• shopee-bigramadhansale-1920x745
Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut

Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut

Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut – Rakitis adalah penyakit yang membuat terjadinya pelunakan tulang pada anak-anak karena kurangnya metabolisme, vitamin B, magnesium, fosfor, dan kalsium, sehingga berpotensi menyebabkan tulang mudah patah dan bisa mengalami kelainan bentuk tulang.

Vitamin D memainkan peran penting dalam kesehatan tulang karena vitamin D membantu proses penyerapan kalsium dalam makanan. Kekurangan vitamin D selalu dikaitkan dengan gangguan rakitis, osteoporosis, dan juga osteomalasia.

Rasa nyeri pada tulang dan otot, bisa menjadi tanda atau gejala tubuh kekurangan vitamin D. Khususnya, bagi kamu yang tidak suka mengonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin D seperti ikan, kuning telur, keju, susu dan hati sapi. Bagi para penganut gaya hidup vegetarian, tentu memiliki risiko dan rentan mengalami kekurangan vitamin D. Untuk itu, mereka harus rutin mengontrol dengan baik asupan vitamin D dalam tubuh mereka dengan mengonsumsi sumber makanan alternatif vitamin D non-hewani.

Tidak hanya dari makanan saja, kamu pun bisa mendapatkan sumber vitamin D alternatif dari paparan sinar matahari. Oleh karena itu, jarang terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan tubuh mengalami kekurangan vitamin D.

Official Store Pyfa Health

Cara paling akurat untuk mengetahui berapa banyak tingkat vitamin D dalam tubuh kamu adalah dengan melakukan tes darah 25-dihidroksi vitamin D. Jika hasil tes menunjukkan hasil antara 20-50 nanogram / mililiter maka bisa dikatakan asupan vitamin D dalam tubuh kamu sudah tercukupi. Namun, jika hasil tesnya di bawah 12 nanogram / mililiter, maka itu pertanda jika kamu kekurangan vitamin D.

Beberapa Penyakit yang Diakibatkan Karena Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai penyakit, di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan rakitis

Rakitis adalah penyakit dimana tulang mengalami pelunakan. Penyakit ini terjadi pada anak-anak. Gangguan ini disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin D, terjadinya gangguan metabolisme, kurangnya magnesium, fosfor, dan juga kalsium. Hal itu pun akhirnya membuat tubuh mudah mengalami patah tulang dan mengalami kelainan bentuk tulang. Gejala-gejala yang disebabkan gangguan ini diantaranya pembengkokan pada tungkai, nyeri tulang, postur tubuh pendek hingga gangguan pernapasan.

2. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan osteomalasia

Osteomalasia adalah istilah yang menggambarkan kondisi yang sama seperti Rickets, namun kondisi ini terjadi pada orang dewasa. Osteomalasia adalah kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh sehingga mudah mengalami patah tulang. Hal ini umumnya disebabkan karena kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh.

3. Kekurangan vitamin D menyebabkan osteoporosis

Asupan kalsium dan vitamin D tentu sangatlah penting untuk membentuk pertumbuhan massa tulang yang optimal saat usia muda. Selain itu, kalsium juga penting bagi wanita untuk mencegah terjadinya osteoporosis di saat menopause nanti. Untuk itu, penting bagi tubuh menjaga asupan kalsium sejak dini. Mengingat, kalsium adalah mineral penting untuk pembentukan tulang, sedangkan vitamin D penting untuk membantu proses penyerapan kalsium di tulang.

Ingin membeli suplemen atau vitamin harian untuk kesehatan tulang? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Kekurangan Vitamin D Dapat Memicu Penyakit Lain

Selain memengaruhi tulang, kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh juga bisa menyebabkan gejala dan penyakit lainnya seperti risiko penyakit jantung, gangguan pembuluh darah, gangguan kemampuan kognitif pada lansia, asma pada anak-anak dan risiko kanker.

Singkatnya, kekurangan fosfor, kalsium dan vitamin D bisa mengakibatkan kamu terkena beberapa penyakit dan gangguan tulang. Untuk itu, penting bagi kamu menjaga asupan vitamin D, fosfor, dan kalsium dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang kaya akan vitamin D, serta mendapat paparan sinar matahari yang cukup.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *