• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Bisa Kamu Lakukan

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting. Fungsinya sendiri adalah dapat menyaring zat-zat sisa yang nantinya akan keluar sebagai urin. Selain itu, ginjal juga berfungsi menyaring ada racun pada makanan atau minuman yang kita konsumsi. Racun tersebut akan dibuang bersamaan dengan urine tadi.

Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan kesehatan ginjal sehingga timbul penyakit ginjal, misalnya saja seperti batu ginjal. Jika ginjal ini sampai rusak, maka penderita harus melakukan cuci darah yang biayanya sangat besar. Tentunya hal tersebut harus kita cegah sejak dini.

Seberapa Penting Peranan Ginjal pada Tubuh?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi utama ginjal adalah menyaring racun dan juga zat sisa pada tubuh. Akan tetapi, fungsi ginjal sebenarnya tidak hanya di situ saja. Ginjal juga berperan penting untuk mengendalikan tekanan darah, penyerapan nutrisi, hingga menjaga kestabilan kadar air di dalam tubuh.

Kerusakan pada organ ginjal memang tidak bisa dideteksi dengan mudah. Bahkan, kerusakan ginjal juga terkadang tidak memiliki gejala. Hal inilah yang membuat banyak orang lalai dan tidak memperhatikan kesehatan ginjal. Bahkan, saat seseorang dinyatakan gagal ginjal, kondisinya sudah sangat parah sehingga sulit untuk disembuhkan.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal, maka kamu harus menjaga kesehatan ginjal itu sendiri. Hal tersebut bisa kamu terapkan di bawah ini.

1. Selalu olahraga secara rutin

Bagian pertama yang harus dilakukan adalah melakukan olahraga secara rutin. Olahraga merupakan bagian sangat penting dalam kehidupan. Dengan berolahraga, aliran darah dan juga kadar oksigen bisa lebih maksimal didapatkan organ tubuh. Pada kondisi tubuh yang sehat, ginjal juga tidak harus kerja keras untuk menyaring racun tubuh karena bisa dilakukan dengan olahraga melalui keringat.

2. Jaga berat badan

Perlu kamu ketahui bahwa menjaga berat badan juga bisa mengurangi beban pada ginjal. Berat badan yang berlebihan atau tidak bisa dikontrol bisa terjadi karena banyaknya lemak yang menumpuk pada tubuh. Akibat dari penumpukan lemak ini, banyak organ tubuh yang tidak optimal, termasuk ginjal.

3. Perbanyak minum air putih

Salah satu cara yang paling sering dianjurkan untuk kesehatan ginjal adalah perbanyak minum air putih. Dengan minum banyak air putih, maka kerja ginjal bisa lebih mudah untuk mengeluarkan racun dan juga berbagai zat sampah di dalam tubuh. Hal tersebut juga mengurangi terjadinya penyakit ginjal kronis. Akan tetapi, kamu juga harus paham juga bahwa kebutuhan air putih setiap orang selalu berbeda-beda. Maka dari itu, jangan berlebihan juga saat minum air putih.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan ginjal? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Tidak merokok

Untuk kamu yang sering merokok, sebaiknya mulai dikurangi dari sekarang. Kebiasaan merokok dapat mengganggu pembuluh darah di seluruh tubuh. Hal itu juga berpengaruh pada ginjal. jika pembuluh darah itu tersumbat, maka kamu bisa terkena kanker. Jika kamu sulit untuk berhenti merokok, silahkan konsultasi dengan dokter untuk lebih pasti.

5. Jaga kolesterol dan juga tekanan darah

Poin selanjutnya adalah kamu harus selalu menjaga tekanan darah dan juga kolesterol. Kedua hal tersebut dapat memicu terjadinya penyakit kronis lainnya pada tubuh. Apalagi, jika kamu memiliki riwayat kolesterol dan tekanan darah tinggi, maka kondisi tersebut harus dijaga sebaik mungkin.

6. Kurangi penggunaan obat

Saat kamu merasa sakit, maka sebaiknya tidak langsung minum obat. Berbagai obat yang masuk ke dalam tubuh dapat membebani kerja ginjal. Maka dari itu, jika kamu merasakan sakit ringan cobalah untuk istirahat atau konsumsi tanaman herbal.

Itulah enam cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan selalu jagalah kesehatan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *