• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah?

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah? – Tersumbatnya aliran darah seseorang, tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan orang tersebut. Pasalnya, darah berperan penting sebagai pembawa oksigen ke otak. Terganggunya aliran darah tentu akan berdampak pada kinerja otak dalam menggerakan tubuh. Hal ini dikarenakan organ dan jaringan tubuh terhubung dengan pembuluh darah kecil, hingga pembuluh darah utama. Inilah sebabnya mengapa gangguan pada sistem peredaran darah juga memengaruhi fungsi-fungsi bagian tubuh lainnya.

Ada banyak cara bisa kamu lakukan untuk menjaga organ sirkulasi darah tetap sehat. Tidak hanya oksigen, peredaran darah juga berperan untuk mendistribusikan nutrisi ke semua jaringan tubuh. Sebagai informasi, dalam tubuh manusia, setidaknya terdapat 60.000 mil panjangnya pembuluh darah jika dihubungkan secara keseluruhan.

Langsung saja, pada pembahasan kita kali ini, bagaimana sih cara yang benar untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah? Berikut ulasannya.

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah?

Bagaimana cara yang benar untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah? Simak jawaban dan ulasannya berikut ini.

Official Store Pyfa Health

1. Mengonsumsi makanan yang bisa membantu kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh

Makanan yang kamu konsumsi, tentu bisa memengaruhi sistem sirkulasi darah kamu secara keseluruhan. Buah-buahan dan sayuran seperti delima, cabai, dan sayuran berdaun hijau sangat baik dikonsumsi untuk mendukung hal itu. Hal ini tidak lain karena makanan itu mengandung nitrit oksida yang dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih efektif.

Produksi nitrit oksida dalam tubuh sebenarnya bisa ditingkatkan. Caranya, dengan mengonsumsi bit, kenari, dan kunyit.

Untuk menghindari risiko terjadinya penyumbatan kolesterol, lengkapi kebutuhan pangan kamu dengan mengonsumsi ikan dengan asam lemak omega 3 tinggi.

Jangan lupa, lengkapi pula dengan makanan kaya akan antioksidan seperti bawang, buah jeruk, dan buah yang kaya akan radikal bebas lainnya.

2. Stop kebiasaan merokok

Menghentikan kebiasaan merokok merupakan salah satu kunci yang bisa membantu kamu menjaga kesehatan dan kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh. Rokok memiliki kandungan aktif yang berbahaya, salah satunya nikotin.

Kandungan ini terdapat di semua jenis rokok. Paparan nikotin terhadap tubuh dapat merusak pembuluh darah dan membuat darah mengental, yang akhirnya bisa membuat sirkulasi darah terganggu.

3. Jaga berat badan tetap ideal dan proporsional

Berat badan ideal akan melindungi kamu dari risiko berbahaya yang diakibatkan obesitas. Obesitas bukan hanya menghambat sistem peredaran darah saja, namun juga bisa menjadi pemicu menumpuknya plak pada arteri. Kondisi tersebut justru meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner lebih tinggi. Untuk mendapatkan berat badan ideal, konsumsi makanan bergizi seimbang, dan hindari makanan tinggi kolesterol jahat.

4. Lakukan olahraga secara rutin

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan banyak asupan oksigen selama kegiatan olahraga dilakukan. Biasanya, kerja jantung pun akan meningkat. Tujuannya yaitu agar jantung bisa memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh, sehingga dapat memfasilitasi sirkulasi oksigen dalam darah. Melakukan olahraga secara rutin juga bermanfaat untuk menjaga kemampuan pembuluh darah untuk melebar dan bekerja lebih efektif.

5. Hindari stres berkepanjangan

Ketika tubuh mengalami stres, tanpa disadari pembuluh darah juga akan mengalami penyempitan. Efeknya, tentu sirkulasi darah dalam tubuh juga akan terganggu.

Memang, stres tidak dapat dihindari, namun bukan berarti kamu tidak dapat mengontrol dan menekena perasaan tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengelolanya stres sehingga kondisi tersebut tidak larut berkepanjangan.

Nah, jadi cara yang benar untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah adalah dengan melakukan lima kebiasaan tersebut. Jaga pola makan lebih sehat, perbanyak berolahraga dan yang terpenting hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa merusak tubuh dan kesehatan kamu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *