• shopee-bigramadhansale-1920x745
Heboh Ekspor Benih Lobster, Ternyata Ini Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsinya

Heboh Ekspor Benih Lobster, Ternyata Ini Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsinya

Heboh Ekspor Benih Lobster, Ternyata Ini Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsinya – Primadona makanan laut, lobster, tengah menjadi bahan perbincangan secara luas. Bukan, tanpa sebab, sejumlah pejabat di Indonesia kedapatan melakukan bisnis ekspor benih lobster yang ternyata melanggar undang-undang dan merugikan negara.

Lobster memang sudah dikenal lama sebagai salah satu seafood yang memiliki nilai jual tinggi dan sering disajikan di restoran mewah karena rasanya yang lezat. Tetapi, dibalik kemahsyurannya, lobster juga memiliki manfaat serta efek samping jika dikonsumsi lho! Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Mengonsumsi Lobster

Lobster memiliki beragam kandungan gizi dan nutrisi yang baik jika dikonsumsi. Simak beragam manfaat yang bisa kamu ambil jika mengonsumsi lobster berikut ini.

  • Kaya protein

Kandungan protein dalam lobster sangat tinggi dan rendah lemak sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh atlet. Hal tersebut dikarenakan, protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh hampir semua bagian tubuh dan dapat menjamin perkembangan sel tubuh termasuk pengembangan otot.

Official Store Pyfa Health
  • Mencegah kanker

Risiko kanker ovarium dan kolorektal dapat diminimalisir dengan mengonsumsi seafood seperti lobster. Pada penelitian Cohort di Inggris menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi lebih banyak makanan laut memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan mengkonsumsi daging merah. Tak hanya menyerang perempuan, peningkatan konsumsi juga dapat mengurangi risiko prostat dan kanker paru-paru pada laki-laki. Konsumsi lobster juga dapat melindungi laki-laki yang lebih tua yang berusia lebih dari 45 tahun terhadap kanker kerongkongan.

  • Menjaga fungsi tiroid

Lobster juga bisa menjaga fungsi tiroid karena mengandung yodium yang merupakan elemen utama dari fungsi hormon tiroid. Perlu diketahui, bahwa hormon tiroid berperan penting dalam mengatur tingkat metabolisme dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

  • Mencegah artthritis

Kamu dapat mengurasi risisko arthitis dengan mengonsumsi sekitar 350-400 mg seafood laut termasuk lobster. Kandungan Omega 3 pada lobster bisa mengurangi peradangan dan nyeri sendi yang diakibatkan oleh gejala arthritis. Tak hanya itu, kandungan vitamin D yang terkandung dalam lobster juga secara signifikan dapat menekan sistem kekebalan tubuh yang penting untuk mencegah berkembangnya gejala penyakit autoimun.

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Teratur mengonsumsi lobster secara rutin juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Pada lobster, terkandung DHA dan EPA yang penting untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya.

Ingin membeli suplemen atau vitamin untuk kebutuhan harian? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Efek Samping Mengonsumsi Lobster

Sebenarnya, apabila dikonsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan, lobster tidak memiliki efek samping tertentu pada tubuh. Namun, pada kasus-kasus tertentu, alergi sering kali muncul pada seseorang setelah mengonsumsi seafood termasuk lobster. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi jika kamu mengonsumsi lobster secara berlebihan.

  • Alergi

Sebagai salah satu jenis seafood, lobster juga bisa membuat alergi jika dikonsumsi oleh sebagaian orang. Maka, apabila kamu memiliki riwayat alergi seafood, sebaiknya menghindari makanan yang satu ini untuk mengurangi risiko terjadinya alergi pada tubuhmu. Perlu pula diketahui bahwa lobster mengandung merkuri tingkat sedang dan hanya boleh dikonsumsi sebanyak enam kali atau kurang dalam sebulan.

  • Kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lobster mengandung kolesterol yang cukup tinggi sehingga porsi untuk mengonsumsinya harus kamu batasi. Setidaknya, pada 85 gram lobster, setidaknya terdapat 125 mg kolesterol, dan angka tersebut akan bertambah bila dimasak dengan menambahkan bahan tertentu yang dapat meningkatkan kadar kolesterolnya.

Nah, itulah tadi manfaat dan efek samping mengonsumsi lobster. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lobster mengandung kolesterol cukup tinggi, sehingga bagi seseorang yang memiliki kolesterol tinggi, batasi mengonsumsi lobster secara berlebihan. Jika perlu, konsumsi juga suplemen pengontrol kolesterol untuk mencegah terjadinya serangan jantung, misalnya saja seperti LDLox dari Pyfa Health. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *