• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru dari Penularan Covid-19

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru – Semenjak pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, kita mulai tersadarkan dengan pentingnya kesehatan. Sebagaimana kita ketahui bahwa virus ini lebih banyak menyerang areal pernafasan, khususnya paru-paru. Maka dari itu, kita harus membiasakan diri jaga kesehatan paru-paru.

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang mudah sekali terkena penyakit seperti virus. Oleh sebab itu, tidak heran jika penyakit pernafasan merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah sebagai berikut.

1. Sering mencuci tangan

Sejak pandemi Covid-19, pastinya kamu sering mendengar aturan 3M. Aturan tersebut memuat kita harus sering mencuci tangan dimanapun dan kapanpun. Meskipun terdengar sepele, namun faktanya sebagian besar penyakit paru-paru berasal dari tangan. Di sinilah kamu harus lebih sering cuci tangan saat memegang benda. Jika kamu sedang bepergian, akan lebih baik membawa hand sanitizer sendiri.

2. Menghindari tempat yang penuh polutan

Polutan juga merupakan salah satu penyebab seseorang terkena penyakit pernafasan. Apalagi, ketika kamu tinggal di daerah perkotaan, asap kendaraan bermotor seperti makanan sehari-hari. Saat masih muda, mungkin paru-paru tidak mengalami masalah terkena polutan itu. Akan tetapi, saat memasuki usia senja, maka risiko terkena penyakit lebih besar. Kalau kamu ada di daerah yang banyak polutan, sebaiknya gunakan masker saat keluar rumah.

Official Store Pyfa Health

3. Bersihkan debu di rumah

Debu di dalam rumah juga bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru. Janganlah sepelekan adanya debu di dalam rumah karena di dalam debut tersebut ada berbagai partikel kecil yang bisa menyebabkan gangguan pernafasan. Bersihkanlah rumah dari debu dan selalu tingkatkan ventilasi udara.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun dan daya tahan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Bundle-Damuvit-C-1000-D3-400-Tablet

4. Selalu berolahraga

Untuk kesekian kalinya, olahraga dapat memberikan kesehatan pada tubuh, termasuk kerja paru-paru. Saat kita berolahraga, maka kerja paru-paru akan lebih aktif untuk dapat mengeluarkan karbondioksida. Meskipun begitu, hanya olahraga tertentu saja yang memberikan kesehatan pada paru-paru seperti aerobik. Sering berjalan kaki pun sudah cukup menyehatkan paru-paru.

5. Bernafas dalam-dalam

Bernafas dengan lebih dalam dapat membersihkan paru-paru. Selain itu, aktivitas ini juga dapat menukarkan oksigen dan karbon dioksida lebih dalam. Untuk bisa melakukan pernafasan dalam, kamu harus duduk di tempat yang sejuk dan tenang. Kemudian tarik nafas sedalam mungkin secara perlahan-lahan. Setelah itu, hembuskan juga secara perlahan. Kamu juga bisa melakukannya sambil menghitungnya.

6. Melakukan imunisasi

Imunisasi atau melakukan vaksin adalah salah satu cara untuk mencegah kita terkena penyakit. Salah satu imunisasi juga berpengaruh untuk pernafasan seperti vaksin influenza. Dengan begitu, kita bisa terlindungi dari penyakit influenza pneumonia. Pemberian imunisasi juga sangat cocok untuk penderita yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Baca Juga: Masuki Musim Hujan di Masa Pandemi Corona, Ini Tips Jaga Kesehatanmu.

Pengaruh Makanan dengan Kesehatan Paru-paru

Makanan yang bergizi ternyata memiliki pengaruh pada kesehatan paru-paru kita. Beberapa makanan yang bisa memelihara paru-paru dan tubuh secara keseluruhan antara lain apel, pir, dan berbagai sayuran. Di dalam makanan tersebut terkandung zat-zat antioksidan. Dengan begitu, saat ada zat yang mengandung racun tidak sengaja terhirup oleh kita, dapat dihancurkan atau bahkan dinetralkan kembali.

Selain makanan untuk pencegahan, ada juga berbagai sumber makanan lainnya sebagai pembersih paru-paru. Contohnya seperti peppermint, blueberry, dan juga berbagai kacang-kacangan. Dari sisi bumbu dapur juga ikut berpengaruh pada kesehatan paru-paru. Bumbu dapur seperti kunyit dan juga cabai merah dapat menghambat tumor dan juga kanker di paru-paru.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Jaga Imunitas Saat Pandemi Covid-19.

Demikianlah enam cara menjaga kesehatan paru-paru agar terhindar dari penularan Covid-19. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan selalu jagalah kesehatan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun dan Daya Tahan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *