• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Ciri Bayi Sehat Dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Kenali Ciri Bayi Sehat Dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Ciri Bayi Sehat Dalam Kandungan Usia 8 Bulan – Pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan, menentukan kesehatan bayi ketika dilahirkan ke dunia. Ibu tentu saja mengharapkan bayinya lahir dengan sehat ya. Sehat dengan kondisi semua organ dan bagian tubuh lahir dan berkembang normal, sehingga dapat menjalankan semua fungsinya.

Tak jarang, ibu mempercayakan perasaannya sendiri untuk menilai bayi tumbuh sehat sejak berada dalam kandungan. Memang ada ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan misalnya, untuk memberikan ruang bagi ibu mengira-ngira sendiri. Walaupun konsultasi ke dokter kandungan tetap menjadi rekomendasi.

Pada usia kandungan 8 bulan, kamu akan mengalami beberapa kondisi. Mulai dari napas terasa sesak, mudah kelelahan, hingga sering buang air kecil. Kamu mungkin khawatir. Tapi, di balik kekhawatiran ibu, ada ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan yang mungkin bisa menenangkanmu. Begini kalau berdasarkan pembagian pekannya.

  • Usia kandungan 33 minggu

Pekan pertama dari usia kandungan 8 bulan yaitu disebut juga usia 33 minggu. Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan yang bisa diidentifikasi adalah beratnya sekitar 1,9 kg dan panjang dari kepala hingga tumitnya 43,7 cm. Kalau dari hasil USG, bayi kira-kira sudah tumbuh seukuran buah nanas.

Pada usia kandungan ini, otak bayi juga sedang berkembang pesat. Otak terlindungi dengan tengkorak bayi yang masih lentur dan lunak. Kemudian, bagian lengan dan kakinya tampak gemuk karena jumlah lemak bayi meningkat. Dan untuk baju berjenis kelamin laki-laki, maka testisnya sudah mulai turun ke skrotum.

  • Usia kandungan 34 minggu

Pertumbuhan dan perkembangan bayi satu minggu setelah pekan pertama dari usia kandungan 8 bulan, menunjukkan penambahan bobot. Berat bayi naik dari sekitar 1,9 kg menjadi kira-kira 2,1 kg. Selanjutnya, panjang bayi juga bertumbuh menjadi sekitar 45 cm, dari kepala hingga tumit.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

  • Usia kandungan 35 minggu

Semakin waktu berjalan, semakin bertambah pula bobot bayi. Pada minggu ke 35, bayi kamu akan memiliki berat sekitar hampir 2,4 kg, dengan panjang sekitar 46,2 cm dari kepala hingga tumit. Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan selanjutnya adalah penambahan bobot sekitar 30 gram sehari selama beberapa minggu ke depan.

Kemudian, pada usia kandungan ini gerakan bayi juga akan mudah terlihat di permukaan perut, tanpa kamu harus merabanya terlebih dahulu. Bayi bahkan sudah aktif bergerak naik, turun, dan berguling-guling.

Oh iya, jangan heran kalau juga dapat merasakan si bayi mengalami cegukan. Dan satu lagi, bayi yang sehat akan mengalami perkembangan paru-paru di usia kehamilan usia 35 minggu.

  • Usia kandungan 36 minggu

Ini adalah pekan terakhir dari usia kandungan ke 8 bulan atau 3 minggu. Berat bayi akan mencapai hampir 2,6 kg, dengan panjang lebih dari 47,4 cm. Pada saat ini, seharusnya semua bagian tubuh bayi terbentuk dengan lengkap. Makanya, masih memungkinkan kalau bayi lahir prematur pada usia ini.

Beberapa hal yang dialami bayi yang sehat selanjutnya adalah sensitivitas pendengaran bayi semakin meningkat, serta sistem otak dan saraf semakin responsif. Karena sudah mulai siap lahir, posisi kepala juga semakin rendah dan turun ke arah panggul.

Satu hal yang perlu ibu lakukan mendekati hari kelahiran anak adalah berusaha tenang dan terus berdoa. Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan sudah kamu cermati. Selanjutnya tinggal menunggu detik-detik si bayi lahir. Semoga ibu dan bayi sehat selalu.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *