• shopee-bigramadhansale-1920x745
Fungsi Hyaluronic Acid

5 Fungsi Hyaluronic Acid Selain untuk Perawatan Kulit

Fungsi Hyaluronic Acid – Jika kita mendengar hyaluronic acid, maka berhubungan dengan suatu bahan untuk produk kecantikan. Memang, hampir semua produk kecantikan menggunakan bahan hyaluronic acid sebagai bahan unggulan. Maka dari itu, tidak mengherankan jika kandungan satu ini cukup diburu oleh para pelanggan.

Tapi tentunya, kita penasaran dengan apa itu hyaluronic acid dan apa saja manfaatnya. Untuk dapat mengetahui jawabannya, yuk ikuti pemaparannya di bawah ini.

Apa Itu Hyaluronic Acid?

Pada dasarnya, hyaluronic acid adalah suatu glikosaminoglikan secara alami. Komponen struktural alami yang satu ini terdapat di dalam jaringan ikat pada tubuh manusia. Hyaluronic acid juga dikenal dengan sebutan HA yang dapat diperoleh melalui makanan dan juga suplemen tambahan.

HA ini dapat didistribusikan secara luas pada seluruh jaringan ikat, saraf, dan juga epitel. Secara umum, hyaluronic acid berperan penting pada sebagian besar area tubuh seperti persendian dan juga kulit.

Official Store Pyfa Health

Cara kerja hyaluronic acid adalah dapat mempertahankan kelembapan. Bila dibandingkan dengan polimer alami maupun sintetis lainnya, jenis hyaluronic acid memiliki kapasitas yang lebih besar. Maka dari itu, kemampuan hyaluronic acid ini dianggap sebagai bahan penting untuk anti-aging.

Fungsi Hyaluronic Acid

Meskipun lebih banyak digunakan untuk perawatan kulit, namun senyawa ini sejatinya bisa bermanfaat pada organ tubuh lainnya. Beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan pada hyaluronic acid adalah sebagai berikut.

1. Dapat meredakan radang sendi

Seperti yang sudah disebutkan bahwa hyaluronic acid ini juga terdapat pada persendian. Untuk para penderita osteoarthritis, tulang-tulang antar sendi akan selalu bergesekan dan bisa memberikan rasa sakit. Saat meminum kapsul yang mengandung hyaluronic acid, terbukti dapat mengurangi gesekan antar tulang sehingga mengurangi rasa sakit pada penderita radang sendi.

Ingin membeli produk untuk mencegah radang sendi? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

2. Dapat mempercepat penyembuhan luka

Hyaluronic acid juga memiliki peran untuk menyembuhkan luka. Zat yang satu ini berperan besar dalam pembentukan pembuluh darah di sekitar luka. Dengan begitu, proses penyembuhan bisa lebih cepat. Ditambah lagi, hyaluronic acid mempunyai sifat antibakteri sehingga dapat melindungi luka agar tidak infeksi.

3. Dapat mengatasi mata yang kering

Bagian selanjutnya adalah hyaluronic acid bisa mengatasi mata kering. Penyebab mata kering adalah jumlah produksi air mata berkurang atau cepat menguap. Nah, sifat hyaluronic acid yang dapat mempertahankan produksi air mata dapat meringankan keluhan tersebut. Umumnya, hyaluronic acid terdapat di obat tetes mata.

4. Dapat meringankan gejala asam lambung

Pada seseorang yang mengalami asam lambung naik atau GERD, rasanya hampir mirip dengan maag. Hanya saja, penyakit GERD ini dapat melukai dinding tenggorokan sehingga di bagian tenggorokan akan terasa sakit. Dengan menggunakan zat hyaluronic acid ini, maka kondisi tersebut bisa lebih ringan. Bahkan zat ini juga dapat mempercepat pemulihannya.

5. Dapat mengatasi kandung kemih

Penyakit kandung kemih adalah suatu penyakit yang terjadi karena infeksi di daerah kandung kemih. Jika terjadi peradangan, maka akan muncul rasa sakit di seluruh tubuh. Fungsi utama hyaluronic acid ini yaitu dapat meredakan rasa sakit tersebut dan dapat memperbaiki jaringan yang rusak.

Meskipun begitu, cara menggunakan hyaluronic acid sedikit kurang nyaman. Sebab, proses memasukkannya harus melalui selang kencing dan dimasukan ke dalam kandung kemih.

Demikian beberapa fungsi hyaluronic acid selain untuk perawatan kulit. Dari ulasan tersebut, kita bisa tahu bahwa masih banyak manfaat lainnya dari zat ini pada tubuh kita. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan terus jaga kesehatan.

Rekomendasi Produk untuk Mencegah Radang Sendi

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *