• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat

Bagaimana Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat? Simak Berikut Ini

Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat – Bagi kaum Adam, memiliki sperma sehat merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan reproduksi. Khususnya bagi pasangan yang merencanakan kehamilan, kesehatan sperma perlu diperhatikan. Karena masalah kesuburan bukan hanya menjadi persoalan wanita tetapi juga bagi pria.

Seperti yang sudah kamu ketahui, sperma dibutuhkan untuk melengkapi terjadinya proses pembuahan. Apabila wanita mempunyai siklus masa subur, maka yang perlu diperhatikan pria adalah sperma atau air mani yang baik, sehat, dan juga subur.

Dikutip dari Mayo Clinic, tidak semua pria mempunyai ciri-ciri sperma yang baik atau sehat. Hal ini karena banyak faktor yang memengaruhi kesehatan sperma seperti gaya hidup. Apabila tidak dijaga dengan baik, kondisi ini bisa memicu terjadinya infertilitas pada pria di kemudian hari.

Biasanya, jika pasangan ingin memulai program kehamilan akan terlebih dahulu memeriksakan sperma atau air mani ke laboratorium. Meskipun harus melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri sperma subur sekaligus sehat.

Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat

Nah, berikut ini akan dibahas apa saja ciri-ciri sperma yang memiliki kualitas yang sehat dan baikyang perlu kamu ketahui.

1. Jumlah sperma

Ciri-ciri yang satu ini hanya mungkin diketahui melalui pengecekan laboratorium. Mengetahui jumlah sperma adalah salah satu hal yang menentukan kualitas serta ciri-ciri sperma yang sehat.

Pada air mani yang sehat dan subur, biasanya memiliki jumlah di atas 15 juta setiap milimeter semen atau air mani. Artinya, sperma yang sehat berarti memiliki jumlah yang cukup, sehingga memiliki peluang besar untuk membuahi sel telur.

Apabila jumlah sperma terlampau sedikit dari angka normal atau bahkan sperma tidak keluar, kemungkinan terjadinya kehamilan pada pasangan juga cenderung rendah.

2. Pergerakan sperma

Mengutip Mayo Clinic, agar dapat berhasil membuahi sel telur, sperma harus dapat bergerak dengan cara berenang ke dalam rahim wanita.

Sperma dianggap normal dan sehat adalah yang 40% di antaranya dapat berenang dan bergerak dengan baik. Normalnya, sperma memiliki motilitas yang baik atau mampu bergerak lincah dan berenang melalui serviks, uterus, dan tuba falopi untuk mencapai sel telur.

Apabila motilitas sperma masih tergolong lambat atau kurang baik, hal ini bisa jadi pertanda bahwa kamu memiliki sperma yang kurang sehat.

3. Struktur sperma

Struktur atau morfologi dari sperma juga penting untuk diperhatikan. Karena normalnya, sperma memiliki struktur kepala dengan bentuk yang oval dan ekor yang panjang jika dilihat melalui mikroskop.

Hal ini cukup penting, karena struktur sperma yang lengkap dan sempurna adalah ciri bahwa kamu memiliki sperma dengan kualitas baik. Struktur sperma yang sehat dan normal juga mendukung kelincahan dan kemampuan untuk berenang di dalam rahim.

Dengan struktur yang baik, nantinya sperma bisa bertemu dan membuahi sel telur sehingga terjadi kehamilan. Namun, apabila struktur sperma tidak sempurna, hal ini mungkin terjadi akibat kelainan sperma atau tidak sehat.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga sperma? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

5. Likuifaksi sperma

Meski istilah likuifikasi masih asing, namun hal ini juga menjadi salah satu ciri penanda kesehatan sperma. Likuifaksi sendiri adalah kemampuan sperma yang berubah dari gel menjadi cairan.

Umumnya, sperma dapat mencair dari bentuk kental sekitar 15-20 menit di dalam suhu ruangan. Nah, apabila air mani tidak mencair pada rentang waktu tersebut akan sulit atau tidak dapat berenang menuju sel telur.

6. Kadar pH sperma

Perlu pula diketahui mengenai kadar pH karena dapat menjadi tolak ukur dari sperma yang sehat dan juga subur. Umumnya, sperma yang berkualitas baik memiliki kadar pH sekitar 7,2-7,8 alias basa. Bukan hanya itu, kadar pH air mani yang rendah dapat mengindikasikan infeksi pada kesehatan organ pria.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri sperma yang baik dan sehat. Jika sudah mengetahuinya, kini saatnya kamu menjaga kesehatan sperma demi proses reproduksi yang berjalan lancar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *