihan Rekomendasinya.

2. Gangguan pencernaan

Kelebihan vitamin C dalam tubuh juga berisiko menyebabkan penyakit asam lambung. Namun, hal ini masih belum dapat dibuktikan secara penuh oleh para ahli. Kadar vitamin C yang tinggi pada tubuh juga berisiko menimbulkan diare dan gangguan pencernaan. Jadi, jika kamu mengalami gangguan pencernaan dan sedang mengonsumsi suplemen vitamin C, kamu bisa mengurangi dosisnya atau menghentikannya sama sekali.

3. Risiko penyakit batu ginjal

Apabila seseorang mengonsumsi vitamin C secara berlebihan, hal ini tidak akan membuat vitamin C menumpuk di dalam tubuh. Pasalnya, kondisi kelebihan vitamin C ini akan dikeluarkan dalam bentuk oksalat, bersama dengan urin. Meski begitu, pada sejumlah kondisi, oksalat dapat terikat dengan mineral untuk membentuk kristal dan berubah menjadi batu ginjal.

Meskipun hal ini terbilang jarang terjadi pada orang yang sehat, risiko gagal ginjal berisiko dialami jika kamu mengonsumsi vitamin C di atas 2.000 mg. Maka, perlu diingat, walau memiliki banyak manfaat, mengonsumsi vitamin C berlebihan tidak disarankan.

Ingin membeli suplemen dan vitamin C untuk kebutuhan harian? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Berisiko menyebabkan zat besi terlalu tinggi

Asupan vitamin C dalam dosis yang cukup dapat berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi non-heme. Perlu diketahui, jenis zat besi ini berasal dari tumbuhan. Orang yang memiliki risiko mengalami penumpukan zat besi di tubuhnya atau hemochromatosis, suplemen zat besi tidak disarankan untuk dikonsumsi. Karena, kelebihan mineral ini dapat memicu masalah pada jantung, pankreas, kelenjar tiroid, hati, dan sistem saraf pusat.

5. Memicu ketidakseimbangan nutrisi

Kelebihan vitamin C pada tubuh juga dapat berisiko memicu terhambatnya penyerapan nutrisi tertentu, termasuk vitamin B12 (kobalamin) serta mineral tembaga. Pada sebuah penelitian, kelebihan vitamin C meningkatkan risiko kondisi osteofit. Risiko osteofit ini dapat terjadi ketika adanya penonjolan tulang yang muncul pada tepi tulang dan biasanya pada sendi. Penonjolan tulang ini terkadang memicu rasa nyeri.

Baca Juga: Siapa Sangka, Jeruk Nipis Mengandung Banyak Vitamin C dan Kandungan Penting Lainnya, Lho!

Untuk menghindari terjadi nya overdosis vitamin C, maka konsumsilah vitamin C sesuai rekomendasi dan kebutuhan. Kamu dapat juga berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli gizi maupun dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat untuk kondisi kesehatanmu.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin C

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *