• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengobati Tenggorokan Gatal

6 Cara Mengobati Tenggorokan yang Gatal

Cara Mengobati Tenggorokan Gatal – Rasa gatal di tenggorokan tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman. Penyebab tenggorokan gatal sendiri bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti reaksi alergi, perubahan cuaca, menghirup udara berpolusi, ataupun karena infeksi seperti flu.

Kondisi ini tidak bisa dianggap menjadi hal yang sepele, karena bila dibiarkan bisa menimbulkan penyakit serius. Jadi, penting untuk mengobati tenggorokan gatal secepatnya. Karena kalau dibiarkan, tenggorokan yang gatal bisa jadi pertanda terjadinya penyakit asma, radang amandel, infeksi virus, ataupun infeksi bakteri. Meskipun pada umumnya tenggorokan gatal dipicu oleh infeksi virus.

Tidak perlu bingung untuk menanganinya, terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati tenggorokan yang gatal, misalnya saja seperti berikut ini.

Cara Mengobati Tenggorokan Gatal

Tenggorokan kamu sering gatal dan tidak nyaman? Ketahui cara mengobati tenggorokan yang gatal selengkapnya pada penjelasan berikut ini!

1. Berkumur dengan air garam

Cara pertama untuk mengobati tenggorokan yang gatal adalah dengan berkumur dengan air hangat dicampur dengan garam. Hal ini dapat membantu meredakan rasa nyeri dan mengurangi bengkak di tenggorokan serta mencairkan lendir.

Caranya pun mudah dan sederhana, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok garam dengan secangkir air hangat, lalu kumur selama beberapa detik. Lakukanlah berulang kali hingga rasa gatal di tenggorokan hilang.

Baca Juga: 8 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami.

2. Minum air putih

Cara sederhana untuk mengobati tenggorokan yang gatal yaitu dengan banyak minum air putih. Kamu dapat minum air putih dengan jumlah yang banyak untuk meredakan rasa gatal dan sakit di tenggorokan. Minum air putih memang menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa kamu lakukan.

3. Mengonsumsi madu

Superfood yang satu ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi khasiatnya. Ya, madu juga bisa mengobati tenggorokan yang gatal secara efektif. Dengan mengonsumsi dua sendok teh madu, maka sama efektifnya dengan jenis obat batuk tertentu dalam meredakan iritasi tenggorokan dan batuk.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga sistem imun? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Ketika tenggorokan terasa gatal, kamu juga bisa mencoba mengonsumi permen pelega yang mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus. Kandungan bahan-bahan tersebut akan memberikan efek sejuk pada tenggorokan. Permen pelega tenggorokan juga dapat berfungsi untuk meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan tetap basah.

5. Minum air perasan lemon

Perasan air jeruk lemon mengandung astringent dengan rasa yang asam dapat mematikan virus dan bakteri penyebab gatal di tenggorokan. Untuk mengonsumsinya sebagai obat tenggorokan yang gatal, campurkan 1 sendok perasan lemon ke dalam secangkir air hangat, bisa ditambahkan madu untuk mengurangi rasa asam yang berlebih. Kemudian, minumlah hingga rasa gatal di tenggorokan menghilang.

6. Menggunakan cuka apel dan garam

Tenggorokan yang gatal juga dapat diobati dengan campuran cuka apel adan garam. Sifat asam dari cuka apel dapat melapisi tenggorokan dari virus dan bakteri. Kamu hanya perlu mencampurkan 1/4 apel dan garam dengan secangkir air hangat. Kemudian, kumur ramuan tersebut setiap 4 jam.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Batuk pada Anak.

Itulah tadi sejumlah cara untuk mengobati tenggorokan yang gatal. Kamu dapat mencobanya di rumah dengan bahan-bahan yang tersedia. Jika sakit terus berlanjut, segera kunjungi dokter. Jaga terus sistem imun kamu agar tidak mudah terserang penyakit. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *