• shopee-bigramadhansale-1920x745
Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D

Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D yang Mudah Dikenali

Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D – Vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Apalagi, vitamin D ini sangat mudah didapatkan. Salah satunya adalah melalui sinar matahari langsung. Saat kita berjemur di pagi hari, sinar matahari akan diolah tubuh untuk menghasilkan vitamin D.

Maka dari itu, jika kamu sangat jarang berjemur di pagi hari, kemungkinan kekurangan vitamin D sangat besar. Mungkin kamu mengira kekurangan vitamin D tidak begitu masalah. Namun, ada banyak dampak yang terjadi saat kekurangan vitamin yang satu ini.

Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D

Berdasarkan riset yang diterbitkan melalui Oxford Journal of Age and Ageing, ada lebih dari satu miliar orang di dunia yang tidak memenuhi asupan vitamin D per hari. Jika hal ini dibiarkan, tubuh bisa mengalami masalah besar. Beberapa ciri-ciri kekurangan vitamin D adalah sebagai berikut.

1. Kulit terlihat pucat

Jika kamu merasa kulit di badan terlihat pucat, maka bisa jadi itu tanda kekurangan vitamin D. Hal itu bisa terjadi karena melanin pada kulit tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk kamu yang belum tahu, fungsi melamin adalah untuk memberi warna pada kulit.

Official Store Pyfa Health

Oleh karena itu, fungsi sebenarnya untuk berjemur di pagi hari adalah membantu melamin tetap sehat. Meskipun begitu, bukan berarti kamu harus berjemur terlalu lama. Sebab, semakin siang kandungan ultraviolet pada sinar matahari semakin meningkat. Akibatnya, kulit akan berwarna gelap dan meningkatkan resiko kanker.

Baca Juga: Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa? Ini Jawabannya.

2. Terjadi gangguan pada kulit

Selain pucat, salah satu ciri kekurangan vitamin D selanjutnya adalah terjadi gangguan pada kesehatan kulit. Contohnya seperti penyakit eksim dan dermatitis atopik. Kedua kondisi tersebut terjadi karena kekurangan paparan sinar matahari. Ketika kondisi tersebut terjadi, maka akan muncul ruam berwarna kemerahan, lalu gatal-gatal, dan bahkan terjadi benjolan yang berisi cairan.

Tidak hanya itu saja, kulit pun terasa kering jika disentuh dan saat digaruk seperti ada sisik. Jika hal ini terus dibiarkan, maka kulit bisa retak dan bahkan mengelupas. Maka dari itu, jika kamu mengalami hal tersebut, sebaiknya periksakan ke dokter.

Ingin membeli suplemen dan vitamin D? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Luka sulit sembuh

Ciri selanjutnya adalah luka yang sangat sulit sembuh. Untuk hal yang satu ini sudah dipublikasikan melalui Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut, ada peran vitamin D untuk proses penyembuhan luka di tubuh kita.

Vitamin D dapat membantu pembentukan jaringan baru. Dengan begitu, luka bisa menutup lebih cepat. Ketika kadar vitamin D lebih rendah, jaringan-jaringan tersebut sangat sulit dibentuk. Maka dari itu, luka akan terus terbuka lebih lama. Hal ini juga diperkuat oleh penelitian yang menunjukan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin D lebih rentan mengalami infeksi pada kaki.

4. Sering kelelahan

Sering kelelahan juga termasuk ciri-ciri kekurangan vitamin D. Hal ini dikarenakan kekuatan tulang dan juga persendian menurun saat vitamin D berkurang. Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin D dibutuhkan tubuh agar penyerapan nutrisi lain berjalan baik. Salah satu nutrisi tersebut adalah kalsium.

Nah, karena kalsium adalah bagian nutrisi dalam kesehatan tulang dan sendi, otomatis kekurangan vitamin D juga berdampak pada kalsium. Jika kita mengonsumsi asupan vitamin D secara rutin minimal lima minggu, maka tubuh kita akan lebih bugar dalam beraktivitas.

Baca Juga: 6 Gejala Kekurangan Vitamin D yang Umum Terjadi.

Selain matahari, kita juga bisa mendapatkan asupan vitamin D lainnya dari makanan. Contohnya adalah makanan laut seperti ikan, sayuran, hingga buah-buahan segar. Demikian beberapa ciri-ciri kekurangan vitamin D yang mudah dikenali. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Agar tidak kekurangan vitamin yang satu ini, kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin D dari Pyfa Health berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin D

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *