• shopee-bigramadhansale-1920x745
Kadar Kolesterol Normal Wanita

Berapa Kadar Kolesterol Normal pada Wanita?

Kadar Kolesterol Normal Wanita – Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang cukup menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Khususnya untuk para lanjut usia, penyakit kolesterol tinggi sering dianggap “penyakit langganan” yang pasti akan mereka terima. Jika dilihat dari sisi faktanya, pengidap kolesterol tinggi lebih rentan pada wanita dibandingkan pria.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui berapa kadar kolesterol yang normal pada wanita. Sebelum membahas lebih lanjut, kita harus tahu dulu apa itu kolesterol dan apa manfaatnya sebagai berikut.

Pengertian Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol sering disebut juga lemak darah adalah salah satu jaringan lemak di dalam tubuh yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Meskipun begitu, kolesterol juga bisa didapatkan dari sumber makanan hewani seperti daging dan susu.

Pada dasarnya, kolesterol sangat bermanfaat pada tubuh karena membantu dalam pembentukan sel-sel sehat, memproduksi hormon tubuh, dan juga membantu menghasilkan vitamin D. Sayangnya, karena kadarnya yang berlebihan, kolesterol justru bisa memberikan efek buruk pada tubuh.

Official Store Pyfa Health

Jenis-jenis Kolesterol

Kolesterol dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah LDL yang merupakan singkatan dari Low Density Lipoprotein dan kedua adalah HDL atau High Density Lipoprotein. LDL sering dikaitkan dengan kolesterol jahat sedangkan HDL sebaliknya, yakni kolesterol baik.

Alasan LDL kolesterol sering dianggap jahat adalah jenis satu ini bisa membentuk plak lemak sehingga dapat menyumbat pembuluh darah. Akibat dari penyumbatan lemak seperti di pembuluh darah jantung, maka terjadilah serangan jantung. Begitu juga ketika terjadi penyumbatan pembuluh darah di sekitar otak, maka terjadilah penyakit stroke.

Sementara itu, jenis HDL kolesterol dianggap baik karena tugasnya adalah dapat membersihkan kumpulan plak lemak di sekitar pembuluh darah yang nantinya akan dikeluarkan dari tubuh. Ketika jenis LDL tinggi, maka tubuh dalam keadaan berbahaya. Sebaliknya, saat jenis HDL tinggi, maka kesehatan tubuh bisa meningkat.

Selain kedua jenis kolesterol tadi, sebenarnya ada juga satu jenis lemak yang juga dapat memberikan efek buruk pada kesehatan, yakni trigliserida. Jenis lemak satu ini didapatkan dari makanan berlemak yang kamu santap. Ketiga jenis lemak ini sangat berpengaruh pada kadar kolesterol di tubuhmu.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Kolesterol, Apa Saja?

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kolesterol? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Kadar Kolesterol Normal Wanita

Secara umum, baik untuk wanita maupun pria kadar kolesterol secara total (LDL dan HDL) harus di bawah 200 mg/dl. Dengan begitu, kadar LDL dan juga HDL tidak boleh sama dengan atau melebihi angkat tadi.

Bagian yang harus diperhatikan adalah kadar LDL. Sebisa mungkin, angkanya harus ada di bawah 100 mg/dl untuk masuk ke kategori kolesterol normal. Meskipun begitu, hal ini sangat bergantung pada riwayat penyakit jika punya. Misalnya saja kamu memiliki risiko penyakit jantung, maka kadar LDL harus dibawah 70 mg/dl. Apabila angkanya justru ada di sekitar 130 mg/dl, maka kamu harus segera periksakan ke dokter bahkan ubah pola makan.

Untuk jenis HDL, sangat dianjurkan untuk berada di angka yang tinggi. Sebab jenis kolesterol HDL baik untuk tubuh. Khusus pada wanita, kadar HDL umumnya lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Hal tersebut bisa terjadi karena pengaruh hormon estrogen. Keberadaan hormon tersebut dapat melindungi wanita dari kolesterol tinggi.

Meskipun begitu, ketika masuk ke dalam masa menopause dan kondisi tubuh kehilangan estrogen, maka kadar HDL bisa dikalahkan oleh LDL. Oleh sebab itu, kadar kolesterol yang buruk lebih sering terjadi pada usia lanjut. Untuk kadar HDL normal, minimal ada di angka 40 mg/dl atau lebih. Di bawah itu, kadar HDL berkurang dan kamu harus konsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung.

Itulah beberapa poin tentang berapa kadar kolesterol normal wanita dan penjelasan singkat mengenai apa itu kolesterol serta apa saja jenis-jenis kolesterol. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Jaga terus kadar kolesterol normal kamu dengan rajin mengonsumsi makanan-makanan sehat atau suplemen untuk menjaga kadar kolesterol berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kolesterol

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *