• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Kebutuhan Vitamin D Per Hari

Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari untuk Penderita Covid-19?

Kebutuhan Vitamin D Per Hari – Di tengah kasus jumlah orang yang terinfeksi virus Covid-19 semakin banyak, menjaga kebersihan diri dan juga memperkuat sistem imun tubuh adalah kunci utama agar tubuh tetap sehat. Salah satu vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga imunitas tubuh adalah vitamin D. Jenis vitamin satu ini bersifat larut dalam lemak. Dengan begitu, manfaatnya sangat besar untuk melawan peradangan di dalam tubuh.

Meskipun begitu, bukan berarti kita harus mengonsumsi vitamin D secara berlebihan. Justru ketika kita mengonsumsinya terlalu berlebihan, maka akan memberikan efek buruk pada tubuh. Oleh karena itu, kita harus tahu berapa kebutuhan vitamin D per harinya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari?

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki kebutuhan vitamin D yang berbeda-beda. Hal ini didasarkan pada usia dan juga kondisi. Berdasarkan Ahli Gizi Indonesia, kebutuhan vitamin D setiap orang adalah sebagai berikut.

  • Untuk anak-anak hingga remaja: 15 mcg per hari dan 600 IU per hari.
  • Untuk dewasa hingga 71 tahun : 15 mcg per hari dan 600 IU per hari.
  • Untuk dewasa lebih dari 71 tahun: 15 mcg per hari dan 800 IU per hari.
  • Ibu hamil : 15 mcg per hari dan 600 IU per hari.
  • Ibu menyusui: 15 mcg per hari dan 600 IU per hari.

Dari rincian tersebut, kita bisa melihat bahwa jumlah rata-rata dari anak-anak hingga dewasa sampai 71 tahun (termasuk ibu hamil dan menyusui) membutuhkan vitamin D sekitar 15 mcg dan 600 IU per hari. Jumlah tersebut tidak boleh lebih dan juga tidak boleh kurang.

Baca Juga: Simak 4 Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun dan daya tahan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Bundle-Damuvit-C-1000-D3-400-Tablet

Vitamin D untuk Penderita dan Penyintai Covid-19

Untuk penderita maupun yang sudah sembuh dari Covid-19 tentunya harus mendapatkan suplemen tambahan agar dapat sembuh total. Setiap penderita maupun penyintai Covid-19 harus memerhatikan asupan gizi ditambah dengan suplemen vitamin. Hal tersebut bertujuan agar dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Nah, untuk asupan vitamin pada orang-orang yang mengidap Covid-19 biasanya jenis vitamin C dan D. Vitamin C sudah lama dipercaya sebagai sumber untuk menambah sistem kekebalan tubuh. Sedangkan untuk vitamin D sendiri, tidak hanya untuk imunitas saja, tetapi juga untuk mengurangi risiko dalam masalah pernafasan. Untuk mengetahui jumlah vitamin D yang pas penderita maupun penyintai Covid-19, berikut ulasan selengkapnya.

1. Penderita tanpa gejala dan gejala ringan

Bagian pertama adalah untuk penderita Covid-19 yang tidak memiliki gejala (OTG) dan penderita yang terkena gejala ringan. Jumlah vitamin C yang harus dikonsumsi adalah sebagai berikut.

  • Tablet vitamin C non-acidic 500 miligram per 6 hingga 8 jam secara oral selama 14 hari.
  • Tablet hisap vitamin C dengan kadar 500 miligram per 12 jam selama 30 hari.
  • Multivitamin yang mengandung vitamin C sebanyak 1 hingga 2 kali per hari selama sebulan.

Sedangkan untuk vitamin D yang harus dikonsumsi adalah sebagai berikut.

  • Suplemen yang mengandung vitamin D sebanyak 400 IU hingga 1000 IU per hari dalam bentuk apapun.
  • Obat yang mengandung vitamin D sebanyak 1000 hingga 5000 IU yang biasanya dalam bentuk tablet.

2. Penderita dengan gejala sedang dan berat

Untuk para penderita Covid-19 yang mengalami gejala sedang dan berat sudah tidak bisa diberikan dalam bentuk suplemen lagi, namun melalui suntikan intravena yang biasa dilakukan di rumah sakit. Seseorang yang sudah mengalami gejala yang berat harus dirawat secara insentif.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis-jenis Masker Terbaik untuk Melawan Virus Corona.

Demikian penjelasan mengenai berapa kebutuhan vitamin D per hari untuk penderita Covid-19. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan selalu jaga kesehatan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun dan Daya Tahan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *