• shopee-bigramadhansale-1920x745
Ciri-ciri Tipes pada Anak

Inilah Ciri-ciri Tipes pada Anak dan Cara Penanganannya

Ciri-ciri Tipes pada Anak – Tipes merupakan salah satu penyakit yang cukup umum dialami oleh siapapun. Umumnya, penyakit tipes sangat mudah dialami oleh anak-anak. Gejala tipes ini memang selalu datang secara tiba-tiba maupun datang dalam kurun waktu tertentu. Sebelum masuk ke dalam intinya, kamu harus tahu dulu apa itu tipes. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Penyakit Tipes

Tipes atau di dalam bahasa ilmiahnya adalah tifoid merupakan sebuah penyakit yang berasal dari bakteri Salmonella typhi. Bakteri tersebut biasanya tumbuh di dalam makanan maupun minuman yang kurang higienis atau kurang masak. Oleh sebab itu, penyakit tipes lebih banyak menyerang anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna.

Ciri-ciri Tipes pada Anak

Saat anak mengalami tipes, memang yang paling terlihat adalah demam. Akan tetapi, anak yang mengalami demam pun belum tentu dia terkena tipes. Oleh sebab itu, berikut beberapa ciri anak yang mengalami tipes secara umum:

  • Mengalami demam lebih dari satu minggu.
  • Sering muntah dan merasa mual.
  • Perut terasa sakit.
  • Gangguan pada bagian pencernaan.
  • Lemas dan juga sakit badan.
  • Sakit kepala.
  • Sakit tenggorokan.
  • Kurang nafsu makan.
  • Terdapat plak warna putih pada bagian lidah sehingga makanan terasa pahit.

Beberapa ciri di atas biasanya terjadi untuk kasus umum. Jika anak yang terkena tipes tidak segera cepat diobati, maka dikhawatirkan akan mengalami berbagai komplikasi. Beberapa contoh komplikasi yang bisa terjadi adalah sebagai berikut.

Official Store Pyfa Health
  • Pendarahan pada saluran pencernaan.
  • Luka di bagian usus.
  • Turunnya kesadaran atau koma.
  • Bronkitis.
  • Sepsis atau keracunan darah.

Memang, penyakit tipes sendiri bukanlah sebuah penyakit berat. Akan tetapi, jika tidak segera diobati maka bisa menyebabkan komplikasi seperti di atas yang akhirnya berakibat pada kematian.

Ingin membeli suplemen dan multivitamin untuk si kecil agar sistem imunnya tetap terjaga? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Lalu, Bagaimana Cara Penanganan Tipes pada Anak?

Ketika anak merasakan ciri-ciri terkena tipes, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan penanganan pertama. Beberapa penanganan yang akan dilakukan saat anak mengalami tipes adalah sebagai berikut.

1. Pemberian obat dari dokter

Tentunya pemberian obat dari dokter adalah penanganan yang tepat untuk penderita tipes. Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik, obat pereda demam, dan juga berbagai obat lainnya sesuai dengan anjuran dokter. Untuk obat pereda demam biasanya menggunakan paracetamol. Selain itu, dokter pun memberikan beberapa obat lainnya jika anak masih mengeluh sakit yang lain.

2. Pemberian cairan

Untuk anak yang mengalami dehidrasi, maka pemberian cairan juga merupakan solusinya. Sesuai dengan beberapa poin di atas mengenai ciri-ciri tipes pada anak, demam tinggi, diare, mual, dan muntah bisa membuat anak mengalami dehidrasi. Nah, untuk bisa mengganti cairan tubuh tersebut dokter biasanya akan melakukan infus pada anak.

Infus ini dilakukan sebagai pengganti makan jika anak susah menelan makanan. Meskipun begitu, bukan berarti anak bebas dari makan. Dia tetap harus ada asupan makanan meskipun hanya sedikit. Untuk poin tentang makanan, kamu bisa melihatnya pada poin selanjutnya.

3. Memberikan makanan yang memiliki nutrisi tinggi

Nah, anak yang mengalami tipes juga harus mendapatkan nutrisi lebih dari makanan langsung. Sangat dianjurkan berbagai makanan yang dikonsumsi memiliki tekstur lembut dan memiliki gizi yang tinggi. contohnya seperti bubur, telur rebus, sup ayam, ikan, berbagai buah-buahan dan juga sayuran.

Jika anak sedang tidak bisa makan banyak, paling tidak berikanlah dengan porsi yang lebih sedikit. Hal ini akan membantu proses penyembuhannya yang lebih cepat. Pastikan juga makanan yang akan diberikan sudah higienis dan juga matang.

Itulah beberapa ciri-ciri tipes pada anak dan cara penangannya. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk pembaca semuanya. Jangan lupa, berikan multivitamin untuk si kecil agar sistem imunnya selalu terjaga. Simak rekomendasi produk multivitamin untuk anak berikut ini!

Rekomendasi Multivitamin untuk Anak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *