• shopee-bigramadhansale-1920x745
Efek Samping Vitamin B Complex

Efek Samping Vitamin B Complex yang Wajib Kamu Tahu

Efek Samping Vitamin B Complex – Kebutuhan vitamin B complex untuk tubuh memang harus dipenuhi untuk menunjang kesehatan kita. Namun, bagaimana batasan mengonsumsi jenis vitamin ini? Apakah terdapat efek samping yang mungkin terjadi jika overdosis vitamin B complex? Temukan jawabannya pada penjelasan mengenai pengertian, dosis, dan efek samping vitamin B complex untuk tubuh berikut ini.

Apa Itu Vitamin B Complex?

Sebelum mengetahui bagaimana dosis dan efek samping dari vitamin B complex lebih dahulu harus diketahui apa itu vitamin B complex. Vitamin B complex sendiri merupakan kumpulan dari delapan vitamin B yang memiliki fungsi dan manfaat untuk kinerja tubuh. Nah, ke delapan vitamin B complex itu adalah vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12.

Kumpulan vitamin yang tergabung dalam vitamin B complex ini biasanya sudah terkandung dalam makanan yang sama, sehingga sebagian orang sudah mendapatkan asupan vitamin ini dalam makanan sehat. Namun, meski demikian sejumlah orang memiliki risiko mengalami kekurangan vitamin B complex sehingga membutuhkan suplemen.

Masing-masing vitamin dari vitamin B complex mampu bekerja sama untuk fungsi tubuh, walau masing-masing vitamin ini juga memiliki fungsi uniknya tersendiri. Nah, vitamin B complex juga memiliki peran dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk produksi energi, hormon, dan kolesterol, pemeliharaan fungsi organ otak, mata, pencernaan, saraf, jantung, metabolisme sel, serta pembentukan sel darah merah.

Official Store Pyfa Health

Untuk perempuan, vitamin B complex sangat penting terutama bagi ibu hamil dan menyusui karena kemampuannya dalam membantu perkembangan otak janin serta mengurangi risiko cacat lahir. Selain itu, manfaat lainnya bagi wanita adalah mampu menambah energi dan mengurangi rasa mual pada ibu hamil, serta menurunkan risiko preeklampsia. Untuk pria, vitamin B complex berguna untuk meningkatkan kadar testosteron dan membantu membangun otot.

Dosis Vitamin B Complex

Jika kamu hendak mengonsumsi vitamin B complex dalam bentuk suplemen, indiaksi utama penggunaanya adalah untuk seseorang yang mengalami defisiensi vitamin B. Kondisi defisiensi vitamin B yang diderita dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti kondisi malnutrisi, alkoholisme (alcohol use disorder), luka bakar, penuaan, dan malabsorpsi yang disebabkan oleh atrofi gaster atau tindakan operatif. Vitamin B complex dapat diberikan secara parenteral sebagai dosis awal, kemudian dapat dilanjutkan per oral.

Dosis parenteral dewasa adalah 0,25 – 2 mL secara intramuskular atau injeksi intravena perlahan. Dapat diberikan sebanyak 2-3 kali per minggu. Pemberian dosis tinggi, hendaknya dilarutkan menggunakan infus. Sedangkan per oral, diberikan tablet sehari sekali dengan atau tanpa makanan.

Ingin membeli suplemen dan vitamin B complex? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Efek Samping Vitamin B Complex

Pada dasarnya, mengonsumsi suplemen atau makanan mengandung vitamin B complex tidaklah berbahaya. Terlebih efek samping penggunaan vitamin B complex juga memang tidak selalu muncul, bahkan bisa dibilang sangat jarang. Meski begitu, tentu tetap ada risiko yang mungkin saja terjadi ketika seseorang mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan di luar dosis yang ditentukan.

Untuk menghindari terjadinya overdosis vitamin B complex sebaiknya konsumsi suplemen sesuai dengan dosis. Terlebih dahulu konsultasikanlah setiap penggunaan suplemen kepada dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya. Apabila kamu mengalami overdosis vitamin B complex, maka gejala yang mungkin muncul adalah sebagai berikut.

  • Pusing.
  • Sering buang air kecil.
  • Perubahan warna urin.
  • Tinja berwarna hitam.
  • Sembelit.
  • Diare.
  • Sakit perut.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Kemerahan pada kulit.
  • Gatal-gatal.

Perlu pula diperhatikan, pada kasus yang parah, pasien dapat mengalami reaksi alergi terhadap vitamin B complex. Maka dari itu, Kamu harus segera menghentikan penggunaan suplemen jika tiba-tiba mengalami efek samping vitamin B tersebut. Apabila gejala yang dialami menetap atau kamu merasa seolah-olah reaksi yang terjadi begitu parah, maka segera hubungi dokter.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin B Complex

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *