• shopee-bigramadhansale-1920x745
Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam

7 Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam

Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam – Telinga adalah organ penting pada tubuh manusia. Sejak menginjak sekolah dasar, pengetahuan memberikan informasi bahwa telinga berfungsi menjaga keseimbangan tubuh. Selain fungsi utamanya yaitu membiarkan manusia untuk mendengar berbagai suara.

Tapi, telinga tidak selalu sehat. Setelah melakukan kerja kerasnya setiap hari, telinga juga bisa lelah. Kamu mungkin pernah mengalami sakit telinga, terutama di bagian dalam. Di bawah ini adalah cara mengobati sakit telinga bagian dalam.

Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam

Telinga sakit akan mengganggu fungsinya sebagai penyeimbang tubuh. Simak cara mengobati sakit telinga bagian dalam artikel berikut ini.

1. Mengompres telinga

Cara mengobati sakit telinga bagian dalam bisa sangat sederhana. Seperti kamu sedang mengalami demam, telinga yang sakit juga bisa diobati dengan mengompresnya. Bisa kompres dingin atau kompres hangat.

Official Store Pyfa Health

Mengompres telinga akan meredakan sakit yang kamu alami. Peredaran darah di sekitar telinga akan menjadi lebih lancar. Kemudian, otot-otot yang ada di sekitarnya juga akan terileksasi. Cobalah mengompres telinga selama 10 sampai 20 menit jika terasa sakit.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Telinga Agar Tetap Bersih dan Sehat? Ini 4 Langkahnya.

2. Posisikan tidur dengan tepat

Telinga bisa saja sakit karena posisi tidak berubah selama tidur. Akhirnya, telinga menjadi tertekan di satu sisi. Posisi tidur yang tepat adalah dengan membiarkan telinga tetap tegak seperti kamu sedang duduk.

Cara mengobati sakit telinga bagian dalam bisa dilakukan dengan tidur sembari mengganjalkan kepala dengan dua bantal. Tujuannya agar tekanan pada telinga dapat dikurangi, lalu cairan di telinga mengalir dengan lancar.

3. Minum air jahe

Telinga dapat sakit karena terjadi peradangan. Oleh sebab itu, cara mengobati sakit telinga bagian dalam salah satunya adalah dengan meredakan peradangan yang terjadi.

Setiap peradangan dapat diredakan oleh rempah yang banyak tersedia di Indonesia, yaitu jahe. Bukan mengoleskannya pada telinga, ya. Tapi dengan meminum air jahe seduhan langsung atau olahan merek tertentu secara rutin setiap harinya.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Kompres dengan bawang putih

Rempah lain seperti bawang putih juga memiliki khasiat positif bagi kesehatan. Bawang putih dikenal sebagai rempah yang salah satunya dapat mengatasi infeksi di telinga. Bawang putih dapat memberikan efek antibakteri karena adanya kandungan allicin di dalamnya.

Kamu hanya perlu mengompreskan beberapa siung bawang putih ke telinga. Bawang putih tersebut sebelumnya harus dibungkus dulu dengan kain bersih. Pengompresan pada telinga bisa dilakukan selama 5 sampai 10 menit.

5. Bersihkan telinga

Sakit pada bagian telinga bisa disebabkan telinga kotor. Cara mengobati sakit telinga bagian dalam ini sederhana. Kamu tentu perlu membersihkannya agar tidak ada penumpukan kotoran di telinga.

Tapi hati-hati ya, mengoreknya dengan cotton bud bisa memperburuk keadaan. Sebab kotoran bisa terdorong semakin ke dalam. Bersihkan saja bagian luarnya dengan kain bersih atau kassa yang dicelupkan dengan air hangat. Kebersihan telinga bagian dalam dapat dibantu oleh dokter.

6. Pijat telinga

Ketika tubuh pegal dan sakit, akan terasa lebih nyaman jika dipijat. Begitu juga jika telinga bagian dalam terasa sakit. Kamu bisa mengatasinya dengan memberikan pijatan halus di bagian ini.

Ingat ya, pijatlah dengan perlahan dan secara halus. Dimulai dari belakang telinga, berlanjut ke arah leher, dengan jari bergerak ke bawah dan ke depan. Pijatan telinga akan meringankan rasa sakit terutama karena ada infeksi di telinga.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air.

7. Teteskan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah jenis minyak nabati yang memiliki banyak manfaat. Ketika telingamu sakit, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan meneteskan minyak zaitun ini.

Beberapa tetes minyak zaitun, terutama yang hangat, akan meredakan rasa sakit dan memberikan efek antiinflamasi pada telinga. Minyak zaitun akan mengurangi rasa sakit telinga karena ada penumpukan lilin di dalamnya.

Nah, itulah beberapa cara mengobati telinga bagian dalam. Semoga bermanfaat. Selain itu, jaga terus kesehatan tubuh kamu dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *