• shopee-bigramadhansale-1920x745
Fakta Tentang AIDS yang Perlu Kamu Ketahui di Hari AIDS Sedunia

Fakta Tentang AIDS yang Perlu Kamu Ketahui di Hari AIDS Sedunia

Fakta Tentang AIDS yang Perlu Kamu Ketahui di Hari AIDS Sedunia – Setiap tanggal 1 Desember, seluruh dunia memperingati hari AIDS yang diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Tanggal 1 Desember dipilih dan digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988.

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) sendiri merupakan kumpulan gejala dan infeksi atau sindrom yang muncul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia. Rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia ini dikarenakan telah terjangkit infeksi Human Immunodeficiency Virus atau yang biasa disebut HIV. Peringatan itu dilakukan hingga kini, hari AIDS Sedunia sudah rutin dirayakan dan diperingati sebagai momen untuk melakukan edukasi untuk masyarakat dunia dalam menyikapi HIV/AIDS dengan lebih baik lagi.

Fakta Tentang AIDS

Penyakit HIV AIDS sering dipandang negatif di masyarakat, namun apakah pengetahuan mengenai penyakit ini sudah diketahui dengan benar? Banyak pandangan miring yang salah terhadap HIV AIDS. Untuk memahaminya dan menghindari penularan penyakit ini, ketahui sejumlah fakta mengenai HIV AIDS berikut ini.

Apakah HIV sama dengan AIDS?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Jadi, bisa dikatakan bahwa AIDS merupakan nama penyakit dari HIV atau bisa juga dianggap sebagai tahap akhir dari infeksi HIV. Penyakit HIV AIDS ini dapat menurunkan imunitas atau kekebalan dan daya tahan tubuh seseorang sehingga penderitanya sangat rentan terhadap risiko berbagai penyakit.

Official Store Pyfa Health

Apakah terinfeksi HIV sudah pasti terjangkit AIDS?

Faktanya, jika seseorang terjangkit HIV ternyata tidak pasti mengidap penyakit AIDS di kemudian hari. Meski demikian, jika seseorang sudah terinfeksi virus HIV, ia akan memilikinya seumur hidup. Penderita HIV bisa bertahan hidup selama bertahun-bertahun (bahkan lebih dari 10 tahun) sebelum menderita AIDS. Bahkan, ada juga yang malah tidak terjangkit AIDS sama sekali. Semua itu tergantung dari pengobatan yang dilakukan.

Bagaimana Penyakit HIV AIDS Bisa Menular?

Banyak orang yang salah mengira bagaimana cara HIV dapat ditularkan. HIV dapat ditularkan jika terjadi pertukaran cairan tubuh tertentu dari seseorang yang terjangkit HIV kepada orang lain. Perlu diketahui, bahwa cairan tubuh yang dapat menularkan virus mematikan ini adalah darah, sumsum tulang belakang, air mani, cairan vagina, cairan anus, dan ASI (Air Susu Ibu). Terdapat sejumlah kemungkinan terjadinya pertukaran cairan yang menyebabkan penularan virus, seperti pada aktivitas berikut ini.

  • Hubungan seks

Hubungan seks merupakan aktivitas yang memungkinkan terjadinya pertukaran cairan yang bisa menyebabkan penularan HIV. Penularan dapat terjadi apabila hubungan seks dilakukan dengan penderita, baik melalui vagina maupun dubur (anal).

  • Berbagi jarum suntik

Jarum suntik yang tidak steril dan dipakai secara bergantian dengan penderita HIV juga menjadi salah satu cara tertularnya HIV. Hal ini bisa terjadi miisalnya saat membuat tato, penggunaan narkoba dengan suntikan, dan lainnya.

  • Transfusi darah

Transfusi darah atau pendonoran darah dari orang yang tejangkit HIV juga bisa jadi penularan virus ini.

  • Pemberian air susu ibu

Karena HIV bisa diitularkan melalui ASI (Air Susu Ibu), artinya seorang ibu penderita HIV dapat menularkan virus ini ka bayinya melalui proses menyusui.

HIV/AIDS Tidak Bisa Disembuhkan

Hingga kini, masih belum terdapat obat penawar dari penyakit HIV/AIDS. Saat ini, baru terdapat Anti Retroviral (ARV) yang hanya bisa membantu menekan perkembangan penyakit, mencegah risiko penularan, dan juga mengurangi risiko kematian akibat komplikasi HIV/ADIS secara drastis. Penderita HIV/AIDS harus meminum obat ARV secara rutin seumur hidup untuk membantu agar tetap dapat hidup normal. Untuk itu, hiduplah dengan pola hidup yang sehat, mengonsumsi vitamin serta suplemen tambahan, serta jangan lupa melakukan berbagai upaya pencegahannya.

Ingin membeli suplemen atau vitamin untuk kebutuhan harian? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *