• shopee-bigramadhansale-1920x745
Efek Samping Daun Afrika

Berikut Efek Samping Daun Afrika yang Jarang Diketahui

Efek Samping Daun Afrika – Bagi sebagian orang, daun Afrika mungkin masih sangat asing. Hal itu sangat wajar mengingat tanaman ini tidak begitu populer dan jarang terdengar. Meskipun begitu, daun Afrika banyak dikembangkan di Indonesia. Sebab, daun ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengenal Daun Afrika

Daun Afrika memiliki nama latin Vernonia amygdalina. Tanaman yang memang berasal dari Benua Afrika ini memiliki rasa yang sangat pahit. Akan tetapi, daun Afrika sering dijadikan obat herbal. Daun Afrika dipercaya dapat menyembuhkan malaria, cacingan, infeksi bakteri, diabetes, penyakit hati dan ginjal, sampai masalah pencernaan.

Kandungan Daun Afrika

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa daun Afrika juga sering digunakan sebagai tanaman obat. Hal itu dikarenakan daun Afrika memiliki kandungan sebagai berikut.

  • Serat.
  • Protein.
  • Zink.
  • Karbohidrat Kompleks.
  • Vitamin A, B, C, dan E.
  • Mineral (magnesium, kalium, zat besi, natrium).

Selain itu, daun Afrika juga termasuk memiliki serat yang tidak mudah larut dalam air. Dengan kandungan yang sebanyak itu, tidak mengherankan kalau daun Afrika termasuk makanan yang menyehatkan untuk tubuh. Selain itu, daun Afrika juga mengandung antioksidan. Dengan begitu, tubuh bisa terhindar dari paparan zat radikal bebas.

Official Store Pyfa Health

Efek Samping Daun Afrika

Tidak jauh berbeda dengan obat herbal sejenisnya, daun Afrika juga memiliki efek samping. Namun, efek samping ini akan timbul jika dikonsumsi secara sembarangan atau pada orang tertentu saja. Beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan adalah sebagai berikut.

1. Terjadi gatal-gatal

Efek samping yang pertama adalah terjadi gatal-gatal pada seluruh tubuh. Gatal-gatal yang dimaksud disini hampir mirip dengan kondisi kamu alergi makanan laut. Pada dasarnya, efek samping ini tidaklah berbahaya. Hanya saja, sangat mengganggu aktivitas karena rasa gatal.

Reaksi gatal pada tubuh merupakan bentuk sistem kekebalan tubuh karena ada benda asing yang masuk. Alergi sendiri merupakan hal yang wajar dan tidak memiliki dampak negatif yang besar pada tubuh.

2. Adanya pembengkakan

Pada kondisi tertentu, bisa menyebabkan pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Pembengkakan tersebut bisa terjadi pada kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Meskipun begitu, ukurannya rata-rata tidak begitu besar.
Tidak jauh berbeda dengan gatal-gatal, pembengkakan bisa terjadi karena efek samping mengonsumsi daun Afrika. Secara umum, pembengkakan ini tidak berbahaya namun cukup mengganggu aktivitas.

3. Terasa mual-mual

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa daun Afrika memiliki rasa yang cukup pahit. Untuk kamu yang tidak tahan dengan rasa pahit bisa merasakan mual hingga muntah-muntah. Jika kamu sangat ingin mengonsumsi daun Afrika ini, sebaiknya ditambah dengan pemanis seperti gula. Namun, sebaiknya porsi gulanya pun tidak begitu banyak.

4. Kadar gula darah semakin rendah

Pada dasarnya, manfaat daun Afrika ini bisa menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi bumerang pada tubuh kita. Jika dikonsumsi sampai melebihi dosis, maka gula darah akan semakin sedikit. Akibatnya, kita bisa terkena penyakit hipoglikemia. Disinilah kamu harus tahu dosis yang pas ketika mengonsumsi daun Afrika.

5. Tidak cocok untuk ibu hamil

Walaupun belum ada bukti ilmiah, akan tetapi banyak kalangan yang menyarankan untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga wanita yang sedang menstruasi. Hal itu berhubungan dengan berbagai efek samping yang telah disebutkan sebelumnya. untuk mencari kepastiannya, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Demikian beberapa poin penting tentang efek samping daun Afrika yang jarang diketahui. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk semua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *