• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

7 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh – Perlu kamu ketahui, bahwa setiap orang memiliki sistem metabolisme yang berbeda-beda. Ada seseorang yang sistem metabolismenya tinggi dan ada juga yang rendah. Hal ini memang dipengaruhi oleh beberapa faktor. sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kamu pahami dulu apa itu metabolisme sebagai berikut.

Pengertian Sistem Metabolisme

Sistem metabolisme merupakan suatu proses pembakaran kalori dari makanan dan juga minuman menjadi sebuah energi. Jenis kalori tersebut meliputi karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan juga vitamin. Dengan sistem metabolisme yang cepat, maka secara otomatis proses pemecahan zat juga optimal. Artinya, organ di dalam tubuh juga dapat berfungsi dengan baik.

Faktor Perbedaan Sistem Metabolisme Seseorang

Secara dasar, pengaruh genetik cukup kuat dalam perbedaan sistem metabolisme seseorang. Akan tetapi, ada juga faktor lainnya yang tidak kalah penting sebagai berikut.

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Kadar hormon
  • Berat badan
  • Gaya hidup

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Setelah melihat poin faktor pembeda sistem metabolisme, kini kita pelajari apa saja langkah untuk meningkatkannya. Beberapa langkahnya bisa kamu simak sebagai berikut.

1. Biasakan untuk sarapan

Poin ini sebenarnya sangat penting, akan tetapi banyak orang yang masih mengabaikannya. Sarapan dengan menu yang tepat seperti banyak karbohidrat dan tinggi protein dapat membantu sistem metabolisme tubuh. Kombinasi zat tersebut bisa memberikan banyak energi untuk aktivitas sehari-hari.

2. Sering minum air putih

Sering kita mendengar untuk selalu minum air putih setiap hari. Anjuran tersebut tentu memiliki tujuan dan salah satunya berkaitan dengan sistem metabolisme tubuh. Saat orang kekurangan cairan atau dehidrasi, maka lemak akan terbakar sekitar 2% lebih rendah dari seharusnya.

Oleh sebab itu, cobalah untuk minum 8 gelas air putih perharinya. Kamu bisa coba menggunakan air dingin maupun air hangat karena bisa disesuaikan dengan selera.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat juga menjadi salah satu faktor sistem metabolisme tubuh. Saat kamu kurang tidur, maka hal itu juga memberikan dampak pada kurangnya jumlah kalori. Selain itu, kurang istirahat juga berpengaruh pada peningkatan hormon stres. Akibatnya, akan terjadi penimbunan lemak sehingga memicu rasa lapar.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Sering melakukan olahraga

Kita pastinya sudah tahu bahwa olahraga bisa memberikan kesehatan pada tubuh. Jika kita banyak bergerak, maka sistem metabolisme tubuh juga ikut bergerak. Artinya, banyak kalori yang terbakar dan menjadi energi. Kamu tidak perlu olahraga berat, cukup jalan kaki saja dapat meningkatkan metabolisme. Namun, kamu harus melakukannya sesering mungkin untuk mendapatkan khasiatnya.

5. Melakukan latihan angkat beban

Latihan angkat beban juga dapat memberikan peningkatan pada sistem metabolisme tubuh. Tidak hanya dapat membakar kalori saja, latihan angkat beban juga bisa membentuk jaringan otot. Hal tersebut dapat membentuk otot menjadi lebih besar.

6. Konsumsi makanan pedas

Tidak banyak yang tahu bahwa konsumsi makanan pedas bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan zat capsaicin pada makanan pedas bisa menekan rasa lapar. Meskipun begitu, kamu juga mengonsumsinya dalam jumlah normal. Sebab, makan makanan pedas bisa memberikan dampak buruk seperti diare dan maag.

7. Makan secara teratur

Pada dasarnya, banyak yang salah kaprah dengan diet makan. Maksud dari diet makan adalah mengatur jumlah nutrisi yang dikonsumsi. Jika kamu melakukan diet secara berlebihan, maka bisa memicu respon asupan rendah kalori dalam waktu lama. Hal tersebut berpengaruh buruk pada otot dan juga menurunkan sistem metabolisme tubuh. Maka dari itu, kamu mengatur makan secara seimbang setiap harinya. Biasakan juga untuk membuat jadwal makan dengan porsinya agar tercipta keseimbangan nutrisi.

Demikianlah tujuh cara meningkatkan metabolisme tubuh agar tidak mudah sakit. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga kamu selalu diberi kesehatan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *