• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Cara Mengobati Sariawan di Lidah

7 Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan Mudah

Cara Mengobati Sariawan di Lidah – Semua bagian tubuh bisa terserang penyakit atau gangguan kesehatan lainnya. Kondisi ini akan membuat tubuh terasa tidak nyaman dalam berbagai kegiatan. Seperti sariawan di lidah, gangguan seperti ini tentu akan membuat kamu tidak nyaman terutama saat makan.

Sariawan di lidah bisa timbul karena beberapa kondisi medis seperti kebiasaan merokok, luka di lidah, stres, bahkan kanker. Kalau dari tampak luar, bentuknya seperti luka berselaput keputihan.

Sariawan seperti ini bisa membuat mulut terasa perih. Tidak jarang kamu akan kehilangan kemampuan untuk merasakan makanan atau dalam istilah lainnya mati rasa. Walaupun bisa muncul di area lain seperti gusi sampai tenggorokan, sariawan di lidah akan sangat mengganggu keseharianmu. Untuk itu, simak cara mengobati sariawan di lidah berikut ini.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Sariawan sangat mengganggu kenyamanan, terutama saat makan. Lakukan beberapa cara mengobati sariawan di lidah berikut ini.

1. Menggunakan air garam

Cara mengobati sariawan di lidah yang pertama mungkin sudah menjadi rahasia umum. Meredakan sariawan dapat memanfaatkan air garam, yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh garam pada satu gelas air hangat.

Air garam ini digunakan untuk berkumur. Setelah itu, kumur kembali dengan air putih biasa untuk membilas, ya. Air garam ini berkhasiat sebagai antiradang dan juga antibakteri, sehingga mencegah sariawan berkembang lebih lagi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Bengkak dan Ketahui Penyebabnya.

2. Menggunakan madu

Selanjutnya madu, makanan yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Madu baik dikonsumsi untuk menjaga kebugaran tubuh. Tetapi, memanfaatkan madu juga termasuk cara mengobati sariawan di lidah, lho.

Madu ini bersifat melembabkan permukaan, termasuk permukaan lidah. Mengoleskannya ke tempat tumbuh sariawan akan mempercepat pemulihan. Gunakan secara rutin setiap hari, sampai sariawan tersebut sembuh.

3. Menggunakan es batu

Rasa perih yang membuat sariawan terasa sangat tidak nyaman. Karena itu, kunci dari mengatasi sariawan adalah meredakan rasa perihnya. Cara mengobati sariawan di lidah selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu.

Es batu akan membuat luka, termasuk sariawan, mengempis hingga sembuh. Rasa sejuk akan meredakan sakit dan mengurangi rasa perih karena sariawan. Kamu hanya perlu mengompreskan bagian yang terkena sariawan dengan es batu.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk mencegah sariawan? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Menggunakan air kelapa

Sama seperti madu, air kelapa juga dikenal berkhasiat untuk kesehatan. Ternyata, minuman alami yang satu ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan mengobati sariawan di lidah.

Cara mengobati sariawan di lidah dengan air kelapa adalah menggunakannya sebagai air berkumur. Coba kamu berkumur secara rutin 3 sampai 4 kali dalam sehari.

5. Menggunakan lidah buaya

Jika kamu mengalami sariawan di lidah, kamu bisa melakukan berbagai cara untuk mengobatinya. Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan lidah buaya.

Tanaman ini mengandung antibakteri sehingga dapat membantu menghilangkan sariawan. Lidah buaya juga dapat memberikan efek sejuk pada permukaan lidah, mengurangi peradangan, hingga menghilangkan rasa nyeri.

Cara mengobati sariawan di lidah dengan lidah buaya dapat dilakukan dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu mengambil bagian daging lidah buaya, haluskan, lalu oleskan ke sariawan. Diamkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggosok Gigi yang Benar? Simak Berikut Ini!

6. Menggunakan kantong teh

Tidak semua orang memiliki lidah buaya, tapi bisa jadi kamu punya stok teh di rumah. Tahukah kamu, kantong teh bekas juga dapat membantu meredakan sariawan.

Kantong teh ini memiliki kandungan asam tanin yang dapat menjadi antivirus serta menyembuhkan sariawan. Kamu hanya perlu menempelkan kantong bekas sekitar 5 menit, pada area lidah yang mengalami sariawan.

7. Menggunakan susu

Selanjutnya susu, jenis minuman yang baik untuk tulang. Tapi, manfaatnya tidak terbatas pada itu, lidah juga akan merasakan efek baik dari susu di saat-saat tertentu seperti ketika mengalami sariawan.

Kalsium yang terkandung dalam susu akan bekerja melawan bakteri penyebab luka. Kemampuan antivirusnya juga akan mempercepat penyembuhan sariawan. Rasa sakit juga bisa diredakan dengan susu karena ada kandungan magnesium di dalamnya.

Ada banyak cara mengobati sariawan di lidah yang mudah dilakukan. Tapi, lebih baik lagi kalau kamu dapat mencegahnya. Konsumsi vitamin C tambahan juga dapat mencegah munculnya sariawan. Cek produk di bawah untuk memperoleh vitamin yang kamu butuhkan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Mencegah Sariawan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *