• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengobati Telinga yang Kemasukan Air

6 Cara Mengobati Telinga yang Kemasukan Air

Cara Mengobati Telinga yang Kemasukan Air – Pernahkah telingamu kemasukan air? Kondisi ini mungkin sering dialami oleh anak-anak atau orang yang sering melakukan olahraga renang. Kemasukan air ke dalam telinga tentu membuat kita menjadi tidak nyaman. Lebih jauh lagi, bila air yang masuk ke telinga dalam jangka waktu lama dan terjadi secara berulang-ulang ternyata juga dapat meningkatkan risiko peradangan dan infeksi pada saluran telinga.

Risiko peradangan yang mungkin terjadi yaitu berupa kemerahan dan pembengkakan pada saluran telinga eksternal atau bagian yang terletak di antara telinga bagian luar dan gendang telinga yang disebut dengan otitis eksterna.

Untuk mencegah terjadinya masalah telinga yang parah akibat kemasukan air, sebaiknya segera upayakan untuk mengeluarkan air yang masuk ke telinga. Nah, berikut ini akan dipaparkan sejumlah cara mengeluarkan air dari telinga dan mengobati telinga yang kemasukan air.

Cara Mengobati Telinga yang Kemasukan Air

Telinga kamu kemasukan air? Jangan khawatir, inilah enam cara mengobati telinga yang kemasukan air dan bisa kamu coba.

Official Store Pyfa Health

1. Seka telinga dengan kain bersih

Cara sederhana pertama yang bisa dilakukan ketika telinga kemasukan air adalah dengan mengelap telinga menggunakan kain. Kamu dapat menyeka atau mengelap telinga bagian luar secara perlahan-lahan memakai kain atau handuk yang halus mungkin bisa menyerap sebagian air di telinga.

Kamu juga bisa melakukan cara ini sambil memiringkan telinga yang kemasukan air ke arah kain. Tapi, ingat ya, jangan mendorong kain ke bagian dalam telinga karena hal ini justru akan mendorong air.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam.

2. Menguap

Cara sederhana selanjutnya yang kemungkinan bisa membantu mengeluarkan air dari dalam telinga terutama dari bagian eustachius adalah dengan menguap. Dengan menguap, gerakan pada rahang dapat membantu melegakan ketegangan bagian telinga sehingga bisa menguras air keluar.

3. Miringkan kepala ke arah samping

Untuk mengobati telinga yang kemasukan air, kamu juga bisa memiringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air. Untuk menambah tekanan, kamu juga bisa melakukan hal tersebut sambil melompat kecil dengan satu kaki agar air terdorong ke luar. Ketika memiringkan kepala, tariklah daun telinga agar saluran telinga membuka lebih luas sehingga memudahkan air keluar.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Berbaring miring

Berbaring miring juga bisa membantu air keluar dari telinga. Hal ini bisa dilakukan untuk membuat air mengalir menuju tempat lebih rendah karena pengaruh gaya gravitasi. Cobalah untuk melakukan posisi berbaring miring agar cairan bisa dengan mudah keluar ini setidaknya selama beberapa menit. Air yang keluar biasanya ditandai dengan daun telinga yang terasa hangat seiring keluar air.

5. Kunyahlah sesuatu

Air yang masuk ke dalam telinga biasanya akan terjebak di bagian tabung eustachius. Mengingat bagian eustachius tersebut merupakan salah satu bagian dari telinga bagian dalam. Kamu bisa melakukan gerakan mengunyah untuk membantu membebaskan air sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah. Bahkan, kalau perlu lakukanlah gerakan mengunyah sambil memiringkan kepala agar air makin mudah keluar.

6. Teteskan obat tetes telinga

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli obat tetes telinga di apotek sebagai cara mengeluarkan air dari telinga. Pada umumnya, obat tetes utnuk telinga ini berbahan dasar alkohol. Kamu juga bisa membeli obat tetes telinga hidrogen peroksida yang dapat menghilangkan kotoran telinga yang serupa dengan tetes telinga jangan memakai hidrogen peroksida jika gendang telinga pecah, atau mengalami infeksi telinga bagian luar. Obat tetes telinga dapat membantu mengobati telinga yang kemasukan air.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat? Ini 4 Langkahnya.

Namun, apabila cara-cara tadi belum juga membuahkan hasil, sebaiknya kunjungi dokter spesialis THT terdekat. Kamu juga harus segera ke dokter apabila kamu mengalami nyeri, berdenging, keluar darah dari telinga, hingga terjadi gangguan pendengaran.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *