• shopee-bigramadhansale-1920x745
Kegunaan Vitamin B Complex

Ketahui Kegunaan Vitamin B Complex Berdasarkan Jenisnya Berikut Ini

Kegunaan Vitamin B Complex – Kegunaan vitamin B complex sangatlah penting bagi tubuh. Vitamin B complex merupakan satu kelompok vitamin B yang berperan penting dalam memperbaiki stamina tubuh, dan juga sangat berkaitan dengan proses menghasilkan energi di dalam tubuh manusia. Vitamin B Complex sendiri terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12.

Jenis dan Kegunaan Vitamin B Complex

Vitamin B complex merupakan jenis vitamin yang larut dalam air, sehingga kemantapan zat gizi bahan pangan vitamin ini mudah rusak dan mudah hilang dalam proses pengolahan, padahal salah satu fungsi yang paling penting dari vitamin B complex adalah penggunaannya dalam proses metabolisme tubuh. Berikut ini adalah jenis dan kegunaan vitamin B complex yang penting untuk diketahui.

1. Vitamin B1

Vitamin B1 atau yang disebut dengan Thiamin diperlukan untuk menghasilkan energi. Makanan yang merupakan sumber vitamin B1 adalah serealia, seperti beras dan gandum, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, daging unggas, ikan, dan kuning telur.

Kekurangan vitamin B1 bisa mengakibatkan kondisi polyneuritis, yang disebabkan oleh terganggunya transmisi saraf akibat kekurangan energi. Gejala kekurangan vitamin B1 adalah hilangnya nafsu makan, terjadi gangguan pencernaan, sampai menurunnya berat badan secara drastis.

Official Store Pyfa Health

2. Vitamin B2

Vitamin B2 disebut juga dengan Riboflavin yang berfungsi sebagai komponen koenzim Flavin Adenin Dinukleotida (FAD) dan Flavin Mononukeotida (FMN), yang berperan untuk mencegah penyumbatan darah, pembentukan energi, dan memecah makanan menjadi zat gizi.

Riboflavin sendiri terdapat dalam berbagai sumber bahan makanan baik hewani maupun nabati, misalnya saja di dalam susu, keju, daging dan sayuran berwarna hijau. Kekurangan riboflavin bisa mengakibatkan anemia, bibir pecah-pecah, dan kulit kering.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 disebut dengan Niasin (Asam Nikotinat) berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin B3 bisa didapatkan dari daging ayam, ikan, hati, dan kacang tanah. Kekurangan niasin bisa mengakibatkan sakit tenggorokan, lidah juga mulut, serta terjadi dermatitis yang sangat khas yaitu simetrik terutama pada bagian badan yang tidak tertutup seperti tangan, kaki, dan leher.

4. Vitamin B5

Vitamin B5 atau Asam Pantotenat berperan utama asam pantotenat sebagai koenzim A yang diperlukan dalam berbagai reaksi metabolisme sel.

Asam pantotenat sendiri terdapat di dalam hati, kuning telur, khamir, daging, ikan, unggas, serealia utuh, dan kacang-kacangan. Kekurangan asam pantotenat menyebabkan rasa tidak enak pada saluran cerna, kesemutan dan rasa panas pada kaki, muntah, dan diare.

5. Vitamin B6

Vitamin B6 terdapat di alam dalam tiga bentuk, yakni Piridoksin, Piridoksal, dan Piridoksamin, yang berperan untuk membantu metabolisme asam amino dan asam lemak, serta membantu pertumbuhan dan membantu pembentukan sel darah merah.

Sumber vitamin B6 adalah kecambah, gandum, hati, kacang-kacangan, kentang, dan juga pisang. Kekurangan vitamin B6 bisa menimbulkan gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguan metabolisme protein, seperti mudah lelah, badan lemas, dan gangguan tidur.

6. Vitamin B9

Vitamin B9 yang disebut juga dengan Asam Folat merupakan unsur yang penting bagi perkembangan sel-sel darah merah. Folat terdapat di dalam sayuran hijau, hati, daging tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk. Kekurangan folat bisa menghambat pertumbuhan, menyebabkan anemia, dan gangguan saluran cerna.

7. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah unsur penting untuk perkembangan sel-sel darah merah yang normal, dan menjadi faktor anti-anemia. Sumber vitamin B12 bisa kita dapatkan dari hati, daging, ikan, unggas, kerang, susu, dan juga telur. Salah satu gejala kekurangan vitamin B12 adalah anemia karena kekurangan folat.

Itulah jenis dan kegunaan vitamin B complex. Penuhi terus kebutuhan vitamin yang satu ini, misalnya saja dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin B atau suplemen tambahan dari Pyfa Health. Semoga bermanfaat, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin B Complex

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *