• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Cara Menurunkan Suhu Tubuh

8 Cara Menurunkan Suhu Tubuh Saat Panas Menyerang

Cara Menurunkan Suhu Tubuh – Saat suhu tubuh mengalami panas atau demam, mungkin kamu menyangka ada yang tidak beres dengan tubuhmu. Akan tetapi, tidak selamanya demam pada tubuh selalu identik dengan penyakit. Di dalam istilah kedokteran suhu tubuh yang terlalu tinggi disebut hipertermia.

Pengertian Hipertermia

Hipertermia sendiri merupakan sebuah kondisi saat suhu tubuh menjadi panas. Penyebab secara umum adalah kegagalan sistem regulasi suhu tubuh agar tetap dingin. Kondisi tubuh yang panas tentunya memicu berbagai gangguan seperti kram otot, sistem saraf hingga otak.

Faktor Penyebab Hipertermia

Kondisi seseorang yang terkena hipertemia bisa terjadi karena hal-hal berikut ini.

  • Sering terpapar matahari langsung, khususnya di siang hari yang terik.
  • Mengalami dehidrasi karena kurang minum cairan.
  • Kelainan pada kulit karena kelainan kulit atau kelenjar keringat.
  • Menderita penyakit tertentu.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Menurunkan Suhu Tubuh

Inilah delapan cara menurunkan suhu tubuh saat panas menyerang, agar kamu dapat mengetahui apa yang harus dilakukan saat suhu tubuh meningkat.

1. Minum air dingin

Minum air dingin tentunya sangat nikmat saat tubuh mengalami kepanasan. Akan tetapi, perlu kamu ketahui juga bahwa tidak sembarangan minum air dingin. Contohnya ketika kamu baru selesai olahraga, jangan langsung minum air dingin. Sebab, organ yang sedang panas bisa mengalami shock jika mendapatkan air dingin. Seharusnya, istirahat dulu dan biarkan suhu tubuh menurun sejenak. Setelah itu, barulah minum air dingin.

2. Pergi ke tempat yang sejuk

Hampir sama dengan poin sebelumnya bahwa saat tubuhmu mengalami kepanasan, cobalah untuk berdiam diri di tempat sejuk. Tempat yang sejuk paling bagus adalah di bawah pohon yang rindang. Sebab, pohon yang rindang cukup ampuh memberikan kesejukan alami pada tubuh.

3. Berendam

Saat suhu tubuh meninggi, secara otomatis kita berpikiran ingin ke tempat renang. Hal tersebut memang wajar karena tempat yang penuh air bisa memberikan kesejukan pada tubuh. Cukup berendam saja, maka suhu tubuh bisa menurun secara perlahan.

4. Menggunakan kompres dingin pada titik tubuh tertentu

Pada tubuh, terdapat banyak titik tertentu yang dapat menurunkan suhu tubuh. Berbagai titik tersebut bisa kita kompres dengan air dingin. Contoh titik yang bisa kamu kompres adalah leher, pergelangan tangan hingga dada. Cobalah untuk melakukan kompres di titik tersebut.

5. Menggunakan pakaian yang lebih tipis

Ketika panas tubuh keluar, terlintas di pikiran kita untuk telanjang. Namun, hal tersebut sebenarnya tidak dibenarkan karena bisa menyebabkan kamu masuk angin. Ganti saja pakaianmu dengan bahan yang lebih tipis atau ringan seperti katun. Dengan begitu, panas tubuh bisa terlepas lebih mudah.

6. Minum suplemen khusus

Pada kasus tertentu seperti hipertemia di atas, kamu harus konsumsi suplemen tertentu agar bisa menurunkan suhu tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ekstrak tanaman tertentu bisa menurunkan suhu tubuh, khususnya bagi penderita yang memasuki masa menopause. Namun, kamu juga harus konsultasikan ke dokter untuk memastikan suplemen tersebut lebih aman.

7. Istirahat

Istirahat di sini berarti kamu tidak boleh banyak bergerak. Saat tubuh lebih banyak bergerak, maka produksi panas lebih banyak. Apalagi, jika kamu berada di ruangan dengan suhu tinggi maka hal tersebut juga memicu tubuh menjadi ikut panas. Oleh sebab itu, kamu istirahat dengan cara rebahan sejenak atau duduk dengan santai.

8. Minum banyak air putih

Poin terakhir adalah kamu harus banyak mengonsumsi air putih. Memang poin ini mirip dengan bagian pertama, akan tetapi untuk efek lebih panjang, minum air putih biasa dapat mengatasi kemungkinan dehidrasi. Oleh sebab itu, sebenarnya minuman yang pas untuk menurunkan suhu tubuh adalah air putih biasa dan bukan air dingin.

Itulah delapan cara menurunkan suhu tubuh saat panas menyerang. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Jika panas tidak kunjung turun, sebaiknya kamu periksakan ke dokter secepatnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *