• shopee-bigramadhansale-1920x745
Gejala Anemia pada Wanita

Ini Gejala Anemia yang Sering Dialami pada Wanita

Gejala Anemia pada Wanita – Kasus anemia di seluruh dunia merupakan salah satu yang cukup mengkhawatirkan. Berdasarkan data yang dihimpun oleh WHO, ada sekitar 2,3 miliar manusia yang harus hidup dengan kondisi Anemia. Meskipun dengan fakta seperti itu, masih banyak orang yang menyepelekan penyakit satu ini.

Padahal, jika keadaan ini dibiarkan, tubuh bisa terasa sangat lemas sehingga tidak bisa melakukan aktivitas normal. Apalagi, pada wanita yang mengalami haid, tentunya peluang terkena anemia lebih besar. Namun, sebelum masuk ke bagian gejala, kita simak dulu pengertian anemia sebagai berikut.

Apa Itu Anemia?

Anemia adalah suatu kondisi tubuh kekurangan darah. Maksud dari kekurangan darah ini adalah saat sel darah merah atau eritrosit dan juga Hemoglobin di dalam darah ada di titik rendah dari nilai normal. Hemoglobin sendiri adalah bagian utama dari jaringan sel merah yang memiliki fungsi mendapatkan oksigen. Oleh sebab itu, dengan kekurangan darah merah, otomatis banyak zat-zat yang dibutuhkan tubuh menjadi ikut berkurang.

Gejala Anemia pada Wanita

Pada dasarnya, gejala anemia pada wanita memiliki variasi yang berbeda-beda. Hal ini sangat tergantung pada kondisi penderita tersebut. Berbagai gejala yang dirasakan wanita adalah sebagai berikut.

Official Store Pyfa Health
  • Wajah dan kelopak mata terlihat pucat.
  • Ujung jari tangan berwarna agak keputihan seperti pucat.
  • Cepat lelah ketika melakukan aktivitas meskipun dalam taraf ringan.
  • Denyut jantung terasa tidak teratur (kadang cepat, kadang lambat).
  • Terkadang merasa mual-mual.
  • Sakit kepala yang cukup berat disertai pusing-pusing.
  • Merasa sesak nafas.
  • Sistem kekebalan tubuh terasa menurun.
  • Volume darah haid yang berkurang dari biasanya.

Data di atas merupakan salah satu contoh gejala anemia secara umum pada wanita. Meskipun begitu, bisa jadi ada beberapa yang terjadi namun ada juga yang tidak mengalami. Sekali hal ini sangat tergantung pada penderita itu sendiri.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk mencegah anemia pada wanita? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Lantas, Apa Penyebab Anemia?

Secara umum, penyebab terjadinya anemia pada wanita adalah sebagai berikut.

1. Kekurangan zat besi

Hal pertama yang membuat terjadinya anemia adalah kekurangan zat besi. Hal tersebut bisa terjadi karena tubuh tidak cukup mendapatkan gizi dalam makanan. Selain itu, bisa jadi tubuh tidak dapat menyerap zat besi dari makanan. Kondisi seperti ini adalah contoh paling sering dialami penderita anemia.

2. Kehamilan

Perlu kamu ketahui bahwa ibu yang tengah mengandung memiliki jumlah hemoglobin lebih rendah dibandingkan normal. Akan tetapi, di saat bersamaan kebutuhan hemoglobin juga dibutuhkan pada proses kehamilan. Berbagai zat tubuh pembentuk hemoglobin seperti zat besi, vitamin B12, dan juga asam folat sangat penting untuk ibu hamil. Jika kekurangan zat tersebut, otomatis sangat mudah terserang anemia.

3. Pendarahan

Kondisi berikutnya bisa terjadi karena pendarahan pada tubuh. Untuk pendarahan sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor. Contohnya seperti cedera, menstruasi, wasir, peradangan di lambung, efek samping obat, atau terjadi kanker usus. Selain faktor penyakit, pendarahan di dalam tubuh juga bisa terjadi karena adanya infeksi cacing tambang.

4. Penyakit kronis

Seseorang yang terkena penyakit kronis juga bisa menyebabkan anemia pada wanita. Umumnya, hal ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama. Contohnya bisa terlihat pada penderita penyakit crohn, ginjal. kanker, HIV/aids, dan rheumatoid arthritis.

5. Mutasi gen

Penyebab yang terakhir adalah seseorang mengalami mutasi gen yang bernama anemia sel sabit atau sickle cell anemia. Kondisi ini ditandai dengan perubahan bentuk sel darah merah yang tidak normal seperti berbentuk bulan sabit. Terjadinya mutasi gen ini biasanya berasal dari keturunan orang tua penderita.

Baca Juga: Penyebab Anemia pada Ibu Hamil dan Gejalanya.

Demikianlah gejala anemia yang sering dialami pada wanita. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca. Anemia dapat dicegah dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi serta mengonsumsi suplemen dan vitamin yang mengandung zat besi. Cek rekomendasi produknya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Mencegah Anemia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *