• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Cara Menjaga Kesehatan Mata

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Harus Kamu Perhatikan

Cara Menjaga Kesehatan Mata – Kesehatan mata kita merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Tanpa adanya mata, kamu akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi, semua kegiatan yang kita lakukan sangat bergantung pada organ mata satu ini. Meskipun begitu, masih banyak yang mengabaikan kesehatan mata ini.

Padahal, saat mata kita mengalami masalah, akibatnya bisa jadi sangat fatal. Bahkan hal yang terburuk adalah mengalami kebutaan. Oleh karena itu, untuk memelihara mata agar tetap prima, kamu harus membaca pembahasannya di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Inilah enam cara menjaga kesehatan mata. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui apa saja cara yang harus dilakukan agar mata tetap sehat.

1. Selalu konsumsi makanan sehat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengonsumsi makanan sehat. Asupan makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Makanlah sumber vitamin C dan vitamin E untuk memelihara mata agar penglihatannya tetap terjaga. Selain itu, berbagai zat penting lainnya seperti asam lemak, omega-3, zink, dan juga lutein sebaiknya dikonsumsi juga. Contoh makanan yang memiliki sumber zat tersebut antara lain sayuran hijau, tuna, kacang-kacangan, blueberry, dan jeruk.

2. Kurangi merokok

Ternyata merokok tidak hanya mengganggu kesehatan paru-paru atau jantung saja. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa merokok dapat mengganggu organ mata. Sebenarnya bagian yang mengganggu mata ada di bagian asapnya. Saat mata terkena asap rokok, maka bisa memperbesar risiko katarak, degenerasi makula, hingga kerusakan pada saraf optik. Hal tersebut juga berpotensi menjadikan mata mengalami kebutaan.

3. Gunakan lensa kontak pada waktu tertentu

Penggunaan lensa kontak merupakan solusi untuk kamu yang tidak ingin terganggu penampilannya menggunakan kacamata. Akan tetapi, penggunaan lensa kontak memiliki batas waktunya. Jangan gunakan lensa kontak selama lebih dari 19 jam sehari. Jika lebih dari jam tersebut, mata bisa rusak secara permanen dan tidak bisa sembuh.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan mata? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Gunakan kaca mata khusus pada pekerjaan tertentu

Ketika seseorang bekerja khususnya di lapangan, akan lebih baik dia menggunakan kacamata khusus. Hal ini menghindarkan mata dari partikel-partikel kecil seperti debu, sinar matahari, dan juga asap kendaraan bermotor secara langsung. Tentunya kaca mata ini tidak menggunakan lensa khusus karena fungsinya hanya untuk melindungi saja.

5. Tidak lama di depan gadget atau komputer

Dengan kondisi saat ini, pembelajaran dan bekerja berada di rumah, maka penggunaan gadget dan komputer meningkat. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap kesehatan mata. Cobalah untuk istirahat sejenak dari gadget atau komputer selepas belajar maupun bekerja. Hal ini dapat memberikan relaksasi pada mata agar tidak tegang.

6. Membaca buku di tempat terang

Untuk kamu yang senang membaca buku, apakah sering melakukannya di tempat yang cahayanya redup? Jika sering, kurangilah kebiasaan tersebut sebab bisa merusak mata. Sama halnya dengan melihat gadget maupun komputer, saat membaca buku ditempat gelap, mata akan dipaksa melihat dengan kondisi cahaya yang kurang. Hal tersebut membuat mata cepat lelah dan bisa menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu, carilah tempat yang cahayanya cukup terang untuk kamu yang hobi membaca.

Apakah Perlu untuk Sering Memeriksakan Mata ke Dokter?

Sama halnya dengan gigi, akan jauh lebih baik kita cukup sering memeriksakan mata ke dokter. Paling tidak, sebaiknya kamu periksakan mata enam bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah mata kita masih normal atau muncul gejala-gejala yang tidak diinginkan. Kalau memang ada gejala pada mata, kita bisa mengetahuinya sejak awal dan bisa berkonsultasi pada dokter secara langsung. Ingat! Mencegah lebih baik dari mengobati.

Itulah enam cara menjaga kesehatan mata yang harus kamu perhatikan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan semoga selalu dalam keadaan sehat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Mata

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *