• shopee-bigramadhansale-1920x745
Dosis Vitamin C untuk Anak

Dosis Vitamin C untuk Anak yang Wajib Diketahui

Dosis Vitamin C untuk Anak – Sebagai orang tua, kita wajib untuk mengetahui dosis vitamin C untuk anak agar kebutuhan gizinya bisa terpenuhi. Dengan terpenuhinya kebutuhan gizi si kecil, maka tumbuh kembang anak pun bisa menjadi optimal, dan bisa terhindar dari stunting.

Stunting sendiri menurut situs Kementrian Kesehatan Republik Indonesia di www.kemenkes.go.id adalah kondisi gagal tumbuh yang mengakibatkan kekerdilan pada anak, sehingga kemampuan kognitif dan juga kecerdasannya tidak optimal. Salah satu penyebab terjadinya stunting adalah kebutuhan gizi yang tidak terpenuhi.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk senantiasa memenuhi kebutuhan gizi anak, termasuk salah satunya adalah memberikan asupan vitamin C yang cukup, baik yang bersumber dari bahan makanan ataupun berupa suplemen vitamin yang direkomendasikan oleh dokter.

Peran dan Manfaat Vitamin C untuk Anak

Orang tua perlu mengetahui dosis vitamin C untuk anak yang bisa memenuhi kebutuhan gizi hariannya, karena seperti halnya pada orang dewasa, vitamin C juga berperan penting untuk kesehatan anak. Peran vitamin C untuk kesehatan anak adalah sebagai berikut.

Official Store Pyfa Health

1. Menjaga kekebalan tubuh

Salah satu manfaat dari vitamin C untuk anak-anak adalah membantu untuk menjaga sistem kekebalan pada tubuh.

2. Memelihara kesehatan tubuh

Vitamin C merupakan senyawa antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan berbagai infeksi dan penyakit.

3. Menguatkan tulang dan gigi

Tidak hanya berperan sebagai antioksidan, vitamin C juga berguna untuk menguatan tulang dan gigi yang tentunya berperan penting dalam masa tumbuh kembang si kecil.

4. Membantu dalam pembentukan kolagen

Vitamin C membantu tubuh untuk membentuk kolagen. Kolagen adalah senyawa protein yang membentuk bagian tubuh seperti kulit, pembuluh darah, otot, tulang rawan, dan otot. Selain itu, kolagen juga berperan penting dalam pemeliharaan jaringan ikat dan pemulihan luka.

5. Membantu dalam pembentukan neurotransmitter dan carnitine

Vitamin C juga membantu dalam pembentukan neurotransmitter yang merupakan merupakan senyawa otak yang memiliki peran untuk menyampaikan sinyal di sistem syaraf anak yang masih berkembang. Sedangkan, carnitine memiliki fungsi untuk mengedarkan dan memecah asam lemak menjadi energi.

Dosis Vitamin C untuk Anak

Kebutuhan vitamin C manusia berbeda tergantung dari jenis kelamin dan juga usianya. Berikut ini adalah dosis vitamin C untuk anak yang bisa dijadikan pedoman untuk asupan gizi harian.

Bayi dan anak-anak:

  • 0 – 11 bulan, 40 mg/hari.
  • 1 – 9 tahun, 45 mg/hari.

Dosis vitamin C untuk anak-anak di atas bisa diperoleh dari berbagai makanan seperti buah dan sayur. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan baik untuk pertumbuhan anak antara lain apel, jeruk baby, buah naga, dan juga pisang.

Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, sawi, bayam, dan kale juga merupakan bahan makanan sumber vitamin C yang baik untuk anak. Kita bisa memasak sup atau tumisan untuk lauk makan si kecil dengan menggunakan sayuran di atas.

Apabila asupan vitamin C dari makanan dirasa masih belum mencukupi kebutuhan gizi harian anak, misalnya pada anak yang susah makan dan pemilih makanan, kita bisa menambahkan suplemen vitamin untuk mencukupi dosis vitamin C anak sesuai yang direkomendasikan oleh dokter. Semoga informasi di atas membantu, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin C

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *