• shopee-bigramadhansale-1920x745
Jelaskan Fungsi Ginjal

Inilah Penjelasan Fungsi Ginjal yang Penting untuk Tubuh Manusia

Jelaskan Fungsi Ginjal – Salah satu organ tubuh yang sering diremehkan adalah ginjal. Tidak seperti organ jantung dan lambung yang begitu mudah terlihat jika mengalami masalah, ginjal memiliki jangka panjang saat mengalami kerusakan. Meskipun saat ini kita tidak merasakan apapun, akan tetapi suatu saat ginjal bisa rusak jika tidak dipelihara sejak awal.

Mengenal Organ Ginjal

Ginjal sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang letaknya ada di bawah tulang rusuk pada bagian belakang. Ginjal memiliki dua bagian yang mirip dengan paru-paru. Ukurannya sendiri ada di kisaran 10 hingga 12 cm. Jika kita analogikan, ukurannya sama dengan kepalan tangan.

Di dalam organ ginjal ini terdapat satu juta nefron. Hal itu terdiri dari saringan darah yang ukurannya sangat kecil. Dengan ukuran organ yang cukup kecil, ginjal memiliki peranan penting untuk kesehatan manusia.

Jelaskan Fungsi Ginjal

Pada dasarnya, ginjal selalu menyaring darah hingga 200 liter setiap harinya. Selain untuk menyaring darah, ginjal memiliki beberapa fungsi yang sangat penting untuk tubuh manusia. Hal tersebut bisa kamu lihat di bawah ini.

Official Store Pyfa Health

1. Menyaring darah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ginjal memiliki peran untuk menyaring darah manusia. Pada saat ginjal menyaring darah, maka elektrolit dan juga berbagai protein juga ikut tersaring dan juga diserap kembali. Lalu, untuk zat sisa atau bisa kita katakan sebuah limbah dan juga beberapa kelebihan cairan nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

Urine tadi nantinya akan dialirkan melalui ureter. Setelah itu, akan dibawa ke bagian kandung kemih dan akan dibuang menjadi air seni. Jika fungsi ginjal mengalami masalah, nantinya protein berlebihan akan dibuang melalui urine. Untuk kasus ini harus diperiksakan pada dokter.

2. Membuang limbah yang ada di dalam tubuh

Fungsi lainnya dari ginjal adalah menyaring dan juga membuang limbah di dalam tubuh kita. Contoh limbah yang akan dibuang adalah racun, garam berlebihan, hingga urea. Urea sendiri merupakan sebuah limbah yang mengandung nitrogen dari hasil metabolisme protein.

Urea terbentuk dalam tubuh yang diangkut melalui darah lalu ke ginjal. Nantinya, urea ini akan dibuang melalui urine maupun feses. Jika tidak ada ginjal, maka berbagai limbah dan racun akan selalu menumpuk di dalam tubuh.

3. Memantau dan juga mengendalikan keseimbangan air

Kesembangan air di dalam tubuh juga diatur oleh ginjal ini. Ginjal akan bereaksi terhadap perubahan kadar air di dalam tubuh. Pada saat asupan air di dalam tubuh berkurang atau dehidrasi, maka ginjal akan menahan air sehingga tidak banyak yang terbuang.

4. Dapat mengatur asam-basa darah

Jika kandungan asam-basa atau pH darah semakin rendah,maka darah bisa menjadi semakin asam atau juga dikenal sebagai asidosis. Hal itu juga sebaliknya jika pH semakin tinggi, maka darah semakin basa atau sering juga disebut alkalosis. Untuk PH darah yang normal memiliki rentang yang cukup sempit, yakni ada di kisaran 7,35 hingga 7,45.

Pada dasarnya, keseimbangan pH darah itu sangat penting. Dengan begitu, proses metabolisme sel pada tubuh bisa berjalan lebih baik. Disinilah peran ginjal adalah membuat pH tetap normal.

5. Dapat mengatur sel darah merah

Saat tubuh kita mendapatkan banyak oksigen, maka ginjal akan mengeluarkan hormon eritropoietin. Hormon ini dapat merangsang produksi pada sel darah merah untuk membawa oksigen. Ketika kadar oksigen atau sel darah merah sudah kembali normal, maka hormon ini akan berhenti diproduksi dengan sendirinya.

Demikian beberapa fungsi ginjal yang sangat penting untuk tubuh manusia. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat. Jaga terus kesehatan ginjal kamu dengan mengonsumsi berbagai suplemen dan vitamin untuk kesehatan ginjal berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kesehatan Ginjal

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *