• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Ciri-ciri Wanita Menopause

Ciri-ciri Wanita Sudah Memasuki Masa Menopause

Ciri-ciri Wanita Menopause – Setiap wanita pasti akan merasakan masa-masa menopause. Hanya saja, yang membedakannya adalah masalah waktunya saja. Jika kamu mempelajari masa menopause, pastinya terpikir bahwa hanya lanjut usia saja yang mengalami. Akan tetapi, secara faktanya wanita yang masih tergolong muda pun bisa mengalami masa menopause. Sebelum membahasnya lebih lanjut, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu apa itu menopause sebagai berikut.

Apa Itu Menopause?

Menopause adalah sebuah siklus berakhirnya menstruasi yang dialami wanita secara alami. Secara umum, gejala menopause selalu terjadi pada usia sekitar 45 hingga 55 tahun. Wanita benar-benar dianggap menopause setelah tidak mengalami menstruasi sekitar 12 bulan atau satu tahun secara berturut-turut. Perubahan yang terjadi saat memasuki menopause tidak hanya secara fisik semata. Secara mental pun juga mengalami hal yang sama.

Ciri-ciri Wanita Menopause

Setelah kita mengetahui seperti apa wanita yang mengalami menopause, berikutnya adalah mempelajari seperti apa ciri-cirinya. Secara umum, ciri-ciri wanita yang sudah mengalami menopause adalah sebagai berikut.

1. Terjadi perubahan pada siklus menstruasi

Hal pertama yang sering terjadi adalah perubahan siklus pada menstruasi. Contohnya seperti jumlah darah yang keluar bisa jadi lebih banyak atau bahkan lebih sedikit. Namun, terkadang bisa juga berupa flek atau sering juga disebut spotting. Secara waktunya pun menstruasi juga cukup singkat.

Apabila kamu sudah tidak merasakan menstruasi, maka kemungkinan hamil pun juga sangat kecil. Begitu juga saat kamu sudah tidak mengalami menstruasi selama satu tahun atau 12 bulan secara berturut-turut, akan lebih baik segera konsultasi ke dokter.

2. Badan terasa hangat seperti demam

Apakah kamu merasa badan seperti demam padahal tidak mengalami sakit? Hal semacam ini merupakan salah satu ciri kamu sudah mulai mengalami gejala menopause. Biasanya, bagian tubuh yang terasa panas adalah wajah dan leher. Namun, tidak menutup kemungkinan semua tubuh juga terasa seperti demam.

Kondisi tersebut sebenarnya tidak terlalu lama, yakni sekitar 30 detik hingga 10 menit. Akan tetapi, gejala yang lebih berat bisa saja membuatnya sulit untuk tidur. Demam ketika menopause ini bisa berlangsung sampai dua tahun atau sampai menstruasi terakhir.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk wanita menopause? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Mengalami insomnia

Kurang tidur atau insomnia merupakan ciri berikutnya saat wanita mulai mencapai menopause. Kondisi seperti ini tentunya memberatkan mengingat tubuh perlu istirahat yang cukup. Kamu bisa mengakalinya dengan istirahat pada siang hari atau melakukan relaksasi.

Kamu juga bisa melakukan olahraga pada siang hari untuk menjaga kondisi badan. Selain itu, kamu juga sebaiknya kurangi penggunaan ponsel untuk sementara. Hal ini bisa membantu pola tidurmu agar bisa kembali normal.

4. Suasana hati yang berubah-ubah

Wanita yang sudah mengalami masa menopause juga ada perubahan dari suasana hati. Hal ini sering juga disebut sebagai mood dalam bahasa sehari-hari kita. Terkadang, wanita yang mulai menopause mudah emosi, depresi, dan juga perasaan yang terus berubah-ubah secara cepat. Oleh sebab itu, orang-orang di sekitarnya harus bisa memahami situasi tersebut.

5. Terjadi perubahan pada kulit dan rambut

Dengan bertambahnya usia, perubahan pada kulit dan rambut juga akan terjadi. Contohnya saja pada kulit akan terasa kering dan juga tipis. Jaringan estrogen yang berkurang juga membuat rambut menjadi lebih rapuh serta kering. Untuk itu, kamu harus menghindari berbagai produk perawatan rambut yang memiliki bahan kimia cukup kuat.

Itulah beberapa poin penting tentang ciri-ciri wanita menopause. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat dan semoga kamu selalu mendapatkan kesehatan. Agar terhindar dari anemia ketika sudah memasuki masa menopause, rajin mengonsumsi zat besi juga sangat disarankan. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Wanita Menopause

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *