• shopee-bigramadhansale-1920x745
Jenis Vaksin Covid

Yuk, Kenali Perbedaan Jenis Vaksin Covid yang Ada di Indonesia

Jenis Vaksin Covid – Jenis vaksin Covid yang digunakan di Indonesia ada bermacam-macam. Masing-masing diproduksi oleh perusahaan farmasi yang berbeda dan memiliki karakteristik masing-masing.

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Indonesia telah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ Menkes/12758/2020 yang menetapkan vaksin Corona yang beredar di Indonesia.

Jenis vaksin Covid yang digunakan di Indonesia antara lain vaksin yang diproduksi PT Bio Farma, Oxford-AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Novavax, Pfizer-BioNTech, dan Sinovac.

Jenis Vaksin Covid yang Ada di Indonesia

Vaksin merupakan produk biologi yang diberikan kepada seseorang untuk melindunginya dari penyakit yang melemahkan, bahkan mengancam jiwa, seperti halnya penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus Covid-19.

Official Store Pyfa Health

Vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan terhadap penyakit tertentu pada tubuh seseorang, sehingga pada saat terinfeksi virus yang asli, tubuh bisa mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit tersebut, kemudian mengenali dan tahu cara melawannya.

Mengingat obat definitif untuk mengobati penyakit karena virus Corona belum ditemukan, vaksinasi adalah langkah yang dinilai cukup efektif untuk bisa memutus persebaran virus Corona yang telah mengakibatkan pandemi di seluruh dunia.

Tak hanya bisa memutus rantai persebaran virus. Dalam jangka panjang, vaksin juga bisa mengeliminasi keberadaan virus penyebab penyakit. Hal ini sudah terbukti pada vaksin cacar, polio, dan juga tetanus.

Jenis vaksin Covid di Indonesia seperti yang telah tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan yang telah disebutkan di atas adalah sebagai berikut.

1. Vaksin Covid Oxford-AstraZeneca

Vaksin ini merupakan vaksin rekombinan yang menggunakan sebagian kecil materi genetik dari patogen, dalam hal ini adalah virus Covid-19 untuk bisa memicu respon imun dari tubuh.

Vaksin Oxford-AstraZeneca ini membutuhkan suntikan penguat dan umumnya aman digunakan, bahkan untuk yang memiliki masalah kesehatan dan autoimun.

2. Vaksin Sinopharm

Vaksin Sinopharm memanfaatkan inactivated vaccine atau virus Covid yang telah dilemahkan dan menjadi vaksin pertama yang aman dan menghasilkan imunogenisitas yang memuaskan.

Vaksin Sinopharm membuat sistem kekebalan tubuh mampu merespon infeksi virus Covid dan menghasilkan antibodi yang dapat mencegah masuknya virus ke dalam sel.

3. Vaksin Moderna

Vaksin Moderna menggunakan mRNA (messenger RNA) yang akan memberikan petunjuk pada sel untuk membuat bagian protein S yang tidak berbahaya. Protein S adalah struktur spike pada virus Corona.

Setelah vaksin masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan akan mengenali bahwa protein tidak termasuk di sana dan bisa membangun respon kekebalan dan membuat antibodi. Vaksin ini ditujukan bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan membutuhkan dua suntikan yang berselang selama 28 hari.

4. Vaksin Covid Pfizer-BioNTech

Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech berbasis teknologi messenger RNA (mRNA) yang menggunakan gen sintetis yang lebih mudah diproduksi.

Virus yang tidak aktif ini tidak menyebabkan sakit tetapi mengajari sistem imun untuk memberikan respon perlawanan. Jenis vaksin Covid ini menggunakan kode genetik dari virus, sehingga tubuh bisa memproduksi protein yang merangsang respon imun. Jenis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech direkomendasikan bagi orang yang berusia 16 tahun ke atas.

5. Vaksin Sinovac

Sinovac bekerja untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk dapat melawan virus Corona. Vaksin ini dibuat dengan metode virus yang telah dimatikan (inactivated virus). Melalui cara ini, tubuh bisa mengenali virus Covid tanpa risiko kesehatan yang serius.

6. Vaksin Novavax

Vaksin Novavax menggunakan spike protein yang mirip protein spike alami dalam virus Corona. Novavax bekerja dengan memasukkan protein yang memicu respon antibodi yang bisa menghalangi kemampuan virus Corona untuk mengikat sel dan mencegah infeksi selanjutnya.

7. Vaksin PT Bio Farma

PT Bio Farma asal Indonesia telah menerima sertifikat yang menyatakan fasilitas produksinya layak untuk bisa memproduksi vaksin Covid-19, dan juga menerapkan sistem distribusi digital yang terintegrasi untuk memastikan jaminan kualitas vaksin yang akan diedarkan.

Itulah jenis-jenis vaksin Covid yang ada di Indonesia. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *