• shopee-bigramadhansale-1920x745
Gejala Kekurangan Vitamin D

6 Gejala Kekurangan Vitamin D yang Umum Terjadi

Gejala Kekurangan Vitamin D – Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin D memang tidak mudah terlihat. Meskipun begitu, tetap saja akan ada gejala yang sering dialami ketika kekurangan vitamin D. Mulai dari gejala yang terbilang ringan hingga berat bisa terjadi. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah mengetahuinya sejak awal.

Berapa Kebutuhan Vitamin D Harian Setiap Orang?

Memang secara faktanya, kebutuhan seseorang akan vitamin D bisa berbeda-beda. Namun, untuk Indonesia sendiri sudah ada standar asupan vitamin D berdasarkan usia. Untuk bayi, setiap harinya membutuhkan sekitar 10 mcg atau 400 IU vitamin D. Untuk anak-anak dan dewasa, butuh 15 mcg atau 600 IU per hari. Beda lagi dengan lansia yang membutuhkan vitamin D per hari sekitar 20 mcg atau 800 IU.

Gejala Kekurangan Vitamin D

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa seseorang yang kekurangan vitamin D bisa saja tidak dirasakan. Dengan begitu, penderitanya baru menyadari saat pemeriksaan darah atau melalui gejala sebagai berikut.

1. Depresi

Mungkin kamu baru tahu bahwa tanda seseorang kekurangan vitamin D adalah depresi. Padahal, seseorang yang depresi lebih berkaitan dengan sisi psikologis. Meskipun begitu, beberapa pakar kesehatan sering menghubungkan depresi dengan kekurangan vitamin D.

Official Store Pyfa Health

Hal ini dikarenakan, mineral pada vitamin D dapat memengaruhi hormon yang sama dengan serotonin. Untuk kamu yang belum tahu, serotonin adalah hormon yang memiliki efek pada suasana hati atau mood. Jadi, dari sini bisa dilihat bahwa vitamin D bisa berpengaruh pada mood seseorang.

Baca Juga: Benarkah Vitamin D Bisa Cegah Virus Corona?

2. Sering merasa lelah

Gejala berikutnya yang mudah terlihat adalah sering merasa lelah atau mudah capek. Hal ini dikarenakan, kadar vitamin D di dalam tubuh berkurang. Padahal, salah satu manfaat vitamin D adalah menjaga stamina tubuh.

Memang, zat besi berpengaruh pada otot sehingga bisa memberikan semangat pada tubuh untuk bergerak. Namun, vitamin D dapat membuatmu tetap sehat dan bersemangat sampai usia sudah lanjut.

3. Tulang melunak

Pada masa anak-anak, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan keadaan ekstrem yang disebut tulang melunak. Istilahnya sendiri bernama rakhitis. Penyakit yang satu ini dapat terlihat dengan tulang-tulang yang lemah dan saat disentuh terasa lunak. Kondisi ini memang terlihat pada masa anak-anak yang berada dalam tahap pertumbuhan.

Sedangkan pada orang dewasa, ada istilah lainnya bernama osteomalasia. Tidak jauh berbeda dengan rakhitis, tulang-tulang saat disentuh terasa lunak dan juga lemah. Bahkan, pada saat disentuh pun si penderita akan kesakitan. Biasanya, gejala osteomalasia terjadi pada punggung bawah, panggul, tungkai, dan pinggul.

Ingin membeli suplemen dan vitamin D? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Infeksi saluran pernapasan

Gejala kekurangan vitamin D lainnya adalah mengalami infeksi pada saluran pernapasan. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah studi bahwa seseorang yang kekurangan vitamin D sangat rentan mengalami ISPA. Hal tersebut dikarenakan vitamin D memiliki peran pada stamina tubuh selain vitamin C.

5. Tulang keropos

Nah, berbicara tentang tulang keropos, maka akan selalu identik dengan kekurangan kalsium. Memang, peran kalsium penting untuk kesehatan tulang. Akan tetapi, vitamin D juga ikut berperan dalam pertumbuhan tulang. Jika seseorang kekurangan vitamin D, maka tulang bisa keropos atau istilahnya osteoporosis. Ketika tulang keropos, seseorang bisa merasakan nyeri tulang, mudah patah, dan adanya perubahan pada postur tubuh.

6. Mengalami rasa sakit kronis

Saat seseorang menderita arthritis dan fibromyalgia, maka bisa jadi dia mengalami kekurangan vitamin D. Penyakit tersebut adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan adanya sakit pada bagian otot dan tendon. Jika dibiarkan, maka bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: Pentingnya Vitamin D untuk Penderita Covid-19.

Demikianlah penjelasan mengenai gejala kekurangan vitamin D yang umum terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat. Agar tidak kekurangan vitamin yang satu ini, kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin D dari Pyfa Health berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin D

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *