• shopee-bigramadhansale-1920x745
Kandungan Vitamin C dan Mineral dalam Buah Brokoli Dapat Mencegah Penyakit

Kandungan Vitamin C dan Mineral dalam Buah Brokoli Dapat Mencegah Penyakit Apa?

Kandungan Vitamin C dan Mineral dalam Buah Brokoli Dapat Mencegah Penyakit – Sayuran berwarna hijau pekat dan berbentuk seperti bunga, brokoli, memang menjadi sayuran yang mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Bahkan, tidak tanggung-tanggung, mengonsumsi brokoli bermanfaat mencegah penyakit seperti osteoporosis hingga kanker, lho.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat brokoli dan kandungan vitamin C serta mineral lainnya, yuk simak penjelasan lengkapnya pada penjelasan berikut ini. Kandungan vitamin C dan mineral dalam buah brokoli dapat mencegah penyakit apa saja?

Kandungan Vitamin C dan Mineral dalam Buah Brokoli Dapat Mencegah Penyakit Apa?

Kandungan vitamin C dan mineral dalam buah brokoli dapat mencegah penyakit apa saja? Simak jawabannya berikut ini.

1. Mencegah penyakit tulang

Kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi dalam brokoli sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit tulang dan menjaga kesehatan tulang. Kedua jenis mineral ini penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Tak hanya kandungan kalsiumnya, brokoli juga penuh dengan nutrisi lain, seperti magnesium, seng, dan fosfor. Mengingat banyaknya asupan nutrisi dalam brokoli, sayuran satu ini sangat cocok untuk anak-anak, lanjut usia, dan ibu menyusui.

Official Store Pyfa Health

2. Mencegah kanker

Mengonsumsi sayur brokoli secara rutin diketahui dapat melawan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat ini sama dengan sayuran jenis cruciferous lainnya, seperti kembang kol dan kubis. Kandungan dalam sayur brokoli ini dapat menghilangkan estrogen berlebih yang biasanya menyebabkan kanker di dalam tubuh. Pada sebuah studi menunjukkan bahwa brokoli sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan rahim.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk kebutuhan harian? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Sebagai antioksidan

Manfaat kandungan vitamin C dan mineral dalam brokoli juga mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh dalam berbagai cara. Tidak heran, karena brokoli memang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Tak hanya itu saja, brokoli juga mengandung flavonoid yang membantu mendaur ulang vitamin C secara efisien. Brokoli pun diperkaya dengan karotenoid lutein, zeaxanthin, beta-karoten, dan antioksidan lainnya.

4. Membantu proses detoksifikasi

Kandungan serat alami yang kaya dalam brokoli juga dapat membantu menyingkirkan racun melalui saluran pencernaan. Tak hanya itu saja, brokoli juga mengandung antioksidan yang membantu dalam detoksifikasi keseluruhan tubuh.

Kandungan Brokami termasuk fitonutrien khusus yang membantu proses detoksifikasi tubuh. Artinya, tubuh mendapatkan cairan kontaminan yang tidak diinginkan. Brokoli juga mengandung isothiocyanate yang membantu proses detoksifikasi pada tingkat genetik.

5. Mengurangi reaksi alergi

Pada sejumlah studi menunjukkan bahwa kemampuan kaempfenol untuk mengurangi dampak zat yang berhubungan dengan alergi pada tubuh. Lebih jauh lagi, brokoli juga memiliki asam lemak omega 3 yang signifikan, yang dikenal sebagai antiinflamasi.

Tak hanya itu, sayuran hijau ini juga dapat membantu orang yang menderita radang sendi karena kandungan sulforaphane, zat kimia yang menghalangi enzim yang dapat menyebabkan kerusakan sendi, sehingga mengakibatkan peradangan.

Nutrisi yang Terkandung dalam Brokoli

Ada banyak kandungan nutrisi yang bisa didapat tubuh dari mengonsumsi sayuran seperti brokoli. Kandungan nilainya yang tinggi dianggap cukup untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi harian tubuh. Berikut ini beberapa kandungan penting yang ada dalam sayuran brokoli.

1. Vitamin

Brokoli mengandung berbagai macam vitamin, mulai dari vitamin A, B1, B3, B5, B5, B6, D, E, dan K. Kadar vitamin A dan K dalam sayuran ini terbilang tinggi, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang ingin memenuhi asupan vitamin A dan K harian.

2. Mineral

Berbagai macam mineral yang ada di brokoli terbilang cukup beragam, contohnya seperti fosfor, kromium, mangan, kalium, tembaga, magnesium, seng, kalsium, selenium, dan zat besi.

3. Makronutrien

Brokoli juga memiliki berbagai kandungan makronutrien seperti karbohidrat, protein, serat, dan lemak omega 3. Tak hanya itu, kandungan air pada sayuran hijau ini juga terbilang cukup tinggi.

4. Nutrisi lain

Ada berbagai macam nutrisi yang bisa didapatkan tubuh dari brokoli, seperti beta-karoten, belerang, antioksidan, dan fitonutrien.

Manfaat Brokoli yang Baik untuk Kesehatan

Dari berbagai kandungan nutrisi penting tersebut, tentu brokoli memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Menjaga kulit tetap sehat

Berbagai vitamin yang ada pada sayuran hijau salah satunya bisa membuat dan menjaga kesehatan kulit. Brokoli juga mengandung antioksidan yang tinggi yang bisa melawan kerusakan sel-sel kulit karena polusi dan paparan sinar matahari saat berada di ruang terbuka.

Selain itu, brokoli pun mampu meningkatkan tekstur elastisitas kulit dan mengencangkannya secara optimal. Mengonsumsi brokoli yang cukup juga dapat membuat kamu tampil lebih segar dan awet muda.

2. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sebagai pemompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh melalui peredaran darah. Dalam kandungan brokoli juga terdapat senyawa yang bernama sulforaphane atau antiinflamasi. Senyawa ini berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan mengatur tekanan darah.

Kandungan tersebut juga berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi penyebab saluran darah tersumbat. Jadi, secara tidak langsung, rajin mengonsumsi brokoli secara teratur dapat melancarkan aliran darah dan memelihara kesehatan jantung.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kebanyakan sayuran hijau memang baik dikonsumsi untuk menyehatkan pencernaan. Sayuran seperti brokoli juga memiliki kandungan serat yang tinggi, di mana kandungan ini bermanfaat untuk merangsang pergerakan usus sehingga proses pencernaan dan buang air besar lebih lancar. Efeknya, gangguan dan penyakit pencernaan seperti sembelit bisa dihindari. Kandungan lainnya seperti serat juga bermanfaat untuk mencegah mengendapnya lemak jahat pada dinding pembuluh darah.

4. Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi

Brokoli memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K yang sangat tinggi. Peran kandungan tersebut tidak lain untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos. Tidak hanya tulang, kepadatan gigi juga akan terjaga karena kandungan tersebut.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brokoli mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kedua kandungan ini diyakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh terjaga, maka tubuh akan lebih mudah dalam menangkal serangan virus dan penyakit.

6. Mencegah anemia

Zat besi pada brokoli bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia. Mengonsumsi brokoli untuk sarapan dan makan siang secara rutin bisa membuat tubuh terasa lebih segar. Kandungan tembaga juga berperan untuk membantu zat besi bisa memproduksi lebih banyak sel darah merah dalam tubuh, sehingga risiko terjadinya anemia juga semakin kecil.

Setelah mengetahui ragam manfaat dari kandungan vitamin dan mineral dalam brokoli, maka kamu tidak perlu ragu lagi untuk rutin menjadikan sayuran satu ini menjadi bagian dari menu harianmu. Brokoli juga merupakan jenis sayuran yang terbilang mudah untuk diolah. Kamu bisa menyajikan brokoli dalam bentuk masakan pendamping lauk utama ataupun mengonsumsinya secara segar sebagai campuran green juice ataupun smoothies.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kebutuhan Harian

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *